Kamis, 30 Juli 2020

Pelajaran Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

: 1 ATAMBUA

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

Kelas/Semester

: X1/Ganjil

Materi Pokok

: Ceramah

Alokasi Waktu

: 6 x 45 Menit (2X pertemuan) 

A.    Kompetensi Inti

K1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

K2

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

K3

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

K4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3

3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5.1   Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

3.5.2   Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah.

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4

4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.5.1  Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.5.2  Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah


    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibacamenemukan informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah, dan menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Pengertian ceramah

Perbedaan ceramah dengan pidato dan khotbah

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : 

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. I Revisi  

b.    Suherli, dkk. I Revisi  

c.    Kosasih, E. 2014. 


Atambua,    Juli 2019

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 1 Atambua                            Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

     Drs. Marianus Antoni                                          Muh Hasyim, S.Pd.

NIP 19620305 199412 1 001                                 NIP 19690207 199802 1 003


RINGKASAN MATERI

LAMPIRAN: MATERI CERAMAH

STRUKTUR TEKS CERAMAH

1.Pengertian

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Yang menyampaikan adalah orang-orang yang menguasai di bidangnya dan yang mendengarkan biasanya melibatkan banyak orang. Medianya bisa langsung ataupun melalui sarana komunikasi, seperti televisi, radio, dan media lainnya.

Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah.

1.Pidato adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

2.Khotbah adalah pembicaaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keimanan.

 

2.Fungsi Teks Ceramah 

Ceramah merupakan teks yang berfungsi untuk menyampaikan informasi (edukatif) yang berupa pengetahuan kepada khalayak juga untuk mengajak atau meyakinkan.

 

3.Menentukan isi dan Struktur dalam Teks ceramahTeks ceramah memiliki bagian-bagian tertentu, yang meliputi bagian pembuka, isi, dan penutup.

  1.  Pembuka
  2. Isi yang berupa rangkaian argumen pembicara berkaitan dengan pendahuluan atau tesis. 

Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumen pembicara.

  1. Penutup berupa penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumn
https://youtu.be/IsIvbaH1wKM

Putarlah video tersebut lalu dengarkanlah dengan saksama kemudian analisislah: tema, isi, dan pesan yang hendak disampaikan penceramah!

Catatlah semua itu di kertas kalian dan simpanlah di portopolio kalian sebagai arsip penilaian!


 

4. Menganalisisi Kaidah Kebahasaan dalam Teks ceramah

Sebagaimana jenis teks lainnya, ceramah pun memiliki karakteristik tersendiri yang cenderung berbeda dengan teks-teks lainnya. Teks ceramah memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut.

1.Menggunakan kata ganti orang pertama (tugggal) dan kata ganti orang kedua jamak, sebagai sapaan. Kata ganti orang pertama, yakni 

2.Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas. Dengan topik tentang masalah kebahasaan yang menjadi fokus pembahasanya, istilah-istilah yang muncul dalam teks tersebut adalah sarkastis, epimistis, tata krama, kesantunan berbahasa,
etika berbahasa.

3.Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (sebab akibat). Misalnya,

4.Menggunakan kata-kata kerja mental, seperti 

5.Menggunakan kata-kata persuasif, seperti 

 

 

  

SOAL TEKS CERAMAH

Teks untuk soal nomor 1-2

Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas "Perlunya Keseimbangan antara Kebutuhan Jasmani dan Rohani." (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduanya berpisah, seseorang tidak dikatakan manusia hidup lagi. (3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani yaitu spiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.

  1. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ....
  2.  Kata-kata persuasif terdapat dalam kalimat nomor ....


3.Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

a.Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.

b.Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Palang Merah Remaja.

c.Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.

d.Dalam seramah ini, topik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.

e.Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.

 

Teks utk soal nomor

  1. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.

a.Waktu A berceramah, hari masih pagi

b.Waktu B berceramah, hari sudah siang

c.Ceramah A diselingi lelucon

d.Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu

e.Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B

5.Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah...

a.Yang terhormat ibu, bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.

b.Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.

c.Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.

d.Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya denganmisu terkini.

e.Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.

Teks ceramah

  1. Kalimat yang cocok sebagai pembuka isi

a.Lingkungan bersih, warganya masyhur

b.Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.

c.Lingkungan bersih, mengajak warganya sadar.

d.Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.

e.Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan 7 dan 8.

