RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah :
SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan
Hasil Observasi
Alokasi waktu : 4 X 45
menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai),
santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan
dalam teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menyusun ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model pembelajaran discovery learning peserta
didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan
ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun
ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan,
dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil
ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan,
dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras,
tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
1. Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model :
discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan
(pertemuan 2)
Metode :
penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan
observasi
G. Bahan dan
Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa
Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa
Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
|
Atambua, Juli 2020/2021
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Atambua
Tim Penyusun
Drs. Marianus Antoni
Muh, Hasyim, S.Pd
NIP.
196203051994121001 NIP. 19690207 199802 1 003
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Materi Pembelajaran Teks Laporan Hasil
Observasi
1. Mengidentifikasi
Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Dari segi isi, laporan
hasil observasi mempunyai ciri sebagai Berikut.
a. Bersifat objektif.
b. Ditulis berdasarkan
fakta yang ditemukan pada saat pengamatan.
c. Tidak mengandung
hal-hal yang bersifat menyimpang, dugaan-dugaan yang tidak tepat, atau
pemihakan terhadap sesuatu.
d. Ditulis secara
LENGKAP
selengkapnya baca di link berikut
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2973569462107712601/3958963003192025145?hl=id
2. Menyusun
Ringkasan Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Sebuah
ringkasan pada dasarnya merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai
menjadi satu dengan tetap memerhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut
pandang (pendapat) pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan.
Untuk
menyusun sebuah ringkasan, hal yang pertama harus dilakukan adalah membaca
pemahaman isi teks, kemudian menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya.
Pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan menemukan kalimat
utamanya. selengkapnya buka alamat di bawah ini!
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2973569462107712601/9182691312950550732?hl=id
3. Menyimpulkan Fungsi
Teks Laporan Hasil Observasi
Laporan
hasil pengamatan dapat berfungsi untuk memberitahukan atau menjelaskan tanggung
jawab tugas dan kegiatan pengamatan. Hasil observasi terhadap suatu objek juga
dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu
informasi dan kemudian dijadikan dasar penyusunan kebijakan. selengkapnya buka blog berikut!
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2973569462107712601/5535489810924383700?hl=id
4. Menganalisis Isi,
Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Teks
laporan hasil observasi mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil
pengamatan, bukan hasil imajinasi.
Teks
laporan hasil observasi disusun dengan struktur (a) pernyataan
umum atau klasifikasi, (b) deskripsi bagian, dan
(c) deskripsi manfaat.
Aspek
kebahasaan teks laporan hasil observasi di antaranya meliputi kata serta frasa
verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi dan kalimat deskripsi, kalimat
simpleks dan kompleks.
selengkapnya baca di link berikut!
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2973569462107712601/1669630148659122004?hl=id
5. Mengonstruksikan
Teks Laporan Hasil Observasi
Menyusun teks laporan hasil observasi dapat
dilakukan dengan langkah-langkah Berikut.
1. Menentukan objek yang akan diamati!
2. Menyusun jadwal observasi yang akan
dilakukan.
3. Melakukan observasi terhadap objek tersebut
dengan menyiapkan pertanyaan atau poin-poin pengamatan terlebih dahulu.
4. Mencatat hasil observasi kamu. Bila
memungkinkan siswa diminta mengambil foto dan memvideokan observasi.
5. Menyusun teks laporan hasil observasimu
dengan meperhatikan ketepatan isi, struktur, dan kaidah kebahasaannya.
selengkapnya buka di link berikut!
https://draft.blogger.com/blog/post/edit/2973569462107712601/4704329701060345156?hl=id
Soal LHO
Bacalah
kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Pelikan adalah burung
yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing
panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang
bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai
tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk
menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang
memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan
sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
1.
Pernyataan umum dalam kutipan teks laporan hasil observasi dinyatakan dalam
kalimat ...
A.
Deskripsi
B.
Perbandingan
C.
Klasifikasi
D.
Definisi
E.
Imperatif
2. Jenis kalimat kedua
yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah ...
A.
kalimat kompleks
B.
kalimat deskripsi
C.
kalimat definisi
D.
kalimat imperatif
E.
kalimat perbandingan
Bacalah 2 kutipan teks
laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Teks ke- 1
Buah
pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini
dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan
yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan
menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker
kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga
baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.
