Atambua, 17 Juli 2020 Hal : Lamaran
Pekerjaan Yth : Kepala Sekolah
Menegah Atas Negeri 1 Atambua Di tempat Dengan hormat, Dengan ini saya
membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang
bapak/ibu pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut: nama : Marsiana, S.Pd; tempat lahir : Atambua, 25 Maret 1998; agama : Kristen; pendidikan terakhir : S1 Bahasa Indonesia 2019 ; alamat : lingkungan
lainhat Atambua RT 002 RW 001; alat komunikasi : HP 085223338444; Berdasarkan keterangan
di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai guru Bahasa Indonesia di
sekolah yang bapak/ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan
bersama ini saya lampirkan:
Demikianlah surat
lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan
kebijaksanaan bapak/ibu saya ucapkan terima kasih. Marsiana, S.Pd |
Hasil Analisis Unsur Kebahasaan Surat Lamaran
Pekerjaan Tersebut
No |
Unsur-Unsur
Kebahasaan |
Penjelasan |
1 |
Bentuk surat yang standar |
Surat lamaran yang dibuat sudah
menggunakan format standar |
2. |
Bahasa yang baik dan benar |
Penulisan surat lamaran tersebut
sudah menggunakan kaidah berbahasa yang baik seperti penulisan kalimat
pemerincian, kata ganti orang ketiga,dan ejaan. Namun ada beberapa ejaan yang
kurang tepat seperti, -Di tempat seharusnya di- Tempat -bapak/ibu seharusnya Bapak/Ibu - penggunaan kalimat pemerincian kurang tepat, terutama pada
identitas pelamar, seluruh rincian menggunakan huruf kecil dan diakhiri tanda
baca, seharusnya seluruh rincian diawali dengan huruf kapital tanpa
diakhiri tanda baca. Demikian juga, penulisan pada bahan pertimbangan
seluruhnya menggunakan huruf kecil dan diakhiri tanda baca setiap
pemerincian, seharusnya seluruh pemerincian menggunakan huruf kapital
tanpa diakhiri tanda baca. (Ket. tetapi apabila kalimat yang digunakan bukan pemerincian, maka tanda baca pemerincian di akhir rincian tetap digunakan.) -
Kalimat
penutup terdapat kata ulang bervariasi (sebenar-benarnya) yang artinya
menyatakan dengan sungguh-sungguh dari si pelamar. Namun dalam pemahaman isi
dan konstruksi kalimat efektif tidak sesuai, seharusnya ditiadakan. -Ejaan yang digunakan pada lampiran bahan pertimbangan juga belum tepat misalnya: foto copy seharusnya fotokopi |
3. |
Kata pengantar jelas, singkat,
padat, informatif, dan tepat sasaran |
Pelamar mengajukan lamaran
pekerjaan atas inisiatif sendiri, karena tidak ada sumber yang
menginformasikan lowongan pekerjaan tersebut. |
4. |
Penyampaian maksud surat pada isi
surat |
Sudah menggunakan kalimat yang
jelas untuk melamar kerja. Pelamar langsung menyebutkan posisi yang
diinginkan, yaitu sebagai guru honor Bahasa Indonesia. |
5 |
Pemakaian tanda baca |
Tanda baca yang kurang tepat
digunakan dalam surat lamaran pekerjaan tersebut diantaranya: 1.
Tanda
baca titik dua (:) setelah Yth tidak
tepat, harusnya tanda titik (.) karena Yth. merupakan singkatan yang
terhormat; 2.
Tanda
titik koma (;) setelah nomor HP tidak tepat, harusnya titik (.) karena akhir
kalimat dari identitas pelamar yang dirinci. 3.
Kalimat
penutup surat, tidak menggunakan tanda baca koma setelah Bapak/Ibu, seharusnya
Atas perhatian dan
kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. |
Atambua, 17 Juli 2020
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth.
Bapak Kepala SMA Negeri 1 Atambua
di-
Tempat
Dengan Hormat,
Dengan ini saya membuat
permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak
pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut:
Nama
: Marsiana, S.Pd
Tempat Lahir :
Atambua, 25 Maret 1998
Agama :
Kristen;
Pendidikan Terakhir : S1 Bahasa Indonesia 2019
Alamat : lingkungan lainhat
Atambua RT 002 RW 001
Alat Komunikasi : HP 085223338444
Berdasarkan keterangan
di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai guru Bahasa Indonesia di
sekolah yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya
lampirkan:
1.
Fotokopi KTP
2.
Fotokopi Akta IV
3.
Fotokopi Ijazah
4.
Fotokopi Transkrip Nilai
5.
Daftar Riwayat Hidup
6.
Masing-masing 1 Lembar
Demikianlah surat
lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan
terima kasih.
Hormat saya,
Marsiana, S.Pd
CONTOH 2: SURAT LAMARAN PEKERJAAN YANG STANDAR
Atambua, 17 Juli 2020
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth.
Bapak Kepala SMA Negeri 1 Atambua
di-
Tempat
Dengan Hormat,
Dengan ini saya membuat
permohonan lamaran pekerjaan sesuai iklan Atambua Post tanggal 10 Juni 2020
untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak pimpin. Adapun data pribadi
saya,
nama
: Marsiana, S.Pd;
tempat lahir :
Atambua, 25 Maret 1998;
agama : Kristen;
pendidikan terakhir : S1 Bahasa Indonesia 2019;
alamat : lingkungan lainhat
Atambua RT 002 RW 001;
alat komunikasi : HP 085223338444.
