Kamis, 27 Agustus 2020

RPP Kelas X K13 Bahasa Indonesia

 RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2018 | Mautidur.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                              SMA ……..

Mata pelajaran               Bahasa Indonesia

Materi Pelajaran            : Menganalisis Puisi

Kelas/Semester             X/Genap

Alokasi Waktu               3 x 45’

 

A.     Kompetensi Inti (KI)

KI-1           : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2           : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI3:

Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan  humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

3.8 Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)

 

 

 

3.8.1 Mengidentifikasi struktur fisik dan stuktur batin teks puisi

3.8.2 Menjelaskan struktur fisik dan struktur batin teks puisi

3.8.3 Menanggapi struktur fisik dan struktur batin teks puisi.

3.8.4 Menafsirkan isi struktur fisik dan strutur batin dalam puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan

4.8 Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)

4.8.1 Memilih tema sosial, budaya, dan atau kemanusiaan

4.8.2 Mengamati objek yang sesuai dengan tema pilihan

4.8.3 Mendata katakunci sesuai dengan tema pilihan

4.8.4 Menulis puisi dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin

 

C.      Tujuan Pembelajaran

        Melalui pendekatan pedagogi genre peserta didik dapat menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) hingga terampil menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan kreatif, kerja keras dan penuh percaya diri.

 

D.     Materi Pembelajaran

1.      struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)

2.      struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)

 

E.      Pendekatan Pembelajaran/ Model/ Metode

 Pendekatan               : saintifik

Model                          :  sintesis dari tiga pendekatan(pedagogi genre, saintifik,    dan  CLIL)

 Metode                         : ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,

 

F.      Media/Alat/Bahan

Puisi Subagyo Sastro Wardoyo yang berjudul “Gadis Peminta-minta” dan “Nuansa Budaya Indonesia” karya Destriani Hamidah

G.     Sumber Belajar

Bambang Pramono. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X. Surakarta: Mediatama.

Kosasih, Engkos. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:                 Yrama Widya.

 

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (3 x 45 menit)

Kegiatan Pembelajaran

pendahuluan

1. Peserta didik merespon  salam tandamensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.

2. Peserta didik menerima informasi denganproaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, indikator, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnyatentang pembelajaran teks puisi.

Nilai Karakter

 

Religiolitas           

 

 

 

 

 

 

 

Membangun Konteks:

Dialog informasi tentang fungsi dan wujud teks puisi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dimulai denganmembaca puisi yang disediakan oleh pendidik pembacaan puisi oleh peserta didik yang mampu membacakan puisi dengan baik atau dapat pula ditayangkan video pembacaan puisi.

Inti

1.   Peserta didik membaca dan menikmati puisi-puisi dengan tema tertentu yang dipilih guru. Misalnya, tentang tema sosial: kemiskinan.

2.   Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  variasi strukturfisik (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dan tipografi) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

3.   Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud (itention) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

4.   Peserta didik mencermati struktur fisik dengan fokus mencermati diksi yang digunakan, kata berimaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dantipografi) beberapa puisi yang dibacanya.

5.   Peserta didik mencermati struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud (itention) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

6.  Peserta didik mengumpulkan informasi dengan panduan lembar kerja berdasarkan hasil pencermatan

7.   Peserta didik dan guru melakukan pembahasan informasi yang didapat dengan melakukan pengasosian (penalaran)

8.             Peserta didik menyimpulkan variasi struktur fisik (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/iramaritme,dan tipografi) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

9.             Peserta didik menyimpulkan struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone), danamanat/tujuan/maksud (itention) ) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

10.         Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur puisi dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.

 

Kerja keras

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menelaah Model:Tujuan kegiatan ini (langkah 14-24) agar peserta didik mendapatkan pemahaman tentang puisi secara mandiri dengan bimbingan guru agar dapat menikmati puisi dan menulis puisi.

 

Kegiatan ini dapat dilakukan secara berpasangan dengan teman sebangku atau berkelompok 3 orang. Panduan lembar kerja menelaah model puisi sangat dianjurkan untuk digunakan.

 

Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru agar kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien

11. Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensiyang sesuai dengan pembuatan puisi:

a. latihan kosa kata konkret, imaji, diksi

b. latihan majas

c. latihan pengembangan rima

12. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun tema puisi. Latihan pengembangan tema dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan seperti pengamatan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gotongroyong

Mengonstruksi Terbimbing::Kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman tentang teks dan latihan kebahasan yang digunakan dalam me-nyusun puisi.Misalnya, peserta didik bersama-sama membaca sebuah artikel yang berisi tentang permasalahannya yang ada di lingkungannya. Lalu peserta didik membuat puisi dengan teknis diakronis Ini semacam latihan berlari, menendang bola, membawa bola, mengoper bola, dan lain-lain sebelum bermain bola sesungguhnya   

1.             Peserta didik menentukan topik puisi (sosial, budaya, atau kemanusiaan).

2.             Peserta didik membaca berbagai reverensi sesuai dengan topik yang dipilih.

3.             Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.