Teks ke-2
Sirsak
adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan
kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan
buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami,
tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada
terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan
sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi
kemo yang biasa digunakan.
3. Persaaman
isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ...
A. Kedua teks tersebut menjelaskan manfaat
buah dapat mengobati penyakit kanker
B. Kedua teks teks menjelaskan
ciri-ciri buah
C.
Kedua teks tersebut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam buah
D. Kedua teks tersebut
menginformasikan zat antioksidan yang dapat mencegah kanker
E. Kedua teks tersebut
menjelaskan daya kerja kandungan zat dalam buah
4. Kalimat pertama
yang digunakan dalam kedua teks di atas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut
adalah ....
A.
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2
berupa kalimat deskripsi.
B.
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2
berupa kalimat kompleks
C.
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks
ke-2 berupa kalimat definisi
D.
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks
ke-2 berupa kalimat simpleks
E.
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat simpleks sedangkan pada teks ke-2
berupa kalimat kompleks
5. Bacalah paragraf di
bawah ini!
Ikan air tawar terbagi
ke dalam tiga golongan, yakni ikan peliharaan, ikan buas, dan ikan liar. Ikan
peliharaan terdiri atas ikan-ikan yang mudah diperbanyak. Contohnya: ikan
bandeng, ikan mas, ikan gurami, dan lain-lain. Ikan buas memiliki sifat jahat
terhadap ikan-ikan lain. Contohnya: ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar,
meskipun jarang dipelihara, tetapi memiliki keuntungan secara ekonomis.
Contohnya: ikan pari, ikan bunter dan ikan ikan jeler.
Teks laporan di atas
adalah bagian pernyataan umum atau ...
A. deskripsi
B. definisi
C. klasifikasi
D. sebab-akibat
E. contoh
6. Para pengamat
politik mengelompokkan haluan politik di Indonesia menjadi dua, yaitu
nasionalis dan religius.
Kata yang
maknanya tidak sama dengan mengelompokkan adalah...
A. menggolongkan
B. menjeniskan
C. memilah
D. memisahkan
E. mengklasifikasikan
7. Harga beras di
pasaran naik. Sementara, harga gabah turun.
naik
– turun adalah antonim.
Tentukan
pasangan kata di bawah ini yang berantonim!
A. Khusus-spesial
B. kotak-persegi
C. sopan-pemarah
D. kaya-yatim
E. bergerak-berhenti
8. Bacalah paragraf di
bawah ini!
Harimau dapat mencapai
tinggi 1, 5 meter, panjang 3, 3 meter, dan berat 300 kiligram. Bulunya berwarna
putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi
taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan
cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
Teks
laporan di atas berbentuk…
A. definisi
B. eksposisi
C. klasifikasi
D. deskripsi
E.
argumentasi
9. Bacalah paragraf di
bawah ini!
Karbon adalah unsur
kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam
bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara
kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni. Karbon umumnya
berada dalam senyawa organic.
Teks laporan di atas
berbentuk…
A. definisi
B. eksposisi
C. klasifikasi
D. deskripsi
E. argumentasi
10. Bacalah wacana
berikut dengan saksama!
Bendungan
di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut
dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya
bisa diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu
dikempiskan. Dan air bah lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air
sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m.
Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada
saat yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai
yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.
Simpulan
isi wacana di atas adalah…
A. Bendungan dari
bantalan karet dapat membendung sungai.
B. Bendungan dari
bantalan karet sangat bermanfaat.
C. Bendungan dari
bantalan karet dapat mengalirkan air.
D. Pemanfaatan air
melalui bendungan bantalan karet.
E. Bendungan bantalan
karet dapat diisi dengan air.
11. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Produksi padi
tahun 2005 diperkirakan mencapai 53, 01 juta ton gabah kering giling atau turun
dua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan
adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta
pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2005.
Gagasan utama paragraf
di atas adalah…
A. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan menurun.
B. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53, 01 juta
ton gabah kering atau turun dua persen dari sebelumnya.
C. Adanya penyebab turunnya produksi padi, yaitu banjir dan
kekeringan.
