RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA ……..
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pelajaran :
Menganalisis Puisi
Kelas/Semester : X/Genap
Alokasi Waktu : 3 x 45’
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI3: |
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
KI4: |
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan
metoda sesuai dengan kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian
dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret,
bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin
puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) |
3.8.1
Mengidentifikasi struktur fisik dan stuktur batin teks puisi 3.8.2
Menjelaskan struktur fisik dan struktur batin teks puisi 3.8.3
Menanggapi struktur fisik dan struktur batin teks puisi. 3.8.4 Menafsirkan isi struktur fisik dan strutur batin dalam
puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan |
4.8 Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan
memerhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa
figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi
(tema, feeling, nada, dan amanat) |
4.8.1
Memilih tema sosial, budaya, dan atau kemanusiaan 4.8.2
Mengamati objek yang sesuai dengan tema pilihan 4.8.3
Mendata katakunci sesuai dengan tema pilihan 4.8.4 Menulis puisi dengan memperhatikan struktur fisik dan
struktur batin |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan pedagogi genre peserta didik dapat menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur
fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi:
rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan
amanat) hingga terampil menulis puisi
bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan kreatif, kerja keras dan penuh
percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. struktur fisik
(tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima,
ritme, dan metrum)
2. struktur batin
puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)
E. Pendekatan
Pembelajaran/ Model/ Metode
Pendekatan :
saintifik
Model : sintesis
dari tiga pendekatan(pedagogi genre, saintifik, dan
CLIL)
Metode :
ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,
F. Media/Alat/Bahan
Puisi Subagyo
Sastro Wardoyo yang berjudul “Gadis Peminta-minta” dan “Nuansa Budaya
Indonesia” karya Destriani Hamidah
G. Sumber Belajar
Bambang Pramono.
2016. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X. Surakarta:
Mediatama.
Kosasih, Engkos.
2004. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:
Yrama
Widya.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (3 x 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
pendahuluan 1. Peserta didik merespon salam tandamensykuri
anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya. 2. Peserta didik menerima informasi denganproaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 3. Peserta didik menerima informasi kompetensi,
indikator, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal
yang akan dipelajari dan dikuasai khususnyatentang |
Nilai
Karakter Religiolitas |
Membangun Konteks:
|
Inti 1. Peserta didik membaca dan menikmati puisi-puisi dengan tema tertentu yang
dipilih guru. Misalnya, tentang tema sosial: kemiskinan. 2. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi strukturfisik (diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/ 3. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud
(itention) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya. 4. Peserta didik mencermati struktur fisik dengan fokus mencermati
diksi yang digunakan, kata berimaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/ 5. Peserta didik mencermati struktur batin (tema/makna (sense),rasa
(feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud (itention)
dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya. 6. Peserta didik mengumpulkan informasi dengan panduan lembar kerja
berdasarkan hasil pencermatan 7. Peserta didik dan guru melakukan pembahasan informasi yang didapat dengan
melakukan pengasosian (penalaran) 8. Peserta didik menyimpulkan variasi struktur fisik
(diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/ 9. Peserta didik menyimpulkan struktur batin (tema/makna (sense),rasa
(feeling), nada (tone), danamanat/tujuan/maksud
(itention) ) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya. 10. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur puisi
dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya. |