Berdasarkan keterangan
di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai guru Bahasa Indonesia di
sekolah yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya
lampirkan,
1.
fotokopi KTP ;
2.
fotokopi Akta IV;
3.
fotokopi Ijazah;
4.
fotokopi Transkrip Nilai;
5.
Daftar Riwayat Hidup;
6.
masing-masing 1 lembar.
Demikianlah surat
lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan
terima kasih.
Hormat saya,
Marsiana, S.Pd
Bacalah informasi lowongan kerja berikut ini lalu buatlah surat lamaran pekerjaannya!
Lowongan Kerja Staf Dubes Kementerian Luar Negeri untuk Lulusan D3-S1, Pendaftaran Dibuka 1 Agustus
Kementerian Luar Negeri membuka lowongan pekerjaan untuk WNI yang dapat memenuhi syarat menjadi pegawai setempat di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
Saat ini, Kemenlu membuka lowongan kerja untuk staf Dubes di luar negeri.
Rencananya, pendaftarannya dibuka mulai 1-31 Agustus 2020 dengan mengirimkan lamaran dan persyaratan lewat email yang tertera.
Lowongan kerja sebagai staf Dubes ini diperuntukkan untuk lulusan minimal Diploma (D3) dan sarjana dari berbagai jurusan.
Informasi ini resmi dikeluarkan Kementerian Luar Negeri RI pada Sabtu (25/7/2020).
Proses seleksi penerimaan calon pegawai setempat atau staf Dubes terdiri dari beberapa tahap di antaranya:
1. Seleksi administrasi ujian tulis substansi dan bahasa asing
2. Ujian wawancara
3. Ujian psikologi dan wawancara dengan user atau perwakilan RI pegawai setempat.
Nantinya, bagi calon yang terpilih akan ditugaskan pada beberapa fungsi yang ada di Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
Di antaranya fungsi politik, fungsi ekonomi, fungsi protokol dan konsuler, fungsi penerangan sosial dan budaya serta fungsi administrasi.
Berikut persyaratan pelamar :
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang pada 1 September 2020 berusia serendah-rendahnya 22 tahun 0 bulan 0 hari dan maksimal 45 tahun 0 bulan 0 Hari
2. Setia dan taat pada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan dan Pemerintahan Republik Indonesia
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian RI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta dan pegawai swasta tidak sedang berkedudukan sebagai PNS atau calon CPNS.
4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
5. Memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan persyaratan.
6. Memiliki keahlian dan keterampilan untuk bidang tugas yang diperlukan menguasai bahasa Inggris dan atau bahasa asing lainnya secara memadai.
7. Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.
8. Berkelakuan baik tidak pernah terlibat tindak pidana baik di wilayah RI maupun negara lain yang dinyatakan dengan surat keterangan dari pejabat berwenang
9. lulus seleksi persyaratan
Persyaratan administrasi pelamar memiliki ijazah minimal D3 dan S1 dengan jurusan bidang sebagai berikut:
1. Hubungan Internasional
2. Politik Administrasi
3. Kajian Wilayah
4. Komunikasi
5. Sastra
6. Hukum
7. Ekonomi
8. Studi Pembangunan
9. Manajemen
10. Akuntansi
11. Bisnis
12. Keuangan
13. Pariwisata
14. Kesenian
15. Teknik informatika
16. Sistem informasi
17. Komputer
17. Teknik elektro
18. Sekretaris
Surat lamaran ditujukan ke kepala Biro SDM Kemlu disertai dengan CV dan dokumen pendukung dapat dikirimkan ke email rekrutmencps.sdm@kemlu.go.Id untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi p3k.sdm@kemlu.go.id
https://www.tribunnewswiki.com/2020/07/30/lowongan-kerja-staf-dubes-kementerian-luar-negeri-untuk-lulusan-d3-s1-pendaftaran-dibuka-1-agustus
DI BUKA LOWONGAN KERJA
PT Angkasa Pura I (Persero) Tahun 2020
Perusahaan yang bergerak di bandar udara international
Persyaratan:
Pria / Wanita
Usia 18 – 35 Thn
Pendidikan Min SMA/SMK sederajat
Memiliki penampilan dan komunikasi yang baik
Posisi:
pramugari
Aviation Security Officer
Fly Security
Fire Fighting Officer
Apron Movement
Controller /Avia Bridge
Air traffic controller
Air craft Maintenence
Engineer
Flight Operation Officer
Perawat
Marshaller
Check In Counter
Costumer Service
Pemadam Kebakaran
Driver
Mekanik
Fasilitas :
-Gaji pokok UMR Rp 6.500.000,-
-Uang Makan
-Mess / Transport / Jemputan
-Seragam
-BPJS
-Premi Kehadiran
-THR
Kelengkapan Dokumen :
* Surat Lamaran Kerja
* Curriculum Vitae ( CV )
* Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir
* Foto copy Identitas ( KTP / SIM )
* Foto copy kartu keluarga ( KK )
* Pas Foto (berwarna) ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
* Email dan No. Telp / Hp yang masih aktif
Silahkan Kirim Lamaran/CV Lengkap Anda ke Email: infoangkasapura1@graduate.org
*SUBJECT LAMARAN : NAMA LENGKAP/NO.HP/E-MAIL*
Batas lamaran sampai 30 September 2020
Mohon bantu share atau bagikan ya mgkn aja ada teman atau keluarga anda butuh kerja
Indahnya berbagi