Sabtu, 16 Maret 2024

5 Keistimewaan Umat Muslim

 5 Keistimewaan Umat Muslim

oleh
Muh. Hasyim

Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka dapat menyadari dirinya apakah sudah beriman atau belum. Allah juga menjanjikan 5 hal seperti berikut!

  1. 1.         Umat Nabi Muhammad SAW Adalah Umat Terbaik. Sebagaimana terdapat dalam Surah Ali Imran, Allah 'Azza wa Jalla berfirman

كُنْتُمْ خَيْرَ

اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَل اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Ali Imran ayat 110)


2. Umat yang Pertama Masuk Surga. Sesuai hadis nabi saw yang artimya:

    "Kita (Muhammad SAW dan umatnya) adalah umat yang terakhir, tetapi paling pertama masuk surga."


3. Umat yang Tidak dalam Kesesatan. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan umatku (umat Nabi Muhammad) atas kesesatan." (HR. at-Tirmidzi)

4. Allah Memaafkan Umat Nabi Muhammad Dikala Lupa. Dalam Hadits Riwayat Muslim disebutkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku, apa yang terbersit di dalam hati, selama belum diucapkan maupun dilakukan." Kemudian di hadis lain, Beliau bersabda: "Dimaafkan untuk umatku akibat, tersalah (tak sengaja), terlupa dan terpaksa." (HR. Al Baihaqi)

5. Allah Memberi Umat Nabi Muhammad Pahala Dua Kali Lipat.

Puasa merupakan satu ujian khusus dari Allah swt kepada hamba-Nya, mengapa? Karena sejatinya kewajiban berpuasa Allah perintahkan kepada orang-orang yang beriman agar menjadi semakin bertakwa, sebagaimana firman-Nya pada surah al baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”  (QS. Al – Baqarah : 183)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...