Kerja keras |
Menelaah Model:Tujuan
kegiatan ini (langkah 14-24) agar peserta didik mendapatkan pemahaman tentang
puisi secara mandiri dengan bimbingan guru agar dapat menikmati puisi dan
menulis puisi. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berpasangan dengan
teman sebangku atau berkelompok 3 orang. Panduan lembar kerja menelaah model
puisi sangat dianjurkan untuk digunakan. Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru
agar kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien |
11. Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang
diberikan guru untuk mengembangkan kompetensiyang sesuai dengan pembuatan
puisi: a. latihan kosa kata konkret, imaji, diksi b. latihan majas c. latihan pengembangan rima 12. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau
berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun tema puisi. Latihan
pengembangan tema dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba
(spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan seperti pengamatan
lingkungan. |
Gotongroyong |
Mengonstruksi
Terbimbing::Kegiatan ini
merupakan aplikasi dari pemahaman tentang teks dan latihan kebahasan yang
digunakan dalam me-nyusun puisi.Misalnya, peserta
didik bersama-sama membaca sebuah artikel yang berisi tentang permasalahannya
yang ada di lingkungannya. Lalu peserta didik membuat puisi dengan teknis
diakronis |
1. Peserta didik menentukan topik puisi (sosial, budaya, atau kemanusiaan). 2. Peserta didik membaca berbagai reverensi sesuai dengan topik yang
dipilih. 3. Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah
dipilih. 4. Peserta didik menulis puisidengan memperhatikan struktur fisik ((diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama,dantipografi) dan struktur batin (tema/makna (sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud
(itention)). 5. Peserta didik mempresentasikan puisi yang telah ditulisnya. 6. Peserta didik lainnyamenanggapi puisi yang dipresentasikan. 7. Peserta didik merevisi puisi berdasarkan masukan dari teman |
|
Mengonstruksi Mandiri: Setelah peserta didik berkegiatan untuk mendapatkan
pemahaman dan berbagai latihan subkompetensi menulis (atau berbicara)
diharapkan peserta didik sudah memiliki kepercayaan diri untuk menyusun teks
secara mandiri. |
Penutup 20. Peserta didik menyimpulkan materi
yang telah dipelajari 21. Peserta didik melaksanakan
penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik. 22. Peserta didik saling memberikan
umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 23. Pendidik menutup pembelajaran
dengan ucapan salam |
Kegiatan penutup merupakan refleksi guru dan peserta
didik terhadap proses dan hasil pembelajaran se-bagai upaya pe-ningkatan mutu
berkelanjutan |
H. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a. Penilaian Sikap
1) Teknik :
Pengamatan sikap dan jurnal
2) Bentuk :
Lembar pengamatan dan catatan
3) Instrumen :
Contoh terlampir
b. Penilaian
Pengetahuan
1) Teknik :
Tes tertulis
2) Bentuk :
Uraian
3) Instrumen :
Terlampir
2. Pertemuan ketiga
a. Penilaian Sikap
1) Teknik :
Pengamatan sikap dan jurnal
2) Bentuk :
Skala penilaian
3) Instrumen :
Contoh terlampir
b. Penilaian
Keterampilan
1) Teknik :
Tertulis
2) Bentuk :
Produk
3) Instrumen :
Terlampir
Lampiran
1 Materi
STRUKTUR PEMBANGUN PUISI
Seperti karya sastra
lainnya, puii mempunyai struktur-struktur dan unsur yang
membangunnya. Secara garis besar, unsur-unsur puisi
terbagi dalam dua macam, yakni struktur fisik dan struktur batin.
A. Struktur fisik
puisi merupakan unsur-unsur puisi yang tampak dari penulisan kata-katanya.
Struktur fisik puisi meliputi beberapa hal berikut ini.
1. Tipografi(tata
wajah)
Tipografi menjadi
pembeda antara puisi dengan prosa atau drama. Larik-larik dalam puisi tidak
membentuk paragraph, melainkan membentuk bait. Dalam puisi kontemporer seperti
karya Sutardji Coulzoum Bachri, tipografi itu dipandang begitu
penting, sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.
2. Diksi
Diksi disebut juga
pilihan kata. Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil pemilihan
yang sangat cermat. Kata-katanya merupakan hasil pertimbangan, baik itu makna,
susunan bunyi, maupum hubungan kata itu dengan kata lain dalam baris dan
baitnya. Kata-kata yang terdapat dalam puisi bersifat konotatif da nada
pula kata-kata yang berlambang. Makna kata-kata itu
mungkin lebih dari satu. Kata-kata yang dipilih hendaknya bersifat
puitis yang mempunyai efek keindahan.
