Rabu, 10 Juni 2020

Puisi

          AKHIR ZAMAN 1
     Karya: Muh Hasyim





Kata arah pada anak cucu sebelum jadi.
Siapa arahmu jawabmu!
Engkau arahku jawab tegas pada-Nya.
Hidup mati jodohmu pada-Ku!
Tapaki semua coba dengan-Ku di sana!
Kelak engkau temui coba di ujung pikir.
Bunda lahirkan raja di tengah lindung.
Besi terbang sekilat waktu menjangkau landasan.
Kayu besi berjalan beralas samudra menjangkau tepi.
Cobaan datang kelak tiada pilih siapa
Ajal menyapa siapa dengan ketentuan-Nya
Sakit menyapa siapa dengan ketentuan-Nya
Pagi siang malam berganti dengan ketentuan-Nya
Ombak beriak angin menghembus matahari menerpa dalam ketentuan-Nya
Sombongan yang mengikat diri itu ujian-Ku padamu
Kelak lelaki berwajah cantik balikan wanita ganteng
Kelak anak ingusan berpikir dewasa balikan pikir ingusan
Kelak tenagaku berubah ke tenaga super mesin
Tanda akhir zaman sudah di mata

Atambua, 10 Juni 2020

Senin, 08 Juni 2020

Puisi

Ada Sebelum Dunia Ada 2
   Karya:Muh Hasyim

































Dimana keyakinan hakikimu?
Pedoman sepuluh perintah-Nya
Jangan menyembah berhala jangan sujud pada yang menyerupai selain pada-Ku
Jangan sembarangan bersumpuh  dengan nama-Ku
Bekerjalah selama enam hari tapi hari sabat dengarkan seruan-Ku
Hormati sayangilah kedua orang tuamu karena restu mereka restu dari-Ku
Jangan membunuh sesama dalam perencanaanmu karena engkau akan Ku-laknat dalam api abadi
Jangan berzina hiasi syahwatmu dengan menikahi
Buah cinta zina bahan bakar api abadi buah cinta nikah penghias taman firdaus balasan untuknya ridho-Ku
Jangan paksa ambil hak orang lain kelak Aku-paksamu masuk api abadi
Jangan menjadi saksi palsu membenarkan kebohongan 
Kelak mulutmu tiada berkata pancaindramu bersaksi benar pada-Ku
Engkau Ku-perintahkan malaikat melempar ke api abadi
Jangan berselingkuh suami atau istri jika engkau langgar sengsara dunia akhirat balasan-Ku
Jangan berniat memiliki milik orang lain jika engkau langgar murka-Ku berat dunia akhirat bagimu

Atambua, 9 Juni '20



Ada Sebelum Dunia Ada 1
  •         Karya: Muh Hasyim

Butuh keyakinan hakiki dari ada
Lima puluh ribu tahun sudah ada sebelum dunia ada
Hidup mati jodoh ada sejak itu
Ada pertama Adam kemudian Hawa
Tinggal di singgah sana baru belakangan ada
Dunia dikunfayakun dalam batas waktu
Hawa tergoda tergelincir nafsu 
Sanksi keras jatuh tertimpa terbuang ke dunia
Sepuluh perintah-Nya ikut pedomani 
Adam hawa dan cucu kelak di dunia
Dengan keras kerja sebagai ujian memuju nirwana abadi
Kamu hidup harus kelompok berdampingan 
Ada bermacam suku tersebut jauh sebelum ada
Ada berwarna nada bahasa terdengar nyaring sebelum ada
Terdiam dalam tanah berupa bentuk sebelum ada
Bersama bermacam makhluk makan bernafas dari air dan udara sebelum ada
Api membakar nafsu manusia dari tanah pun sebelum ada
Awan berarak berbentuk gugusan pulau di langit sebelum ada
Ranting patah daun gugur pun sebelum ada
Seluruh jebakan indah menghiasi bumi menggoda nafsu ingin milikinya sebelum ada
Takkan habis dibilang sebelum ada
Dimana keyakinan hakikimu?