D. Produksi padi tahun 2005 lebih jelek dibandingkan tahun
sebelumnya.
E. Produksi padi tahun 2005 turun akibat banjir, kekeringan, dan
pergeseran waktu tanam.
12. Cermatilah
paragraf berikut ini!
Buah nangka itu
berwana merah tua. Bentuknya bulat lonjong seperti jantung pisang berukuran
kecil. Agak ke ujung, wana kulit buah ... . Warna daging buah ada yang putih
dan ada pula yang merah. Daging buah ... dan berbiji kecil-kecil, berwana
hitam. Rasa buahnya ... dan manis.
Frasa adjektiva yang
tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil observasi
tersebut....
A. sedikit hijau, amat lembut, lezat benar
B. sedikit hijau, cukup lembut, sangat
lezat
C. hijau muda, sangat lembut, sangat lezat
D. sedikit hijau, cukup lembut, sangat lezat
E. hijau muda, sangat lembut, sedikit lezat
Bacalah kutipan teks
laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 13 s.d.14 !
(1) Manusia
memiliki tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. (2)
Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. (3) Pembuluh darah
jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. (4) Darah pada pembuluh
darah arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. (5) Pembuluh darah
vena adalah merupakan pembuluh darah yang sempit. ...
13. Kalimat
yang tidak efektif adalah kalimat ....
A.
1 D.
4
B.
2 E.
5
C.
3
14. Kalimat ke-2 dalam
kutipan di atas merupakan kalimat ...
A.
Definisi
B.
Deskripsi
C.
Kompleks
D.
Imperatif
E. Klasifikasi
15. Pernyataan yang
sesuai dengan isi teks di atas adalah...
A. Setiap
manusia memiliki pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler.
B.
Pembuluh darah vena berwarna merah cerah karena mengandung oksigen.
C.
Pembuluh darah arteri sangat kecil dan memiliki dinding yang tipis.
D. Hanya
pembuluh darah arteri yang penting karena mengandung oksigen.
E.
Pembuluh darah vena menyalurkan darah ke seluruh tubuh.
(1) Manusia
memiliki tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan capiler. (2)
Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. (3) Pembuluh darah
jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. (4) Darah pada pembuluh
darah arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. (5) Pembuluh darah
vena adalah pembuluh darah yang sempit. ...
16. Penulisan
kata yang salah terdapat dalam kalimat ... .
A. 1 D. 4
B. 2 E. 5
C. 3
Berikut ini adalah
data-data yang dapat digunakan untuk menyusun laporan hasil observasi tentang
komodo:
(1) Komodo,
binatang melata yang hidup di semak-semak.
(2) Komodo
memiliki panjang kurang lebih 3 meter dan berat 166 kg.
(3) Gambar
komodo banyak dipajang di jalan-jalan.
(4) Hampir
semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi.
(5) Komodo
hewan yang perlu dilindungi.
17. Data yang sesuai
untuk menuliskan ciri fisik komodo dalam suatu teks laporan hasil observasi
adalah data nomor ...
A. (1),
(2), (3)
B. (1),
(2), (4)
C. (2),
(3), (4)
D. (2),
(4), (5)
E. (3),
(4), (5)
18.
(1) Oleh karena itu, harimau saat ini termasuk binatang yang
dilindungi pemerintah agar
tidak
punah.
(2) Harimau
termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk
berburu
mangsa.
(3) Populasi
harimau cenderung menurun karena sering diburu manusia
(4) Wilayahnya
dapat mencapai kawasan pedesaan.
Susunan kalimat yang
tepat untuk menuliskan laporan hasil observasi tentang harimau adalah ....
A. (2)
– (3) – (4) – (1)
B. (2)
– (4) – (1) – (3)
C. (2)
- (1) – (4) – (3)
D. (2)
– (1) – (3) – (4)
E. (2)
– (4) – (3) – (1)
19. Tanaman kangkung
memerlukan air yang cukup. Kadang-kadang tanaman itu ditanam di sawah, di
kolam, dan di kali yang arus airnya tidak deras. Di sela-sela tanaman kangkung,
hidup juga ikan. Ikan tidak bisa hidup tanpa air yang cukup karena binatang ini
hidupnya tergantung pada air. Tanaman di kolam akan tumbuh subur bila
disertai ikan.