4.             Peserta didik menulis puisidengan memperhatikan struktur fisik ((diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama,dantipografi) dan struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud (itention)).

5.             Peserta didik mempresentasikan puisi yang telah ditulisnya.

6.             Peserta didik lainnyamenanggapi puisi yang dipresentasikan.

7.             Peserta didik merevisi puisi berdasarkan masukan dari teman

 

 

 

 

 

 

Mengonstruksi Mandiri:

Setelah peserta didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan berbagai latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) diharapkan peserta didik sudah memiliki kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri.

Penutup

20.   Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari

21.   Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.

22.   Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil  pembelajaran yang telah dicapai.

23.   Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam

Kegiatan penutup merupakan refleksi guru dan peserta didik terhadap proses dan hasil pembelajaran se-bagai upaya pe-ningkatan mutu berkelanjutan

 

 

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Pertemuan pertama

a.       Penilaian Sikap

1)     Teknik                 : Pengamatan sikap dan jurnal

2)     Bentuk                 : Lembar pengamatan dan catatan

3)     Instrumen          : Contoh terlampir

 

b.       Penilaian Pengetahuan

1)     Teknik                 : Tes tertulis

2)     Bentuk                 : Uraian  

3)     Instrumen          : Terlampir

 

2.      Pertemuan ketiga

a.       Penilaian Sikap

1)     Teknik                 : Pengamatan sikap dan jurnal

2)     Bentuk                 : Skala penilaian

3)     Instrumen          : Contoh terlampir

 

b.       Penilaian Keterampilan

1)     Teknik                 : Tertulis

2)     Bentuk                 : Produk

3)     Instrumen          : Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1  Materi

 

STRUKTUR PEMBANGUN PUISI

Seperti karya sastra lainnya,  puii mempunyai struktur-struktur dan unsur yang membangunnya.  Secara garis besar,  unsur-unsur puisi terbagi dalam dua macam, yakni struktur fisik dan struktur batin.

 

A.      Struktur fisik puisi merupakan unsur-unsur puisi yang tampak dari penulisan kata-katanya. Struktur fisik puisi meliputi beberapa hal berikut ini.

 

1.       Tipografi(tata wajah)

 

Tipografi menjadi pembeda antara puisi dengan prosa atau drama. Larik-larik dalam puisi tidak membentuk paragraph, melainkan membentuk bait. Dalam puisi kontemporer seperti karya  Sutardji Coulzoum Bachri, tipografi itu dipandang begitu penting, sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.

 

2.       Diksi

 

Diksi disebut juga pilihan kata.  Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat. Kata-katanya merupakan hasil pertimbangan, baik itu makna, susunan bunyi, maupum hubungan kata itu dengan kata lain dalam baris dan baitnya. Kata-kata yang terdapat dalam puisi bersifat konotatif da nada pula  kata-kata yang  berlambang. Makna kata-kata itu mungkin lebih dari satu.  Kata-kata yang dipilih hendaknya bersifat puitis yang mempunyai efek keindahan.

 

3.       Imaji

 

Imaji sering juga disebut citraan. Untuk membuat (lebih) hidup gambaran dalam pikiran  dan juga untuk menarik perhatian, penyair juga menggunakan gambaran-gambaran angan disamping alat kepuitisan yang lain. Gambaran angan dalam dalam sajak itu disebut citraan.  Dengan kata-kata yang digunakan penyair, pembaca seolah-olah:

 

a.       Mendengar suara(imaji auditif)

 

b.       Melihat benda-benda(imaji visual), atau

 

c.       Meraba dan menyentuh benda-benda(inajinasi taktil)

 

4.       Kata konkret

 

Puisi harus menggunakan kata konkret atau jelas. Jika penyair mahir memperkonkret kata-kata, maka pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasa apa yang dilukiskan penyair

 

5.       Bahasa figuratis\f

 

Bahasa figurative disebut juga majas atau  bahasa kiasan. Bahasa figurative atau majas bertujuan untuk mempersamakan ataupun membandingkan sesuatu dengan hal lain.  Jenis-jenis majas tersebut antara lain:

 

a.       Perbandingan langsung(simile)

 

b.       Metafora

 

c.       Perumpamaan

 

d.       personifikasi, dsb.