Atambua, 9 Juni '20

Jumat, 05 Juni 2020

Puisi '20

          Niatmu Setulus Salju
           Karya: Muh Hasyim

Ketika aku dalam buaian rahasiamu
Hanya firasat alam akan terwujud kelak
Dari hati tembus awan putih tak berharap
Mendung esok hari terpikirkan dengan matang
Timbul dari kegelapan di belakang dapur yang penuh nafsu
Belakang dapur dari dinding putih berilmu yang membagimu
Menjadi pecahan yang rapuh tak berilmu
Tapi nasib hidup mati telah terdata
Lima puluh ribu tahun sebelum dunia tercipta
Aku kini berniat membereskan belakang dapur
Dan dari dinding putih yang berilmu
Bahkan dari jendela sipitku
Merapikan dengan usaha ilmu
Di atas landasan tanah di bawah anyaman lontar dan alang
Tutwuri mengembara di pelosok
Berarak anak dusun dari kampung
Menganyam tali silaturahmi anak pelosok
Kelak menggapai niatku tercapai di akanan
Menit terakhir rapuhkan niatku
Kelak aku harus terpaksa lihat jendela sipitku 
menghias di setiap sudut pelosok
Dengan tertawa belakang dapur dari dinding putih berkata dia bisa
Aku gigit jari menyaksikannya?
                  Atambua Juni '20


Senin, 01 Juni 2020

Puisi

  Kukenang 
Karya: Muh Hasyim

Dia bahagia di sisi-Nya bapak
Tabungan taman firdaus orang tuanya kelak

Bebonuk menyimpan sejuta kenangan
Romantisme bapak dan ibu
Juga kenangan kampus biru tak pernah hilang
dariku
Mahasiswa bapak waktu itu
Mengenang kami
lugu dan idealis

Untuk menata bumi bebonuk menjadi taman surga
Surga di atas batu putih impian

Namun hawa nafsu dunia telah merampas impian itu dari kita
Walau secuil harapan tetap di hati sampai kini
Roda selalu berputar bapak
Putus disambung sakit diobati sesal dahulu petik hasil di kemudian
Atambua 2 Juni 2020

PTK



POHON ILMU SEBAGAI ALAT PERAGA
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA

Oleh: Muh Hasyim

Kata media berasal dari bahasa latin. Media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Arti kata media secara harfiah adalah antara, perantara atau pengantar pesan dari guru sebagai pendidik dan sumber belajar kepada siswa sebagai peserta didik dalam lingkungan belajar. Dalam pembahasan ini media digunakan untuk pembelajaran bahasa kedua kepada siswa sekolah menengah atas. Untuk itu, diperlukan pembahasan media yang lebih mendalam sehingga diperoleh pemahaman dan prosedur operasional untuk penggunaannya.

Terkait dengan harapan tersebut, maka disajikan secara berurutan pembahasan perihal:

1. Batasan media pembelajaran bahasa kedua.

2. Peranan media dalam pembelajaran bahasa kedua.

3. Jenis media dalam pembelajaran bahasa kedua.

 Batasan Media Pembelajaran Bahasa Kedua

Batasan media pembelajaran bahasa kedua ini dijelaskan menurut sejumlah pandangan pakar dan sumber pustaka yang relevan. Menurut Gagne (1970), media dipandang sebagai segala jenis komponen dalam lingkungan siswa atau peserta didik yang dapat memberikan motivasi untuk belajar. Briggs (1970) membatasi bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menjadikan pesan dalam berkomunikasi dan merangsang anak untuk belajar. NEA (National Education Association) membatasi media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya.

 Media hendaknya dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca. Selanjutnya AECT (Association of Education and Communication Technology) menyatakan bahwa media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyatakan atau menyampaikan pesan atau informasi. Dari batasan tersebut disimpulkan bahwa media adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber atau narasumber kepada peserta didik dengan tujuan untuk merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (Dhieni, 2008; Hamalik, 1997).

Dihubungkan dengan pembelajaran bahasa kedua, media harus menjadi penyampai pesan atau informasi dari guru maupun sumber belajar kepada siswa dalam melaksanakan belajar Bahasa Indonesia. Bahasa kedua yang dijadikan fokus pembelajaran kepada siswa SMA adalah bahasa Indonesia. Untuk itu, media harus berfungsi untuk merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa SMA dalam belajar Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Media hendaknya dapat meningkatkan potensi siswa dalam melaksanakan kegiatan berbahasa Indonesia secara lisan maupun tulis. Dengan media tersebut, pembelajaran bahasa kedua menjadi lebih berhasil dalam meningkatkan potensi siswa dalam berbahasa.