3. Imaji
Imaji sering juga
disebut citraan. Untuk membuat (lebih) hidup gambaran dalam
pikiran dan juga untuk menarik perhatian, penyair juga menggunakan
gambaran-gambaran angan disamping alat kepuitisan yang lain. Gambaran angan
dalam dalam sajak itu disebut citraan. Dengan kata-kata yang
digunakan penyair, pembaca seolah-olah:
a. Mendengar
suara(imaji auditif)
b. Melihat
benda-benda(imaji visual), atau
c. Meraba dan
menyentuh benda-benda(inajinasi taktil)
4. Kata konkret
Puisi harus
menggunakan kata konkret atau jelas. Jika penyair mahir memperkonkret
kata-kata, maka pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasa apa yang
dilukiskan penyair
5. Bahasa figuratis\f
Bahasa figurative
disebut juga majas atau bahasa kiasan. Bahasa figurative atau majas
bertujuan untuk mempersamakan ataupun membandingkan sesuatu dengan hal lain. Jenis-jenis
majas tersebut antara lain:
a. Perbandingan
langsung(simile)
b. Metafora
c. Perumpamaan
d. personifikasi, dsb.
6. Verifikasi (rima,
ritme, metrum)
Rima adalah
pengulangan bunyi pada puisi
Ritme dan metrum
merupakan bagian dari irama
Ritme adalah irama
yang disebabkan pertentangan atau pergantian bunyi tinggi rendah
secara teratur.
Metrum adalah irama
yang tetap.,artinya pergantiannya sudah tetap menurut pola tertentu.
B. Struktur batin
Struktur batin
puisi meliputi unsur yang tidak tampak secara langsung dari penulisan
kata-katanya. Struktur batin puisi adalah sebagai berikut:
1. Tema
Tema merupakan
gagasan pokok yang yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema itulah yang
menjadi kerangka pengembangan puisi.
2. Feeling
Feeling sering
disebut perasaan penyair. Jadi puisi merupakan karya sastra yang paling
mewakili ekspresi perasaan penyair. Ekspresi tersebut bias berupa kerinduan,
kegelisahan, pengaguman dsb.
3. Nada
Nada puisi
merupakan sikap penyair kepada pembaca. Sikap ini bias mengurui, menasihati,
mengejek, menyindir, atau hanya menceritakan sesuatu pada pembaca.
C. Amanat
Amanat merupakan
hal yang mendorong penyair menciptakan puisinya. Amanat dapat ditelaah setelah
kita memahami tema, rasa, dan nada puisi tersebut.
Lampiran 2
Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama
Penilaian Sikap
No |
Waktu |
Nama |
Kejadian/Perilaku |
Butir Sikap |
Pos/Neg |
Tindak Lanjut |
1. |
3/5/2017 |
Tomi |
Tidak
mau mengerjakan tugas dan mengganggu teman yang sedang bekerja |
Tanggung jawab, disiplin |
- |
- Dipanggil untuk
diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya. - Dilakukan
pembinaan. |
2. |
3/5/2017 |
Astuti |
Sangat
aktif dalam diskusi dan rajin membantu teman yang kurang paham terhadap
materi pelajaran |
Kerja
sama, proaktif |
+ |
Diberikan
apresiasi/pujian |
dst |
… |
… |
… |
… |
… |
… |
Penilaian
Pengetahuan
Kisi-kisi
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
No. Soal |
Bentuk Soal |
Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan
memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa
figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi
(tema, feeling, nada, dan amanat |
Struktur
fisik dan struktur batin puisi |
Disajikan
sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar”, dan “Di Pengasingan”peserta
didik menentukan menidentifikasi tema dari puisi tersebut. |
1 |
Uraian |
|
1. |
Disajikan
sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta
didik dapat mengidentifikasi struktur fisik dan struktur
batin dengan benar. |
2 |
Uraian |
||
2. |
Disajikan
sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta
didik dapat membandingkan struktur fisik dan struktur batin puisi dengan
benar. |
3 |
Uraian |
Soal evaluasi
Bacalah dengan
cermat puisi berikut ini!