 

6.       Verifikasi (rima, ritme, metrum)

 

Rima adalah pengulangan bunyi pada puisi

 

Ritme dan metrum merupakan bagian dari irama

 

Ritme adalah irama yang disebabkan pertentangan atau pergantian  bunyi tinggi rendah secara teratur.

 

Metrum adalah irama yang tetap.,artinya pergantiannya sudah tetap menurut pola tertentu.

 

 

 

B.      Struktur batin

 

Struktur batin puisi meliputi unsur yang tidak tampak secara langsung dari penulisan kata-katanya. Struktur batin puisi adalah sebagai berikut:

 

1.       Tema

 

Tema merupakan gagasan pokok yang yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema itulah yang menjadi kerangka pengembangan puisi.

 

2.       Feeling

 

Feeling sering disebut perasaan penyair. Jadi puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili ekspresi perasaan penyair. Ekspresi tersebut bias berupa kerinduan, kegelisahan, pengaguman dsb.

 

3.       Nada

 

Nada puisi merupakan sikap penyair kepada pembaca. Sikap ini bias mengurui, menasihati, mengejek, menyindir, atau hanya menceritakan sesuatu pada pembaca.

 

C.       Amanat

 

Amanat merupakan hal yang mendorong penyair menciptakan puisinya. Amanat dapat ditelaah setelah kita memahami tema, rasa, dan nada puisi tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2 Instrumen Penilaian

 

 

 

1.    Pertemuan Pertama

 

Penilaian Sikap

 

No

Waktu

Nama

Kejadian/Perilaku

Butir Sikap

Pos/Neg

Tindak Lanjut

1.

3/5/2017

Tomi

Tidak mau mengerjakan tugas dan mengganggu teman yang sedang bekerja

Tanggung jawab, disiplin

-

- Dipanggil untuk diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya.

- Dilakukan pembinaan.

2.

3/5/2017

Astuti

Sangat aktif dalam diskusi dan rajin membantu teman yang kurang paham terhadap materi pelajaran

Kerja sama, proaktif

+

Diberikan apresiasi/pujian

dst

 

 

 

Penilaian Pengetahuan

 

Kisi-kisi

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

No. Soal

Bentuk Soal

Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat

Struktur fisik dan struktur batin puisi

Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar”, dan “Di Pengasingan”peserta didik menentukan menidentifikasi tema dari puisi tersebut.

1

Uraian

1.

Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin  dengan benar.

2

Uraian

2.

Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta didik dapat membandingkan struktur fisik dan struktur batin puisi dengan benar.

3

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal evaluasi

 

 

 

Bacalah dengan cermat puisi berikut ini!

 

 

 

Syair Orang Lapar

 

 

 

Lapar menyerang desaku

 

Kentang dipanggang kemarau

 

Surat orang kampungku

 

Kuguratkan kertas

 

Risau

 

Lapaar lautan pidato

 

Ranah dipanggang kemarau

 

Ketika berduyun mengemis

 

Kesinikan hatimu

 

Kuiris

 

Lapar di Gunungkidul

 

Mayat dipanggang kemarau

 

Berjajar masuk kubur

 

Kuulang jua

 

Kalau

 

 

 

 

 

Di Pengasingan

 

Iman Budi Santosa

 


Sejak dulu, di pengasingan, aku selalu menyanyikan lagu
Diiringi bunyi kegelapan yang menyuarakan luka waktu
Liriknya tentang kemerdekaan yang menghilangkan ragu
Terdendang bersama belenggu kelabu pada kesendirianku

Sebenarnya, aku tak sendirian, ada gelisah yang menemani
Juga dengung kenangan yang terdengar sendu sekali
Menambah merdu alunan lagu yang kunyanyikan
Hingga bertabuhan air mata yang berlinang

Seringkali, sambil menyanyi, aku merindukan mentari
Ia selalu tersenyum padaku saat datangnya hari
Dan mengecupku dengan embun-embun puisi
Di pengasingan, mentari diusir hingga pergi

Seharusnya, dengan sadar, aku tak boleh menyanyi
Di pengasingan, ada peraturan “dilarang menyanyi”
Bila melanggar, sepi akan menghukum dengan keji
Atas undang-undang fana berlandaskan lara hati

Sayang sekali, aku tak peduli, walau aku selalu dihukum
Biar langit jiwaku membasah, agar hujan kasih kian turun
Berharap membanjiri pengasingan hingga luluh dan runtuh
Walau perjuangan telah mengorbankan hakikat tubuh

(6 September 2009 18:04 WIB)

 

 

 

Kerjakanlah  soal-soal berikut!