Peranan Media dalam Pembelajaran Bahasa Kedua

 Pembelajaran bahasa kedua merupakan suatu proses interaksi peserta didik dengan guru sebagai pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan belajar Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Menurut Hamalik (1979), peran media dalam proses interaksi tersebut antara lain:

1) Memperjelas penyajian konsep dan mengurangi verbalitas.

2) Memperdalam pemahaman peserta didik terhadap bahan ajar atau sumber belajar.

3) Memperagakan pengertian yang abstrak kepada pengertian yang konkret.

4) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera manusia.

5) Mengatasi perbedaan karakteristik siswa (peserta didik) yang diakibatkan oleh pengalaman maupun lingkungan yang berbeda.

Belajar bahasa merupakan suatu proses meningkatkan kompetensi kebahasaan dan kompetensi performasi komunikasi berdasarkan potensi (pengetahuan dan pengajaran) individu. Dalam proses tersebut, dituntut strategi produktif, kompetensi mekanisme psikofisik dan kompetensi pemilihan konteks. Seluruh proses tersebut harus mengacu kepada kaidah (EYD) Bahasa Indonesia. Kondisi siswa dalam belajar bahasa tersebut berperan sebagai subjek belajar dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Apabila belajar bahasa tersebut dilengkapi dengan media, maka media dapat berperan mengatasi masalah interaksi belajar Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Peran tersebut adalah:

a. Media berperan memperjelas penyajian konsep bahasa dan mengurangi verbalitas belajar bahasa.

b. Media berperan memperdalam pemahaman peserta didik terhadap bahan ajar bahasa dan sumber belajar bahasa.

c. Media berperan memperagakan pengertian bahasa yang bersifat abstrak kepada pengertian bahasa yang lebih nyata (konkret).

d. Media berperan mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera manusia.

e. Media berperan mengatasi perbedaan karakteristik siswa (peserta didik) yang diakibatkan oleh pengalaman maupun lingkungan yang berbeda.

Apabila media tersebut dihubungkan dengan masalah pembelajaran aspek kebahasaan, maka media harus berperan dalam mengatasi belajar aspek kebahasaan. Masalah dalam aspek kebahasaan dapat dibedakan menjadi bentuk dan makna. Masalah bentuk bahasa dapat dibedakan menjadi unsur segmental dan unsur suprasegmental (intonasi dan jeda). Masalah dalam unsur segmental dapat dibedakan menjadi masalah: (1) fonem/grafem, (2) suku kata, (3) morfem, (4) kata, (5) frase, (6) klausa, (7) kalimat, dan (8) wacana. Sedangkan masalah dalam makna (isi) dapat dibedakan menjadi masalah: (1) makna leksikal, (2) makna morfemis, dan (3) makna sintaksis. Apabila media digunakan dalam pembelajaran bahasa, masalah tersebut berpeluang diatasi. Apabila peran media dihubungkan dengan keterampilan bahasa yang dijadikan fokus belajar, maka media berperan untuk mengatasi masalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Apabila peran media dihubungkan dengan kompetensi komunikasi yang dijadikan fokus belajar, maka media berperan untuk mengatasi masalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Apabila peran media dihubungkan dengan kompetensi komunikasi yang dijadikan fokus Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Bahasa Kedua pembelajaran (belajar) maka media dapat mengatasi masalah kemampuan berbahasa lisan dan kemampuan berbahasa tulis. Demikian penting peran media dalam pembelajaran maupun belajar bahasa. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua hendaknya selalu menggunakan media.

Jenis Media dalam Pembelajaran Bahasa Kedua

Secara umum jenis media dalam pembelajaran bahasa kedua dibedakan menjadi 2 (dua), yakni: (1) media alami (natural) dan (2) media buatan (artifisial). Media alami (natural) dibatasi bahwa media tersebut sudah ada demikian adanya (tanpa harus dibuat atau diciptakan) dan tinggal digunakan dalam pembelajaran. Misalnya: lingkungan, peristiwa, dan fenomena alam. Sedangkan media buatan (artifisial) dibatasi bahwa media tersebut belum ada namun dibuat atau diciptakan sebelum media tersebut digunakan dalam pembelajaran. Misalnya: gambar, film, video, buku, kamus atau ensiklopedi. Kedua media tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa kedua di sekolah menengah. Seperti pohon ilmu yang sengaja diciptakan sedemikian unik sebagai alat peraga mengajar di kelas untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa terutama dalam empat keterampilan berbahasa siswa sekolah menengah di daerah 3T.

Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Penggunaan media dalam pembelajaran bahasa kedua hendaknya disesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas. Langkah-langkah penggunaan media tersebut harus sudah dirumuskan dalam rencana pembelajaran tersebut. Langkah-langkah penggunaan tersebut berfungsi sebagai pedoman atau acuan guru menggunakan media di kelas. Apabila penggunaan tidak sesuai dengan rencana pembelajaran, maka efektivitas media menjadi di luar harapan oleh karena jenis media apapun yang akan digunakan perlu dirumuskan langkah-langkah penggunaannya dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) bahasa kedua.

Rangkuman

Media merupakan komponen pembelajaran. Media perlu digunakan dalam pembelajaran bahasa kedua. Media memiliki peran solutif dalam mengatasi masalah pembelajaran bahasa. Media berfungsi meningkatkan pencapaian hasil belajar bahasa kedua. Media dibedakan jenisnya berdasarkan sifat alamiah dan sifat artificial (buatan), berdasarkan aspek kebahasaan, keterampilan berbahasa dan kemampuan berbahasa. Penggunaan media harus direncanakan dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan langkah-langkah penggunaan tersebut berfungsi sebagai pedoman di kelas. Untuk itu, media dapat dipandang sebagai segala bentuk alat, situasi, peristiwa, atau fenomena yang mendukung pembelajaran bahasa kedua.

Tes Formatif 1

Petunjuk: Anda ditugaskan untuk mengerjakan tes formatif ini dengan cara memilih a, b, c, atau d sebagai jawabannya.

1. Media dalam pembelajaran bahasa kedua dapat dipandang sebagai ….

a. komponen pembelajaran

b. pelengkap pembelajaran

c. sumber pembelajaran

d. alat bantu belajar bahasa

2. Salah satu penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA adalah ….

a. mengatasi perbedaan potensi siswa

b. mengatasi perbedaan kurikulum

c. mengatasi perbedaan buku paket

d. mengatasi perbedaan lokasi SMA

3. Contoh media pembelajaran bahasa kedua yang bersifat artifisial adalah ….

a. film

b. gambar seri

c. teks dialog

d. lingkungan pasar

4. Media pembelajaran bahasa kedua yang cocok untuk mengajarkan bahasa lisan.

a. Teks percakapan

b. Video recording

c. Radio

d. Buku cerita bergambar

5. Kamus dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa kedua, terutamauntuk mengajarkan ….

a. makna kata

b. bentuk kata

c. jenis kata

d. aspek kebahasaan

6. Media gambar dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa kedua terutama untuk mengajarkan ….

a. fonologi

b. morfologi

c. kosakata

d. semantik

7. Dasar pemilihan media pembelajaran bahasa kedua adalah ….

a. keluasan bahan ajar

b. kedalaman bahan ajar

c. kompetensi siswa

d. (a), (b), dan (c) benar

8. Praktibilitas media pembelajaran bahasa kedua perlu dijadikan pertimbangan. Praktibilitas disejajarkan maknanya dengan ….

a. kesesuaian penggunaan

b. kebermaknaan penggunaan

c. kemudahan penggunaan

d. kondisi penggunaan

9. Kelemahan penggunaan media pembelajaran bahasa kedua adalah ….

a. tidak sesuai dengan tujuan

b. tidak dirumuskan dalam RPP

c. tidak sesuai dengan penggunaan

d. tidak sesuai dengan potensi siswa

10. Guru memiliki peran penting dalam hal media pembelajaran, terutama ….

a. sebagai penyedia

b. sebagai perencana

c. sebagai pembuat

d. sebagai penilai

 

Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Cocokkan jawaban anda dengan kunci jawaban Tes Formatif yang ada; hitunglah jawaban anda yang benar dan tentukan nilainya dengan rumus sebagai berikut.

Tingkat Penguasaan Anda =10=Jawaban yang benar x 100%

Arti tingkat penguasaan:

90% – 100% = Sangat Baik

80% – 89% = Baik

70% – 79% = Cukup Baik

0% – 69% = Kurang Baik

Anda dapat melanjutkan pada kegiatan belajar berikutnya apabila anda mencapai tingkat penguasaan di atas 80%. Apabila tingkat penguasaan anda di bawah 80%, anda perlu mempelajari kegiatan belajar ini, sebelum anda melanjutkan pada kegiatan belajar berikutnya.