  1. Topik pidato tersebut adalah ...

a.peringatan Sumpah Pemuda

b.mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau

c.merenungkan ikrar Sumpah Pemuda

d.pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928

e.bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu

  1. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ..


 (1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.

  1. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...

a.Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.

b.Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.

c.Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.

d.Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.

e.Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.

  1. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...

a. (1)

b.(2)

c.(3)

d.(4)

e.(5)

Jawaban : d. (4) 

 

Teks

  1. Kalimat pembuka yang tepat adalah ….

a.Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

b.Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam acara yang sama.

c.Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul untuk melaksanakan acara perpisahan ini.

d.Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan untuk kakak-kakak kita.

e.Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disedikan untuk saya menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.

  1. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….

a.Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

b.Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali siswa, rekan-rekan siswa SMA 2 yang berbahagia.

c.Selamat pagi teman-teman yang berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.

d.Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.

e.Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali saya bisa berdiri di sini untuk memberikan sambutan.




wilayah yang tergenang banjir menjadi kotor.

  1.  Isi pokok naskah pidato tersebut adalah ….

a.Intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.

b.Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.

c.Bahaya yang timbul akibat curah hujan tinggi.

d.Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit pada saat banjir.

e.Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir datang.

  1. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….

a.Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.

b.Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai penyakit.

c.Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.

d.Jaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan bersih-bersih lingkungan .

e.Meghindari bersih-bersih lingkungan jika terdapat bagian tubuh yang terluka.

Teks

Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya (2). Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan risikonya ditanggung sendiri (3).

  1. Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor .

a.Satu

b.Dua

c. Tiga

d.Empat

e. lima

 

Teks

Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.

  1. Kalimat pembuka pidato yang  tepat sesuai teks tersaji adalah ….

a.Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.

b.Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.

c.Anak-anak yang Bapak kasihi,  pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.

d.Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.

e.Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama untuk menerima penjelasan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi.

  1. Teks tersaji  berisi tentang … .

a.Pengarahan kepala sekolah kepada peserta didik

b.gambaran kepala sekolah kepada peserta didik

c.bujukan kepala sekolah kepada peserta didik

d.Pengalihan kepala sekolah kepada peserta didik

e.Pandangan kepala sekolah kepada peserta didik

 

Cermatilah penggalan teks pidato berikut!    

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, 

Program lain yang cukup penting dilakukan oleh pihak sekolah adalah program waspada narkoba. Program waspada narkotika dapat dilakukan dengan mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba. Pihak sekolah harus melakukan razia dadakan secara rutin. . . .

  1. Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks pidato tersebut adalah . . .

a.Dengan demikian, pemberantasan penggunaan narkoba di sekolah dapat berjalan dengan lancar.

b.Marilah kita berperan aktif dalam memberantas penggunaan narkoba di sekolah.

c.Oleh sebab itu, penyelenggaraan razia secara dadakan harus sering dilakukan.

d.Marilah kita membangun bangsa dan Negara secara bersama-sama.

e.Jika kita jarang mengontrol siswa akan terjadi hal di luar dugaan guru dan orang tua.

Jawaban a

 

Cermati kutipan pidato berikut ini!

Hadirin yang berbahagia. Upaya penanganan persebaran kasus HIV/AIDS di Indonesia mendesak untuk dibenahi. Pasalnya, Indonesia menorehkan prestasi buruk dalam menekan penularan penyakit yang disebabkan oleh virus perusak sistem kekebalan tubuh manusia itu. Indonesia mencatatkan diri sebagai negara penularan HIV tercepat di Asia Tenggara. Kondisi ini sudah mengkhawatirkan.  Untuk itu, ... . 

  1. Kalimat persuasif untuk melengkapi kutipan pidato di atas adalah ... .

a.Indonesia akan kian terpuruk dengan keadaan semacam ini.

b. Indonesia harusnya terhindar dari penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

c.Marilah kita bekerja keras memberantas penyakit AIDS yang meresahkan rakyat Indonesia.

d.Marilah kita hindari segala bentuk kemaksiatan yang bisa menularkan virus HIV.

e.Marilah kita hindari para pengidap penyakit AIDS sehingga tidak terjadi penularan. 

Jawaban c

  1. Kutipan teks pidato tersaji termasuk bagian … .

a.Pembuka

b.Isi

c.Penutup

d.Kalimat pengembang

e.Kalimat utama

Jawaban b


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...