 

1.       Identifikasikan unsur fisik dan unsur batin puisi di atas!

 

2.       Analisislah puisi di atas berdasarkan struktur fisik dan  struktur batinnya!

 

 

 

Pedoman Penilaian

 

Jawaban

Skor

Mengidentifikasi struktur fisik dan struktur batin puisi

a.    Menentukan tema puisi

b.    Menentukan struktur fisik dan batin puisi dengan lengkap

c.    Menentukan strutur fisik dan batin kurang lengkap

d.    Menentukan salah satu struktur saja/dua struktur tetapi kurang lengkap

e.    Tidak mampu menentukan struktur fisik maupun batin

 

1

9

7

3

 

0

Membandingkan struktur fisik dan struktur batin dua buah puisi

a.    Menemukan persamaan  struktur fisik puisi

b.     Menemukan persamaan  struktur batin puisi

c.       Menemukan persamaan  struktur fisik puisi

d.       Menemukan persamaan  struktur batin puisi

e.    Tidak menemukan persamaan dan perbedaan struktur fisik dan struktur batin puisi

 

10

10

10

10

0

Jumlah Skor

60

 

 

 

                                                             

 

2.    Pertemuan Kedua

 

Penilaian Sikap

 

No

Waktu

Nama

Kejadian/Perilaku

Butir Sikap

Pos/Neg

Tindak Lanjut

1.

5/5/2017

Arinta

Tidak mau berperan serta menulis puisi dan mengganggu teman

Tanggung jawab, disiplin

-

- Dipanggil untuk diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya.

- Dilakukan pembinaan.

2.

5/5/2017

Pandu

Membantu dengan penuh semangat rekan-rekannya dalam kegiatan Jumat Bersih; menanam bunga, membuat pot dari botol minuman bekas, dan mengangkat tanaman dalam pot-pot kecil dari lt 1 ke lt 4.

Gotong royong dan tanggung jawab

+

Diberikan apresiasi/pujian

dst

……

…..

……..

……

…..

……

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format observasi diskusi kelompok

 

Nama Kelompok: Chairil Anwar

 

No

Nama

Gagasan

Tema

Diksi  yang digunakan

Rima

Y

T

Y

T

Y

T

Y

T

1.

Fanny

Ö

Ö

Ö

Ö

2.

Rani

Ö

Ö

Ö

Ö

3.

 

Keterangan :

 

Diisi tanda cek (Ö);   Y = ya/benar/tepat.     T = tidak tepat

 

Hasil observasi ini dimaksudkan untuk melihat kelemahan maupun kekuatan penguasaan kompetensi pengetahuan dan memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada indikator-indikator yang belum muncul.

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar            : 4.8.1 menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur fisik dan struktur batin

 

Indikator soal                     :  Peserta didik dapat menulis sebuah puisi dengan memerhatikan struktur fisik dan struktur batin

 

Instrumen                         : 1.  Buatlah sebuah puisi dengan memilih salah satu tema berikut!

 

a.        sosial

 

b.       budaya

 

c.       kemanusiaan

 

 

 

Rubrik penilaian menulis

 

Kriteria

Skor

Indikator

Diksi (pilihan kata)

5

3

a.    Pilihan kata yang digunakan tepat

b.    Pilihan kata yang digunakan kurang tepat

Imaji /citraan

5

2

a.    Pencitraan  menimbulkan imajinasi tinggi

b.    Pencitraan kurang mendukung imaji

Majas /metafor

5

3

1

a.    Penggunaan majas/metafor  tepat

b.   Penggunaan majas/metafor kurang tepat

c.    Tanpa menggunakan majas/metafor

Verifikasi

5

3

a.       Terdapat permainan bunyi

b.       Permainan bunyi tidak

Tema

5

3

a.       Kalimat mendukung tema

b.       Kalimat tidak mendukung tema

Amanat

5

3

a.       Amanat yang disampaikan jelas

b.       Amanat yang disampaikan tidak  jelas

Total skor

30

 

 

 

 

 

Contoh pengisian format  penilaian menulis

 

No.

Nama

Diksi

Imaji

Majas

Verifikasi

Tema

Amanat

Jumlah Skor

Nilai Akhir

1.

Rina

5

5

3

3

5

3

24

80

 

 

 

Keterangan :

 

Ø  Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria

 

Pada contoh di atas, skor maksimal = 1 + 2 + 2 5

 

 

 

                     Jumlah soal perolehan       

 

Ø  Nilai unjuk kerja =                                                  x 100

 

              Jumlah skor maksimal

 

 

 

                                                              24

 

Ø  Pada contoh di atas nilai unjuk kerja Rina =        x 100 = 80

 

                                                              30

 

 

 

 UNDUH FILE KLIK 

CONTOH 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah

: SMA

Mata Pelajaran

: Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelas/Semester

: X1/Ganjil

Materi Pokok

:Teks Prosedur

Alokasi Waktu

: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

 



 

A.    Kompetensi Inti

K3

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

K4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 



B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1   menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2   menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4

4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.1.1  mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.

