Rabu, 07 Oktober 2020

PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA

 


Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia

oleh : Muh. Hasyim

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan (wikipedia). Dalam kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. 

Perkiraan jumlah bahasa di dunia beragam antara 6.000-7.000 bahasa. Namun, perkiraan tepatnya bergantung pada suatu perubahan yang mungkin terjadi antara bahasa dan dialekBahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tetapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan stimulus audio, visual, sebagai contohnya, tulisan grafis. Hal ini karena bahasa manusia bersifat independen terhadap modalitas (suatu uraian/bahasan dalam bentuk kalimat yang menunjukkan pernyataan/keinginan/sikap/perasaan si pembicara mengenai keadaan atau perbuatan terhadap lawan bicaranya)

Bahasa Indonesia merupakan salah satu di antara bahasa dunia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia. Dalam dunia pendidikan Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di semua lini pendidikan di Indonesia.

Untuk itu sebagai anak bangsa, yang berprofesi sebagai guru merasa prihatin dengan perlakuan pemiliknya sendiri yang sering melecehkannya. Karena penulis merupakan guru bahasa Indonesia dan ingin memperbaiki wibawa bahasa Indonesia, maka saya mengajak kita untuk mempelajari kelas kata dalam bahasa Indonesia dalam video berikut ini.


Moga bermanfaat.


1 komentar:

  1. Halo pak.
    Nama saya Stevania Laku Loi dari kls XII ALAM 2.2
    Materi yang disajikan sangat bagus dan mudah untuk dipahami.Selain penggunaan bahasa yang baik,materi juga disajikan dengan singkat,padat,jelas,dan mudah untuk dipahami.Selain itu,tentunya materi tentang pengetahuan Bahasa Indonesia sangat bermanfaat.Hanya saja,penggunaan spasi pada materi diatas masih belum terlalu pas dan rapi.Warna dari huruf pun belum seragam.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...