Kalimat yang tepat
untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam kutipan teks laporan tersebut
adalah …
A. Oleh
karena itu, kangkung dan ikan harus hidup berdampingan.
B. Kangkung
dan ikan hidupnya saling bergantung.
C. Ikan
akan lebih cepat besar bila ditanam berdampingan dengan kangkung.
D. Kangkung
dan ikan sama-sama sebagai tanaman konsumsi.
E. Jadi,
kangkung dan ikan sama-sama membutuhkan air dalam hidupnya.
Bacalah kutipan
laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d. 22!
(1) Dalam upaya
pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran
padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung
polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan
dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri yang mengeluarkan polutan
belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi
kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan
berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan
seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada
lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi
polusi, terutama pada kawasan industri besar.
20. Aspek yang
dilaporkan pada kutipan laporan hasil observasi tersebut adalah ….
A. pencegahan pencemaran hutan
B. kemampuan hutan menangkal polutan gas
C. polutan gas dalam udara
D. populasi gas ozon
E. upaya pencegahan pencemaran udara
21. Ringkasan
informasi dari teks laporan hasil observasi di atas adalah
A.
Pencemaran hutan dapat diatasi dengan reboisasi
B.
Hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran
padat.
C.
Pencemaran udara harus dicegah dengan penanaman hutan kembali
D.
Pohon tidak bisa menetralisasi polusi di kawasan industri
E.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas
zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan
dalam waktu delapan jam.
Kupu-kupu digolongkan
juga sebagai serangga holometabolous, yaitu serangga yang mengalami proses
metamorfosis. Sebelum menjadi indah dengan sayap-sayapnya yang menarik, hewan
ini terlebih dulu mengalami beberapa fase dalam perkembangannya. Siklus
hidupnya bermula dari telur, larva, pupa, dan barulah berubah menjadi Kupu-kupu
dewasa.
22. Klasifikasi
umum dalam teks laporan hasil observasi di atas menggunakan kalimat ….
A.
klasifikasi B. definitif C. tunggal D. imperatif E. deskriptif
23. Bacalah teks
Berikut.
Aneka macam tanaman
buah-buahan mulai dari jeruk, belimbing, mangga, durian, dan jambu, berjejer
rapi. Juga ada koleksi bonsai dan selada hias. Di atas areal daun-daun pohon
kelapa tampak melambai-lambai. Di pojoknya terlihat pohon setinggi setengah
meter. Buahnya berbentuk bulat dengan warna keemasan. Meski hanya ditempatkan
di atas sebuah pot berukuran sedang, pohon ini tampak mencolok. “Ini terong
hias,” Teguh Suprijanto, pengelola wisata argo menerangkan.
Yang digambarkan dalam
paragraf tersbut adalah…
A. keadaan di perkebunan
B. keadaan di sebuah taman wisata
C. suasana di pagi hari
D. suasana di pedesaan
E. kehidupan masyarakat petani
Paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 24 dan 25
Bacalah dengan
seksama.
Objek wisata alam di
Bantul membuat pengunjungnya berdecak kagum. Demikian pula dengan wisata alam
buatan dan tempat-tempat bersejarah di kabupaten Bantul memiliki daya tarik
bagi wisatawan. Pemandangan alam dan perbukitan yang menawan dengan bentangan
pantai selatan yang berselimut mitos kecantikan Gusti Kanjeng Ratu Kidul adalah
pesona tersendiri yang membuat wisatawan selalu berduyun-duyun datang ke
wilayah selatan Bantul. Wisata alam Pantai Selatan masih menjadi tujuan
kunjungan wisatawan di daerah itu.
24. Kalimat
simpulan dalam paragraf tersebut adalah…
A. Objek
wisata bersejarah di Bantul menarik bagi wisatawan.
B. Wisatawan
banyak berkunjung ke tempat bersejarah di Bantul.
C. Bantul
memiliki mitos kecantikan Gusti Kanjeng Ratu Kidul.
D. Kabupaten
Bantul memiliki objek wisata alam yang menarik.