4.1.2  menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

 



C.    Tujuan pembelajaran

(1)   Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK)

(2)   Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan,  peserta didik terampil mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif. (PPK)

D.    Materi

Struktur teks prosedur:

·      Pernyataan Umum

·      Tahapan-tahapan

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Buku Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas XI, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2017.

b.    Internet

c.    Video

d.   Buku/ sumber lain yang relevan.

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan. (PPK)

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan(PPK)

5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaianpembelajaran

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur(Literasi)

2.      Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.      Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).  (4C=Collaboration)

2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.

3.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang dipilih. (4C=Critical thinking)

2.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.

3.      Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.(4C=Creatuvity)

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.(4C= Communication)

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

70 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.       Melakukan penilaian(HOTS)

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

10 menit

 

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

Kegiatan Awal

1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.

2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5.      Pesertadidikmenerimainformasitentanghal-halyang akandipela­jari,metode dan media, langkahpembelajarandanpenilaian pembelajaran

10 menit

Kegiatan Inti

Mengamati

1.      Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.

2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Menanya

1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.

2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Menalar

1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).

2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video.

Mencoba

1.      Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.

Mengomunikasikan/menyajikan

1.      Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.

70 menit

Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik

1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.

2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

Kegiatan guru

1.      Melakukan penilaian.

2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untukmembawa contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.

4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

10 menit

 

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : TesTertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembarpengamatanaktivitaspesertadidik

b.      Tes tertulis           :uraian danlembarkerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

………..,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA ……………,                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

                                    ........................................

NIP.                                                                        NIP.

 

LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR



TEKS PROSEDUR

 

A. Contoh 

 

Kiat Berwawancara Kerja

 

     Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
     Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
     Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
     Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.

 

     Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.

 

     Pada saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
     Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat. 

 

     Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
     Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
     Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan 
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).

B. Pengertian 

Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil.. 

C. Fungsi

Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.

D. Struktur Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjU7cA6MAIkkXznvExE_FQZxYUFlRQ4C20gqsr_iK1cxp3MwZssBtpe0rlqwkm1cre3ly22Q8eDaVJO_etd6A_NLfZ3Rj2hHuvg8NPN7qR_xxXXuke1I0rFwChyphenhyphentev4GKgEeqmeghF0vFv6/s320/struktur+prosedur.png

(Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2017)

E. Aspek kebahasaan 

Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.

1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

 

Bentuk dasar

Imbuhan/Partikel

Bentukan Kata

perhati

-kan

perhatikan

pasti

-kan

pastikan

tunjuk

-kan

tunjukkan

cerita

-kan

ceritakan

hindar

-i

hindari

jadi

-lah

jadilah



2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhCnWELBBiuNwuL8MIZjJfD8Jrkwp2ysBJG551_rkuqB_Qpu_iJJ6CPioliHs-9FgUeAyKc_5qIqQxtVfY2IvY1N3_ekYvwfRNoFrhuiad0ePSfU0i8GjTNz0P3Qc3-DGqUG031IzVsOUY/s320/kaidah+kebahasaan+teks+prosedur.png

 

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        : SMA …….

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

2

7

8

9

10

11

 

........,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA ……….,                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

………….                                                              ……………….

NIP                                                                         NIP.

 

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN 1

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.1

Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

Materi

:

Teks Prosedur

 

Contoh Tugas:

Jawablah pertanyaan berikut!

1.      

Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?

2.      

Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?

3.      

Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?

4.      

Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut?

5.      

Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?

6.      

Berdasarkan isinya, apa fungsi teks prosedur i

7.      

Kemukakanlah sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah!

 

Jawablah pertanyaan berikut!

1.      

Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan      “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan?

2.      

Carilah bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu memahami makna langkah-langkah tersebut!

 

 

…..,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA ……………,                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

……………………………                                   ………………...

NIP……………………….                                    NIP.

 

 

 

 

INSTRUMEN PENUGASAN2

 

Satuan Pendidikan

:

SMA …………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

4.1

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

4.1.1  

Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan

4.1.2  

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan

Materi

:

Teks Prosedur

 

Contoh Tugas:

 

1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!

No.

Isi

Kalimat singkat

1.

Pernyataan umum

......................................................................................................

......................................................................................................

2.

Tahapan-tahapan

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

......................................................................................................

 

2.      Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?