Kunci jawaban tes formatif ini adalah:

1. a                                   2. a

3. d                                   4. d

5. d                                   6. c

7. d                                  8. c

9. b                                   10. a                            

 

Daftar Pustaka

Alwasilah, A. Chaedar. (1985). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Badudu, J.S. (1983). Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: Gramedia.

Dulay, Heidi; Burt, Marina; Krashen, Stephen, 1982. Language Two. Oxford:Oxford University Press.

Hidayat, Kosadi; Jazir Burhan; Undang Misdan. (1990). Strategi Belajar–Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta

Huda, Nuril. 1987. Hipotesis Input. Makalah disajikan dalam kuliah umum jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Malang, 12 September 1987.

Husein, H. Akhlan dan Yayat Sudaryat. 1996. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Krashen, Stephen D. dan Tracy D. Terrell. 19853. The Natural Approach Language Acquisition in the Classroom. New York: Pergamon Press.

Krashen, S. 1976. Formal and Informal Linguistic Environments in Language Acquisition and Language Learning. TESOL Quarterly 10.

Nurhadi, Roekhan. 1990. Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru.

Syafi’ie Iman, dkk. 1981. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Penerbit UT.

Syafi’ie Iman. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Guntur H. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur H. (1990). Proses Belajar Mengajar Pragmatik. Bandung:Angkasa.

Tarigan, Guntur H. (1990). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur H. (1997). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.

 

Sabtu, 30 Mei 2020

Pantun

InfoPublik - Kembangkan Kreatifitas Dan Budaya Melayu Dengan Berpantun

Pantun 
Lingkungan Hidup
Karya Muh Hasyim

Pulau Timor jauh di tengah
Banyak pohon tumbuh di sana
Jangan bosan jangan lelah
Bersama kita jaga pohon Cendana

Sinar gemilang pergi ke Kupang
Jalannya elok indah dipandang
Mari kita bergotong-royong
Budidaya kan tanaman sorgung

Kamu menyebut gewan
Kami menyebut lontar
Kamu kami kita berkawan
Lestarikan pohon lontar

Pohon kersen tumbuh tinggi
Daun buah sama lebat
Rebusan kersen turunkan darah tinggi
Daun buahnya merupakan obat

Kamis, 28 Mei 2020

Khutbah Jum'at

Contoh Khutbah Jumat Pendek Nu Singkat Padat Lengkap Terbaru

KHUTBAH PERTAMA
IKHTIAR HADAPI VIRUS CORONA
Oleh : Muh Hasyim
إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً. أما بعد
 Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah
Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Sesungguhnya segala puji bagi Allah, kita memujiNya, memohon pertolongan dan ampunanNya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan kejelekan amal perbuatan kita. Barangsiapa yang diberikan petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan siapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberikan petunjuk kepadanya.
Aku bersaksi bahwa tak ada sesembahan yang berhak untuk disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusanNya.
Segala puji bagi Allah, Rabb dan sesembahan sekalian alam, yang telah mencurahkan kenikmatan dan karuniaNya yang tak terhingga dan tak pernah putus sepanjang zaman kepada makhluk-Nya. Baik yang berupa kesehatan, kesempatan sehingga pada kali ini kita dapat menunaikan kewajiban shalat Jum’at.
Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada pemimpin dan uswah kita Nabi Muhammad, yang melalui perjuangannyalah, cahaya Islam ini sampai kepada kita, sehingga kita terbebas dari kejahiliyahan, dan kehinaan. Dan semoga shalawat serta salam juga tercurahkan kepada keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Pada kesempatan kali ini tak lupa saya wasiatkan kepada diri saya pribadi dan kepada jama’ah semuanya, agar kita selalu berikhtiar untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Karena dengan kesehatan yang prima segala aktifitas dapat terlaksana tentu atas ridho Allah SWT.