Syair Orang Lapar
Lapar menyerang
desaku
Kentang dipanggang
kemarau
Surat orang
kampungku
Kuguratkan kertas
Risau
Lapaar lautan
pidato
Ranah dipanggang
kemarau
Ketika berduyun
mengemis
Kesinikan hatimu
Kuiris
Lapar di
Gunungkidul
Mayat dipanggang
kemarau
Berjajar masuk
kubur
Kuulang jua
Kalau
Di Pengasingan
Iman Budi Santosa
Sejak dulu, di pengasingan, aku selalu
menyanyikan lagu
Diiringi bunyi kegelapan yang menyuarakan luka
waktu
Liriknya tentang kemerdekaan yang menghilangkan
ragu
Terdendang bersama belenggu kelabu pada
kesendirianku
Sebenarnya, aku tak sendirian, ada gelisah yang
menemani
Juga dengung kenangan yang terdengar sendu
sekali
Menambah merdu alunan lagu yang kunyanyikan
Hingga bertabuhan air mata yang berlinang
Seringkali, sambil menyanyi, aku merindukan
mentari
Ia selalu tersenyum padaku saat datangnya hari
Dan mengecupku dengan embun-embun puisi
Di pengasingan, mentari diusir hingga pergi
Seharusnya, dengan sadar, aku tak boleh menyanyi
Di pengasingan, ada peraturan “dilarang
menyanyi”
Bila melanggar, sepi akan menghukum dengan keji
Atas undang-undang fana berlandaskan lara hati
Sayang sekali, aku tak peduli, walau aku selalu
dihukum
Biar langit jiwaku membasah, agar hujan kasih
kian turun
Berharap membanjiri pengasingan hingga luluh dan
runtuh
Walau perjuangan telah mengorbankan hakikat
tubuh
(6 September 2009 18:04 WIB)
Kerjakanlah soal-soal
berikut!
1. Identifikasikan
unsur fisik dan unsur batin puisi di atas!
2. Analisislah puisi
di atas berdasarkan struktur fisik dan struktur batinnya!
Pedoman Penilaian
Jawaban |
Skor |
Mengidentifikasi
struktur fisik dan struktur batin puisi a. Menentukan tema
puisi b. Menentukan struktur
fisik dan batin puisi dengan lengkap c. Menentukan strutur
fisik dan batin kurang lengkap d. Menentukan salah
satu struktur saja/dua struktur tetapi kurang lengkap e. Tidak mampu
menentukan struktur fisik maupun batin |
1 9 7 3 0 |
Membandingkan
struktur fisik dan struktur batin dua buah puisi a. Menemukan
persamaan struktur fisik puisi b. Menemukan
persamaan struktur batin puisi c. Menemukan
persamaan struktur fisik puisi d. Menemukan
persamaan struktur batin puisi e. Tidak menemukan
persamaan dan perbedaan struktur fisik dan struktur batin puisi |
10 10 10 10 0 |
Jumlah Skor |
60 |
2. Pertemuan Kedua
Penilaian Sikap
No |
Waktu |
Nama |
Kejadian/Perilaku |
Butir Sikap |
Pos/Neg |
Tindak Lanjut |
1. |
5/5/2017 |
Arinta |
Tidak
mau berperan serta menulis puisi dan mengganggu teman |
Tanggung jawab, disiplin |
- |
- Dipanggil untuk
diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya. - Dilakukan
pembinaan. |
2. |
5/5/2017 |
Pandu |
Membantu
dengan penuh semangat rekan-rekannya dalam kegiatan Jumat Bersih; menanam
bunga, membuat pot dari botol minuman bekas, dan mengangkat tanaman dalam
pot-pot kecil dari lt 1 ke lt 4. |
Gotong
royong dan tanggung jawab |
+ |
Diberikan
apresiasi/pujian |
dst |
…… |
….. |
…….. |
…… |
….. |
…… |
Format observasi
diskusi kelompok
Nama Kelompok:
Chairil Anwar
No |
Nama |
Gagasan |
Tema |
Diksi yang digunakan |
Rima |
||||
Y |
T |
Y |
T |
Y |
T |
Y |
T |
||
1. |
Fanny |
Ö |
Ö |
Ö |
Ö |
||||
2. |
Rani |
Ö |
Ö |
Ö |
Ö |
||||
3. |
Keterangan :
Diisi tanda cek (Ö); Y
= ya/benar/tepat. T = tidak tepat
Hasil observasi ini
dimaksudkan untuk melihat kelemahan maupun kekuatan penguasaan kompetensi
pengetahuan dan memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada
indikator-indikator yang belum muncul.