E. Wisatawan
banyak yang datang ke Pantai Selatan untuk berwisata.
25. Tujuan
penulis dalam paragraf tersebut adalah…
A. mengimbau
agar masyarakat melestarikan berbagai objek wisata di Bantul
B. menginformasikan
banyaknya objek wisata yang dikunjungi wisatawan mancanegara
C. memberitahukan
bahwa di kabupaten Bantul banyak objek wisata yang menarik
D. memastikan
bahwa wisatawan yang ada di Kabupaten Bantul sangat banyak
E. memperlihatkan
keindahan Pantai Selatan yang disukai banyak masyarakat
Bacalah teks berikut
dengan saksama!
Pada
jam-jam berangkat kerja kira-kira pukul 07.00 Jalan Yos Sudarso, Depok penuh
sesak dengan kendaraan. Hari ini pukul 16.00, saat pulang kerja, aku terjebak
macet di jalan tersebut. Aku coba lagi di waktu yang sama, tetapi di hari kerja
yang berbeda, hasilnya tetap sama. Namun, anehnya sepanjang hari Minggu, arus
lalu lintas di Jalan Yos Sudarso, Depok tersebut terlihat lancar.
26. Kesimpulan yang
sesuai dengan paragaf di atas adalah …
A. Kecuali hari libur, Jalan Yos Sudarso, Depok selalu macet
pada jam berangkat dan pulang kerja.
B. Hanya pada hari Minggu saja arus lalu lintas lancar,
sedangkan sepanjang waktu hari lainnya Jalan Yos Sudarso, Depok selalu macet.
C.Tiada hari tanpa macet di Jalan Yos Sudarso, Depok, termasuk
hari besar nasional.
D. Hanya pada jam tertentu saja Jalan Yos Sudarso,
Depok, mengalami kemacetan, begitu juga hari libur.
E. Selama sepekan penuh, pada jam kerja, Jalan Yos Sudarso
selalu dipenuhi kendaraan, kecuali pukul 08.00.
27. Bacalah paragraf
di bawah ini!
Beberapa waktu lalu
terjadi kebakaran di perumahan dekat lingkungan sekolahku. Terjadinya malam
hari, pada saat orang-orang sedang lelap tertidur. Aku mengetahui berita itu
melalui Berita Pagi di televisi. Ketika itu aku tengah bersiap-siap ke sekolah.
Aku sangat terkejut. Di daerah itu, banyak rumah temanku. Dalam hati aku
berharap, tidak ada temanku yang terkena musibah itu.
Cuplikan
di atas merupakan laporan pengamatan karena….
A. Menyajikan
tema, tokoh, alur
B. Menyatakan
fakta-fakta langsung
C. Mengungka
tokoh, latar, rangkaian peristiwa
D. Memadukan
rangkaian peristiwa dan tokoh
E. Mengemukakan
sejumlah fakta dan diperoleh melalui kegiatan pengamatan
Bacalah dengan saksama
teks berikut ini! (untuk soal nomor 28-29)
Prestasi
belajar peserta didik yang mendapat perhatian dari orang tua lebih baik
dibandingakan dengan prestasi peserta didik yang kurang mendapat perhatian dari
orang tua. Peranan perhatian orang tua dalam lingkungan keluarga yang penting
adalah memberikan pengalaman pertama pada masa anak-anak. Hal ini dikarenakan
pengalaman pertama merupakan faktor penting dealam perkembangan pribadi dan
menjamin kehidupan emosional anak. Peserta didik yang mendapat perhatian baik
dari orang tuanya mendapat prestasi belajar lebih baik dibandingkan peserta
didik yang kurang mendapat perhatian dengan baik dari orang tua.
Sumber:http://networkedblogs.com
28. Bagian definisi
umum pada kutipan laopran observasi di atas adalah ….
A. kalimat
pertama
B. kalimat
ketiga
C. kalimat
keempat
D. kalimat
kedua
E. semua
kalimat
29. Bagian deskripsi
pada kutipan laporan observasi di atas adalah….
A. kalimat pertama
B. kalimat kedua
C. kalimat ketiga
D. kalimat keempat
E. kalimat kelima
30. Cermatilah
penggalan laporan berikut!