3.      Temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!

4.      Temukan enam konjungsi pada teks prosedur tersebut!

5.      Temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas!

6.      Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?

7.      Tuliskan kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas!

 

 

…………,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA …………..,                                     Guru Mata Pelajaran,

 

 

…………….                                                          ………………….

NIP...............                                                          NIP.

 

  

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

 

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

 

No

Kategori

Skor

Alasan

1.

1. Apakahteks prosedur yang ditulis lengkap?

2.

3. Apakaht erdapat uraian tentangstruktur prosedur?

3.

Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI?

4.

Apakah terdapat pernyataan umum?

5.

Apakah terdapat tahapan-tahapan?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang

 

 

……..,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA ….,                                                  Guru Mata Pelajaran,


 

 …………                                                              ...............

NIP……………                                                     NIP.

 

 

 

INSTRUMEN TES TERTULIS

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ……………..

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Kompetensi dasar

:

3.1 

 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

 

Tes Tertulis

Disediakan dua teks prosedur

1.      Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.      Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut

3.      Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut

Tertulis (soal HOTS)

1.      Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!

2.      Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!

3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.

 

RUBRIK PENILAIAN

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan sangat tepat

4

a.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantepat

3

b.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan kurangtepat

2

c.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantidaktepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

2

Peserta didik menulis tahapan teks prosedur sangat tepat

4

a.                     Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tepat

3

b.                      Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat

2

c.                       Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak tepat

1

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

3

Pesertadidik mengemukakan komentar dengan sangat tepat

4

a.                      Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tepat

3

b.                      Pesertadidik mengemukakan komentar dengan kurangtepat

2

c                        Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tidaktepat

1

 

 

………,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala ……………,                                 Guru Mata Pelajaran,

 

 

………….                                                  ……………

NIP…………..                                           NIP. 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

 

Satuan Pendidikan

:

SMA …………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Materi

:

Menganalisis dan memerankan dialog prosedur

Kompetensi dasar

:

4.1 

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

4.1.1  

Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

4.1.2  

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Rubrik Penilaian

Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks

4

a.                   Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks

3

b.                  Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks

2

c.                    Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks

1

2

Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik

4

a.                   Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  lengkapdansesuaidengantopik

3

b.                  Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  kurang lengkap dan  kurang dengantopik

2

c                    Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks

1

 

 

…….,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala ………….,                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

………….                          .                                   …………………….

NIP………..                                                           NIP.

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

 

Satuan Pendidikan

:

SMA ……………

Mata Pelajaran

:

Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas

:

XI

Materi

:

Menganalisis Teks prosedur

Kompetensi dasar

:

3.1 

 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

4.1

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator

:

3.1.1  

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

3.1.2  

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

4.1.1

Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.

4.1.2

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

 

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI

SKOR MAKSIMAL

Peserta didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu

4

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu

3

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu

2

Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu

1

Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas

0

 

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

 

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       :

Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018/2019

 

No

Nama Peserta didik

Tugas KD

Nilai

Tanda Tangan

Ket.

(Tgl Pengumpulan)

Peserta Didik

Guru

 

………..,      Juni 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA                           ,                             Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

………….                                                              ………………

NIP..............                                                           NIP.


KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2018/2019

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

3.1Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

XI/1

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan

C4

Uraian

1

2

Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

XI/1

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan

C5

uraian

2

3

4.1Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.

XI/1

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.

C2

uraian

3

4

Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan

XI/1

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

C5

uraian

4

5

Mengomentari teks prosedur

XI/1

Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar

C2

uraian

5

 


KARTU  SOAL HOTS

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

 

Kelas/Semester          : XI  / 1(satu)

 

Kurikulum                 : 2013

 

 

Kompetensi Dasar

:

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Materi

:

Teks prosedur

Indikator Soal Nomor 1

:

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar

Indikator Soal Nomor 2

:

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatandengan benar

Indikator Soal Nomor 3

:

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.

Indikator Soal Nomor 4

:

Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.

Indikator Soal Nomor 5

:

Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar

 

CONTOH 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata pelajaran   : Bahasa Indonesia

Sekolah                : SMA

Kelas/ Semester  : X IPA-IPS/ Gasal

Materi pokok      : Teks Laporan Hasil Observasi

Alokasi waktu     :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)

 

A. Kompetensi Inti :

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

 

Kompetensi Dasar (KD)

 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

3.1.1   Menentukan isi pokok laporan hasil observasi

3.1.2     Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi

4.1      Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.

4.1.1        Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

4.1.2        Mempresentasikan hasil ringkasanteks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

 

 

C.    Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning  peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

 

Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan,  peserta didik terampil menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif.