Kompetensi
Dasar :
4.8.1 menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan
struktur fisik dan struktur batin
Indikator
soal : Peserta
didik dapat menulis sebuah puisi dengan memerhatikan struktur fisik dan
struktur batin
Instrumen :
1. Buatlah sebuah puisi dengan memilih salah satu tema berikut!
a. sosial
b. budaya
c. kemanusiaan
Rubrik penilaian
menulis
Kriteria |
Skor |
Indikator |
Diksi
(pilihan kata) |
5 3 |
a. Pilihan kata yang
digunakan tepat b. Pilihan kata yang
digunakan kurang tepat |
Imaji
/citraan |
5 2 |
a. Pencitraan menimbulkan
imajinasi tinggi b. Pencitraan kurang
mendukung imaji |
Majas
/metafor |
5 3 1 |
a. Penggunaan
majas/metafor tepat b. Penggunaan
majas/metafor kurang tepat c. Tanpa menggunakan
majas/metafor |
Verifikasi |
5 3 |
a. Terdapat permainan
bunyi b. Permainan bunyi
tidak |
Tema |
5 3 |
a. Kalimat mendukung
tema b. Kalimat tidak
mendukung tema |
Amanat |
5 3 |
a. Amanat yang
disampaikan jelas b. Amanat yang
disampaikan tidak jelas |
Total
skor |
30 |
Contoh pengisian
format penilaian menulis
No. |
Nama |
Diksi |
Imaji |
Majas |
Verifikasi |
Tema |
Amanat |
Jumlah Skor |
Nilai Akhir |
1. |
Rina |
5 |
5 |
3 |
3 |
5 |
3 |
24 |
80 |
… |
… |
… |
… |
… |
… |
… |
Keterangan :
Ø Skor maksimal = jumlah skor tertinggi setiap kriteria
Pada contoh di atas, skor maksimal = 1 + 2 + 2 = 5
Jumlah
soal perolehan
Ø Nilai unjuk kerja
= x
100
Jumlah
skor maksimal
24
Ø Pada contoh di atas nilai unjuk kerja
Rina = x 100 = 80
30
UNDUH FILE KLIK
CONTOH 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah |
: SMA |
Mata Pelajaran |
: Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kelas/Semester |
: X1/Ganjil |
Materi Pokok |
:Teks Prosedur |
Alokasi Waktu |
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K3 |
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah |
K4 |
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 |
|
3.1 Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 3.1.1 menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan 3.1.2 menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 |
|
4.1 Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
Indikator
Pencapaian Kompetensi 4.1.1 mengungkapkan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan. 4.1.2 menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan. |
C. Tujuan pembelajaran
(1) Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan
pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK)
(2) Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan
pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan
penugasan, peserta didik terampil mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif. (PPK)
D. Materi
Struktur teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
E. Pendekatan, Metode dan Model
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active
Learning
3. Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan
Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar
:
a. Buku Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas XI, Kementerian
dan Kebudayaan Tahun 2017.
b. Internet
c. Video
d. Buku/ sumber lain yang relevan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal |
1. Peserta didik merespon salam tanda
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik
menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. (PPK) 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang
akan dipelajari,metode
dan media, langkah pembelajaran dan penilaianpembelajaran |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati dua contoh
teks prosedur(Literasi) 2. Peserta didik mengidentifikasi dua
contoh teks prosedur bersama-sama Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab
tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur 2. Peserta didik memberi komentar
terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur Menalar 1. Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang). (4C=Collaboration) 2. Peserta didik secara berdiskusi
mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur. 3. Peserta didik secara berkelompok
mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menentukan
dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang
dipilih. (4C=Critical thinking) 2. Peserta didik mencoba menentukan
dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih. 3. Peserta didik mencoba menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.(4C=Creatuvity) Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan hasil kerjanya.(4C= Communication) 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. (HOTS) 2. Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
10 menit |
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal |
1. Peserta didik merespon salam tanda
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan
dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik
menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan. 5. Pesertadidikmenerimainformasitentanghal-halyang
akandipelajari,metode
dan media, langkahpembelajarandanpenilaian pembelajaran |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Mengamati 1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah
membuat slime”. 2. Peserta didik mengidentifikasi
video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Menanya 1. Peserta didik bertanya jawab
tentang video “langkah-langkah membuat slime”. 2. Peserta didik memberi komentar
terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan
tahapan-tahapan. Menalar 1. Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik berdiskusi untuk
mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dalam video. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok
mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan
memperhatikan intonasi dan lainnya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya. |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
Kegiatan guru
bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan tugas kepada peserta didik
untukmembawa contoh lain dari teks
prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,
yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. |
10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : TesTertulis
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembarpengamatanaktivitaspesertadidik
b. Tes
tertulis :uraian
danlembarkerja
c. Unjuk
kerja :lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor
sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali
dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis
kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang
mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
……….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ……………, Guru
Mata Pelajaran,
........................................