Setelah
diadakan survei ke suatu daerah pegunungan ternyata diperoleh suatu data
tentang kesehatan masyarakat di sana. Masyarakat yang mengalami penyakit gondok
55%, kataraks 20%, reumatik 10%, batuk 2%, dan asma 7%.
Simpulan yang tepat
sesuai dengan penggalan laporan tersebut adalah ….
A. Tak dapat disangkal lagi, masyarakat di daerah pegunungan
sangat terbelakang dan tidak sehat.
B. Patutlah di daerah pegunungan masyarakat mendapat bantuan
terutama bantuan medis.
C. Masyarakat di daerah pegunungan sebagian besar menderita
penyakit gondok.
D. Pada umumnya masyarakat di daerah pegunungan mengalami
penyakit gondok.
E. Masyarakat di daerah pegunungan sangat rentan terhadap
penyakit gondok.
Teks laporan hasil
observasi berikut ini, merupakan acuan menjawab soal nomor 31 s.d 37
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat
dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan,
benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia
ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan
mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan
dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu,
kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat
dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu
dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak
dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai
otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan
dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh
binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan
binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan.
Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu,
tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan
tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur,
lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang
dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang
meliputi burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak
bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima
kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
Diadaptasi dari Learning English
through General Science, 1984: 29)
31. Teks di
atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut
tersusun dengan memaparkan . . .
A. aspek yang dilaporkan
dengan sebuah pernyataan lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B. pernyataan umum atau klasifikasi
kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. pengelompokkan benda
menurut penulis laludituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. benda-benda yang
diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. pengklasifikasian
secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
32. Objek
dalam penelitian tersebut adalah . . .
A. benda-benda di dunia
B. makhluk hidup di dunia.
C. beragamnya jenis hewan
D. bentuk tumbuhan di dunia
E. persebaran flora dan
fauna
33. Dalam
paragraf ke-2 kalimat pertama teks di atas terdapat kata ‘diklasifikasi’. Di
bawah ini merupakan sinonim kata tersebut, yaitu . . . .
A. disebutkan
B. dipisahkan
C. digolongkan
D. disusun
E. dibagi
34. Pada
paragraf ke-3 kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan
antonim kata tersebut adalah . . .
A. pasif
B. statis
C. elastis
D. dinamis
E. fluktuatif
35. Konjungsi
berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas, yaitu . . .
A. yang,
dari, dalam, dan oleh karena itu
B. seperti,
menjadi, selain itu, dan tetapi
C. yang,
juga, namun, dan sementara itu
D. adalah,
karena, selain itu, dan namun
E. disebut,
juga, tetapi, dan sedangkan
36. Di
bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas . . .
A. Benda hidup juga
membutuhkan makanan.
B. Kaca,
air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C. Dengan pengelompokan,
benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D. Tumbuh-tumbuhan tidak
dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
E. Yang pertama sering
disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
37. Contoh
kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . . .
A. Benda
mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
B. Invertebrata adalah hewan
yang tidak bertulang belakang
C. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan
bunga adalah benda hidup.
D. Vertebrata adalah manusia,
burung, anjing, katak, dan lain-lain.
E. Tumbuhan
berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.
38. Bacalah
paragraf berikut ini!
Pelikan
adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya
yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki
ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan
terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan.
Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya
berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m
sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
Aspek yang dilaporkan dalam teks laporan hasil
observasi di atas adalah ... .
A. tempat
hidup burung pelikan
B. cara
berkembang biak burung pelikan
C. perilaku
burung pelikan
D. penangkaran
burung pelikan
E. Ciri-ciri
pelican
Bacalah kutipan teks
laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!
(1) Kupu-kupu
adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap
sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal).
(3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4)
Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan
sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi
dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.
39. Kalimat
definisi dalam kutipan teks laporan hasil observasi di atas berada pada... .
A. kalimat
ke-1
B. kalimat
ke-2
C. kalimat
ke-3
D. kalimat
ke-4
E. kalimat
ke-5
40. Yang
termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor ... .
A. 1,
2, 3
B. 2,
4, 5
C. 3,
4, 5
D. 1,
2, 5
E. 2,
3, 5