 

D.    Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran pertemuan 1

a.       Teks laporan hasil observasi

b.      Isi  teks laporan hasil observasi

c.       Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi

1.      Kata serta frasa verba dan nomina

2.      Afiksasi

3.      Kalimat definisi dan deskriptif

4.      Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

 

E.     Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan      : Pedagogi genre,  Pendekatan Saintifik, CLIL

Model              : discovery learning (pertemuan 1)

                        :  penugasan (pertemuan 2)

Metode            : penugasan, diskusi, tanya jawab

 

F.     Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi Waktu

1.  Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)

2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”

3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.

10 menit

2.    INTI

Discovery

1.      Stimulasi ( pemberian rangsangan)

a.       Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa). (Literasi)

b.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.

2.       Identifikasi Masalah

Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu

1.      Isi pokok teks laporan hasil observasi

2.      Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

3.      Pengumpulan data

Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. (4C= Collaborative)

4.      Pengolahan data

a.       Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi

b.      Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi (Critical Thinking)

5.      Pemeriksaan data

a.       Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi (4C=Communicative)

b.      Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

6.      Penarikan kesimpulan

Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:

a.       Isi teks laporan hasil observasi

b.      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

70 menit

3.    Penutup

Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu :

a.       Memberi penghargaan kepada  satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim.

b.      Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.

10 menit

Pertemua ke-2

(2 x 45 menit)

Tahap

Langkah-langkah Pembelajaran

Alokasi waktu

1.   Pendahuluan

1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 

2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.

3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.

10 menit

2.      Inti

1.        Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum  Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.

2.        Peserta didik dikelompokkan menjadi beebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa  menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri. (Creatuvity)

3.        Secara  bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.

4.        Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru

5.        Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik

6.        Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.

70 menit

Penutup

Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:

a.       Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar

b.      Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.

10 menit

 

G.    Penilaian (HOTS)

 

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial

a.          Teknik penilaian : observasi/ pengamatan

b.         Bentuk               : catatan hasil observasi

c.          Instrumen           : jurnal (terlampir)

 

2.       Kompetensi Pengetahuan:

a.          Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan

b.         Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.

c.          Instrumen penilaian:  lembar kerja. (terlampir)

 

3.       Kompetensi keterampilan        :          

a.       Teknik penilaian  : tes penugasan

b.      Bentuk                 : tugas tertulis.

c.       Instrumen penilaian : lembar kerja

 

4.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

 

5.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 

G.    Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar

1.      Media/Alat                        :

a.       LCD, Laptop

b.      Lembar kerja

2.      Bahan                    : Teks laporan observasi

3.      Sumber Belajar      :

a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

b.      Internet

………….

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

 

Lampiran

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

 

Nama Satuan pendidikan        : SMA

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : X / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

 

NO

WAKTU

NAMA

KEJADIAN/

PERILAKU

BUTIR SIKAP

POS/

NEG

TINDAK LANJUT

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

 

 

 

 

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 


 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

 

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas                           : X IPA-IPS

Kompetensi Dasar        : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Indikator                     :  3.1.1Menentukan isi pokok laporan hasil observasi

3.1.2  Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi

Materi                          : 1. Isi  teks laporan hasil observasi

2.    Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi

a.       Kata serta frasa verba dan nomina

b.      Afiksasi

c.       Kalimat definisi dan deskriptif

d.      Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!

  

1.              Jawablah pertanyaan sebagai berikut!

a.    Apakah wayang itu?

b.    Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?

c.    Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?

d.   Apa yang dimaksud dengan wayang suket?

2.      Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?

3.      Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan  bagan berikut!

No

Hal

Pengertian

Contoh

1

Nomina

Kata :

Frasa:

2

Verba

Kata:

Frasa:

3

Kalimat definisi dan kalimat deskripsi

4

Kalimat simpleks

5

Kalimat kompleks

4.      Lalu presentasikan di depan kelas!

 

 

Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:

Penilaian Kompetensi Pengetahuan

 

Nama kelompok        : …………………………………………………

Kelas                           : …………………………………………………

Tanggal Penugasan   :...............................................................

 

Pedoman penyekoran:

 

No soal 

Deskripsi

Skor

Skor maksimal

1a

Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat

10

10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat

5

1b

Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat

10

10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat

5

1c

Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.

10

10

Menjawab dengan benar disertai 2 contoh

5

Menjawab dengan benar disertai 1 contoh

3

1d

Menjawab dengan benar disertai alasan yang  tepat

10

10

Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat .

5

2

Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat

10

10

Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat

5

3.1

Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat

10

10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat

5

Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat

3

3.2

Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat

10

10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat

5

Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat

3

3.3

Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat

10

10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat

5

Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat

3

3.4

Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat

10

10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat

5

Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat

3

3.5

Menjawab dengan benar disertai  pengertian dan contoh yang tepat

10

10

Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang  kurang tepat

5

Menjawab dengan  kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak  tepat

3

Total

100

Kunci

 

1.a. wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia

1.b.fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.