NIP. NIP.
LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi
perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon
pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang
ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya
jawab antara pewawancara dengan
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus
berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau
lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat
kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat
kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu
keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan
pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya
menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk
memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu
sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan
nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan
menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa.
Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata
penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya,
akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal
maupun nonverbal. Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan
negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari
kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada
saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah
mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita
diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi
yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau
rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri
sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi
diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu
yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data
yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data
tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita
sendiri dengan tepat.
Pewawancara
biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir
wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa
ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar,
kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif
dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah
nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat
menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada
perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan
tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal
gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas
kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus
logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik
saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan
oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan
pengubahan).
B. Pengertian
Teks prosedur adalah Teks
yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam
melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan
baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi untuk
menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan
suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat
terlaksana dengan baik.
D. Struktur Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan
tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud
berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca
terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu
dijalankan dengan baik (paragraf 10)
(Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk
kelas XI SMA/SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2017)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak menggunakan kata-kata kerja
perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan
partikel –lah.
Bentuk dasar |
Imbuhan/Partikel |
Bentukan Kata |
perhati |
-kan |
perhatikan |
pasti |
-kan |
pastikan |
tunjuk |
-kan |
tunjukkan |
cerita |
-kan |
ceritakan |
hindar |
-i |
hindari |
jadi |
-lah |
jadilah |
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis
yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan
digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk
ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan
pendidikan : SMA …….
Tahun
pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia– Wajib
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
2 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
........, Juni
2018
Mengetahui,
Kepala SMA ………., Guru
Mata Pelajaran,
…………. ……………….
NIP NIP.
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ……… |
|
Mata Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia - Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
3.1.2 |
Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
Jawablah
pertanyaan berikut! |
|
1. |
Mengapa
bagian atas dinamakan “penjelasan umum”? |
2. |
Apakah
tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas? |
3. |
Apakah
perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya? |
4. |
Dari isinya,
menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut? |
5. |
Bagaimana
karakteristik umum dari teks prosedur? |
6. |
Berdasarkan
isinya, apa fungsi teks prosedur i |
7. |
Kemukakanlah
sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah! |
Jawablah
pertanyaan berikut! |
|
1. |
Bacalah
kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan
komputer”dan “cara mematikan komputer”!
manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan
tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan? |
2. |
Carilah
bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah
langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu memahami
makna langkah-langkah tersebut! |
….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ……………, Guru
Mata Pelajaran,
…………………………… ………………...
NIP………………………. NIP.
INSTRUMEN PENUGASAN2
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ………… |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
Indikator |
: |
4.1.1 |
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan |
4.1.2 |
Menuliskan
pernyataan umum dan tahapan |
||
Materi |
: |
Teks Prosedur |
Contoh Tugas:
1.
Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!
2. Dari isinya menjelaskan tentang
apakah teks prosedur itu? 3. Temukan kata kerja imperatif pada
teks prosedur di atas! 4. Temukan enam konjungsi pada teks
prosedur tersebut! 5. Temukan pernyataan persuasif pada
teks prosedur di atas! 6. Berikanlah tanggapan dengan bahasamu
sendiri pada teks tersebut? 7. Tuliskan kembali isi teks prosedur
tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas! |
…………, Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ………….., Guru
Mata Pelajaran,
……………. ………………….