Hadirin yang sama-sama mengharap ridha dan ampunan Allah
Ikhtiar menurut makna KBBI V 2. n pilihan (pertimbangan, kehendak, pendapat, dan sebagainaya) bebas: hal itu terserah kepada—masing-masing. Menurut Islam “bersungguh-sungguh, bekerja keras, pantang menyerah dan putus asa.
Dari makna-makna kata ikhtiar tersebut menjelaskan kepada kita bahwa ikhtiar merupakan usaha sungguh-sungguh manusia untuk mencapai suatu tujuan. Saat ini (mulai akhir tahun 2019--akhir Mei 2020)) dunia dikejutkan dengan virus corona (sering disebut demikian). Virus ini awalnya muncul dari Wuhan Cina lalu menyebar ke seluruh dunia. Seluruh media terutama media tanah air memberitakan hal ini. Awalnya pemerintah kita belum merenspon baik bahaya virus ini dengan segera melakukan tindakan. Belakangan setelah virus ini menyerang ibukota baru ada usaha untuk memutus mata rantai perkembangannya. Sebenarnya sudah terlambat, tapi masyarakat bersama pemerintah berusaha dengan cara masing-masing dan sebagian terutama pemerintah mengikuti aturan yang dibuat oleh WHO tentang penanganan covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.
Per tanggal 28 Mei Gugus tugas Covid-19 Indonesia melaporkan positif 24.538 orang, sembuh 6.240 orang, meninggal 1.496 orang.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah
Perbandingan yang mengalami  sembuh dan meninggal berbeda, lebih banyak yang sembuh daripada yang meninggal. Ini membuktikan bahwa manusia ada usaha. Usaha untuk sembuh tentunya. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS Ar Ra’d ayat 11 berikut ini.
إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوۡمٖ سُوٓءٗا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ ١١ 
Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sesuatu kaum sehingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri dan apabila Allah menghendaki untuk menimpakan kepada sesuatu kaum bala bencana (disebabkan kesalahan mereka sendiri), maka tiada sesiapapun yang dapat menolak atau menahan apa yang ditetapkanNya itu dan tidak ada sesiapapun yang dapat menolong dan melindungi mereka selain daripadaNya.
Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa kalau kita mau memutus mata rantai penyebaran virus yang ditularkan dari orang ke orang tidak akan reda kalau tidak ada usaha dari orang atau bangsa itu sendiri menuju kesembuhannya. 
Masyarakat bersama pemerintah telah berusaha dengan caranya masing-masing  untuk sembuh. Dan  sebagian, terutama pemerintah mengikuti aturan yang dibuat oleh WHO tentang penanganan covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ini menunjukkan bahwa kita telah memahami dan mengamalkan ayat tersebut.
Adapun ikhtiar atau usaha menuju kesembuhan atau pemutus mata rantai virus corona sebagai berikut:
Kenali gejala sakitnya: radang tenggorokan; batuk kering; demam; sesak nafas, maka pengobatannya : berikut resep dokter yang bisa dijadikan salah satu ikhtiar memutus mata rantai virus corona.
1. Istirahat total  paling kurang 7 hari (ini wajib apapun jenis sakit flu nya, karena virus dilawan oleh antibodi). 
2. Supplay vitamin dengan dosis tinggi, (resep dokter misalnya kena flu minum farmaton vit 2x sehari, ester C 1000mg 2x sekali, Madu 5 Sendok, Habbatus Cair 5 Kapsul, Zaitun 3 Sendok). 
3. Jika sesak nafas pengobatannya yang mujarab adalah pakai alat uap nebulizer + Ventolin cair + cairan infus (dilakukan sendiri dirumah, sangat mudah dan tidak berbahaya). Diuap sehari 3x sampai hilang sesak nafasnya, biasanya 1-3 hari hilang sesaknya seiring dengan semakin membakar kondisi tubuh. Jika batuk ada dahaknya, dengan diuap ikutan sembuh batuknya.
4. Sakit tenggorokan diobati dengan Metylpredynoasolon dan pereda nyeri nya asame fenamat, biasanya 1 sampai 3x minum sudah sembuh.
5. Kalau demam diturunkan dengan paracetamol (perlu diingat demam di sini berhubungan dengan infeksi, biasanya infeksi di tenggorokan atau radang tenggorokan).
6. Hindari makan buah yang bergetah seperti melon 🍈, nanas, semangka. Jeruk bagus.
7. Selama pengobatan, tubuh diistirahatkan total dgn   mengisolasi diri. 