1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.

1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa :  suket)

2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail

3.

No

Hal

Pengertian

Contoh

1

Nomina

Nomina adalah kata benda

Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas

Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif

Kata : wayang

Frasa: wayang orang

2

Verba

Verba adalah kata kerja

Kata: adalah

Frasa: sudah membagi

3

Kalimat definisi

Kalimat yang menggunakan verba definitif

Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia

Kalimat simpleks

Kalimat yang menggunakan verba deskriptif

Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit

4

Kalimat kompleks

Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks

Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik

5

Kalimat simpleks

Kalimat yang hanya memiliki satu klausa

Kelelawar merupakan hewan unik

 

 

 

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

 


 

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas                           : X IPA-IPS

Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

Indikator pencapaian kompetensi :

4.1.3         Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

4.1.4         Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi

1.             Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!

2.             Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

 

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib

Kelas                           : X IPA-IPS

Kompetensi dasar        :

4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

Indikator pencapaian kompetensi :

4.1.5         Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

4.1.6         Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi

Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi

Rubrik penilaian presentasi ringkasan

No

Nama

Aspek penilaian

Total nilai

kelancaran

Kelengkapan informasi

Kebenaran isi

1

2

3

4

 

 

Aspek penilaian

kriteria

Rentang skor

Skor maksimal

Kelancaran

Sangat lancar menyamapiakn isi teks

85-100

100

Cukup lancar menyampaikan isi teks

70-84

Kurang lancar menyampaikan isi teks

55-69

Tidak lancar menyampaikan isi teks

54-40

Kelangkapan informasi

Isi teks yang disampaikan sangat lengkap

85-100

100

Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap

70-84

Hanya separuh isi teks yang disampaikan

55-69

Isi teks yang disampaikan hanya sedikit

54-40

Kebenaran isi

Isi teks yang disampaikan benar semua

85-100

100

Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar

70-84

Isi teks yang disampaikan separuh yang benar

55-69

Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah

54-40

Total

 

 

 

Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

 


KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2018/2019

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  X

Semester                      :  1 (satu)

Kurikulum                   :  2013

 

 

 

 

 

 

 

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

3.1

Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

Menentukan  isi pokok laporan hasil observasi

X/1

Disajikan tekslaporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi

C4 (menganalisis)

Uraian

1

Menentukan ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi

X/1

Disajikan teks laporan hasil observasi,  peserta didik dapatmenentukan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

C4 (menganalisis)

uraian

2

 

 



KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2018/2019

 

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  X

Semester                      :  1 (satu)

Kurikulum                   :  2013

 

 

 

 

 

Nomor

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas/

Semester

Indikator Soal

LevelKeterampilan

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan

Isi pokok laporan hasil observasi

X/1

Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap paragraf

P3; Presisi

 

Menunjukkan

Uraian

3

Disajikan teks laporan  hasil observasi, peserta didik mampu menyusun  gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi sebuah  ringkasan

P5: naturalisasi

 

Mendesain

uraian

4

 

Rabu, 26 Agustus 2020

Kamus

Selain Portugis, Ternyata Kosakata Bahasa dari 4 Negara Ini Juga Banyak  yang Sama Kayak Bahasa Kita

Bahasa Portugis v Bahasa Indonesia

1. Bandeira : Bendera

2. Mesa : Meja

3. Janela : Jendela

4. Igreja : Gereja

5. Sapato : Sepatu

6. Camisa : Kemeja

7. Domingo : Minggu

8. Falso : Palsu

9. Boneca : Boneka

10. Charuto : Cerutu

11. Escola : Sekolah

12. Trocar : Tukar

13. Manteiga : Mentega

14. Queijo : Keju

15. Garfo : Garpu

16. Banco : Bangku

17. Popular : popular

18. Banco Central : Bank Sentral

19. Sabado : sabtu

20. Sandalia : Sendal

21. Praticar : Praktek

22. Natal : Natal

23. Bola : Bola

24. Porta : Pintu

25. Tinta : Tinta

26. Algoz : Algojo

27. Arena : Arena

28. Armada : Armada

29. Acta : Akta

30. Aula : Aula

31. Bataco : Batako

32. Holanda : Belanda

33. Varanda : Beranda

34. Viola : Biola

35. Boneca : Boneka

36 Botelha : Botol

37. Jornal : Jurnal

38. Mandador : Mandor

39. Tabaco : Tembakau

40. Carreta : Kereta

Baca juga : https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Wiki_Jelajah_2.0

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...