Walaupun demikian usaha kita menghadapi musibah besar ini, tapi semua tentu dikembalikan kepada Allah SWT, Sang Pencipta Yang Maha segala-galanya. Allah yang telah menciptakan semua makhluk-Nya, baik yang besar maupun yang kecil, yang terlihat maupun tidak kelihatan oleh mata.
ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَـٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٌ۬ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٲجِعُونَ
Artinya: “Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” (Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali). (QS Al-Baqarah [2]: 156).
Adapun secara aqidah kita kepada Allah, hadirin yang berbahgia
Tentu kita menghayatinya, bahwa segala urusan di muka bumi ini, semua yang berlangsung di atas dunia ini, adalah atas izin dan kehendak Allah. Seperti firman-Nya:
مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Tidak ada kesusahan (atau bala bencana) yang menimpa (seseorang) melainkan dengan izin Allah dan sesiapa yang beriman kepada Allah, Allah akan memimpin hatinya (untuk menerima apa yang telah berlaku itu dengan tenang dan sabar) dan (ingatlah), Allah Maha Mengetahui akan tiap-tiap sesuatu.(QS. Attaghabun:11)
Maka, sepantasnyalah kita mengucapkan, kalimat pujian, “Subhaanallaah, walhamdulillaah, walaailaaha illaah, Allaahu Akbar.”
Adapun pada diri kita sebagai manusia biasa, bisa jadi musibah, termasuk wabah virus corona, bisa jadi karena ulah tangan manusia. Ulah perilaku berlebihan, tidak menjaga kebersihan, ceroboh, dan sejenisnya.
Allah telah mengingatkan manusia di dalam ayat-Nya:
ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ ٤١ 
Artinya: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS Ar-Ruum [30] : 41).
Sidang Jumat rahimakumullah
Jika ada yang meninggal setelah terdampak virus corona, maka sesungguhnya kematian itu bukanlah karena seseorang atau benda apapun. Namun semata-mata karena ajal yang sudah Allah tentukan. Maka, bagi yang tertimpa wabah corona, atau apapun, tetap berharap dan bergantungnya mutlak kepada Allah.
Jangan takut berlebihan yang menyebabkan tidak mau kumpul di majelis ta’lim dengan alasan takut corona. Jumatan libur karena khawatir terjangkiti corona, tabligh akbar digagalkan, dan sebagainya.
Masalah mati Allah berfirman:
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ۗ  وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً   ۗ  وَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ
Artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS Al-Anbiya [21]: 35).
Sisi lainnya adalah bahwa setiap penyakit, termasuk wabah virus, pasti ada obatnya. Kita manusia tinggal mengusahakanya sesuai ilmu dan pengetahuan tentunya. Dengan tetap berkeyakinan bahwa hakikatnya Allah-lah yang menyembuhkan. Pengobatan adalah usahanya. Dan memang terbukti sebagian dari yang terkena voirus corona dapat disembuhkan secara medis dan laboratorium.
وَ إِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ
Artinya: “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” (QS Asy Syu’ara: 80).
Pada ayat lain dikatakan :
وَإِن يَمْسَسْكَ ٱللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥٓ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِن يَمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Artinya: “Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” (QS Al-An’am : 17).
بارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ

Khutbah Kedua
إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، 
Sidang Jumat rahimakumullah
Dalam usaha memutus mata rantai corona (covid-19) sebagaimana resep dokter di atas kita ikuti, tentu juga harus menghidupkan sunnah-sunnah Nabi dalam kebersihan, Seperti berwudhu dengan sempurna, bersiwak atau gosok gigi setiap akan shalat, mandi janabat minimal setiap Jumat sekali, mandi pagi sebelum shalat tahajud, memotong kuku, dan sebagainya. Insya-Allah itu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita dari serangan wabah penyakit.  Mari kita berdoa:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ
Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit lain yang mengerikan.” (HR Abu Daud dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu).
اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.
Artinya: “Ya Allah! Angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.”
Ya Allah jika di antara kami ada yang mendapat musibah sakit, atau terkena virus corona, mohon Allah sembuhkan. Ya Allah mampukan kami untuk menghadapi musibah yang terbesar dan berbahaya dunia akhirat yaitu musibah agama, manakala kami enggan lagi shalat berjamaah di masjid, malas bertadarus Al-Quran dan berat shalat malam, kikir bersedekah di jalan Allah, takut berjuang di jalan Allah, serta jauh dari petunjuk Allah. Mampukan kami ya Allah. Aamiin ya rabbalaalamiin. 
رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ.
عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَأَقِمِ الصَّلاَةَ.



Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...