NIP............... NIP.
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta
didik/kelompok :
…………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal
Pengumpulan :
...............................................................
No |
Kategori |
Skor |
Alasan |
1. |
1. Apakahteks prosedur yang ditulis lengkap? |
||
2. |
3. Apakaht
erdapat uraian tentangstruktur
prosedur? |
||
3. |
Apakah bahasa
yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai
dengan Ekaidah PUEBI? |
||
4. |
Apakah terdapat pernyataan umum? |
||
5. |
Apakah terdapat tahapan-tahapan? |
||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangatbaik,
4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
…….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA …., Guru
Mata Pelajaran,
…………
...............
NIP…………… NIP.
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA …………….. |
|
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
|
Kelas |
: |
XI |
|
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
3.1.2 |
Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan |
Tes Tertulis
Disediakan dua
teks prosedur
1. Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut
3. Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah teks prosedur dengan
memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan
dalam teks prosedur!
2. Buatlah rancangan teks prosedur
dengan memuat pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu
dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik
mengidentifikasi isi teks prosedur dengan sangat
tepat |
4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantepat |
3 |
|
b. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan kurangtepat |
2 |
|
c. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantidaktepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Peserta
didik menulis tahapan teks
prosedur sangat tepat |
4 |
a. Peserta didik menulis tahapan teks
prosedur tepat |
3 |
|
b. Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat |
2 |
|
c. Peserta didik menulis tahapan teks
prosedur tidak tepat |
1 |
|
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Pesertadidik mengemukakan komentar dengan sangat tepat |
4 |
a. Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tepat |
3 |
|
b. Pesertadidik mengemukakan komentar dengan kurangtepat |
2 |
|
c
Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tidaktepat |
1 |
………, Juni 2018
Mengetahui,
Kepala ……………, Guru
Mata Pelajaran,
…………. ……………
NIP………….. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA ………… |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
||
Kelas |
: |
XI |
||
Materi |
: |
Menganalisis
dan memerankan dialog prosedur |
||
Kompetensi
dasar |
: |
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
|
Indikator |
: |
4.1.1 |
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara
lisan. |
|
4.1.2 |
Menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah teksprosedur dengan
memperhatikan pernyataan
umum dan tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah teks tersebut sesuai
dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Rubrik Penilaian
Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1 |
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan
tahapan-tahapannyasangat sesuai
isi teks |
4 |
a.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan
tahapan-tahapannya sesuai isi teks |
3 |
|
b.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan
tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks |
2 |
|
c.
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikanpernyataan umum dan
tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks |
1 |
|
2 |
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum
dan tahapan-tahapan teks prosedur sangat lengkap dan sangat sesuai
dengan topik |
4 |
a.
Peserta mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur lengkapdansesuaidengantopik |
3 |
|
b.
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks
prosedur kurang
lengkap dan kurang dengantopik |
2 |
|
c
Peserta mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur tidak lengkap dan tidak sesuai isi
teks |
1 |
……., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala …………., Guru
Mata Pelajaran,
…………. . …………………….
NIP……….. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan |
: |
SMA …………… |
||
Mata
Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia – Wajib |
||
Kelas |
: |
XI |
||
Materi |
: |
Menganalisis
Teks prosedur |
||
Kompetensi
dasar |
: |
3.1 |
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
|
4.1 |
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
|||
Indikator |
: |
3.1.1 |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
|
3.1.2 |
Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan |
|||
4.1.1 |
Mengungkapkan
pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan. |
|||
4.1.2 |
Menuliskan
pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
Tugas I
1. Simpan setiap tugas yang diberikan ke
dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan
kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap tugas yang
telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan tugas adalah di
pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI |
SKOR MAKSIMAL |
Peserta
didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas
dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu |
4 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu |
3 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu |
2 |
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu |
1 |
Peserta
didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah
mengumpulkan tugas |
0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis
Tugas :
Kelas :
Semester/ Tahun
Pelajaran : 1/ 2018/2019
No |
Nama Peserta didik |
Tugas KD |
Nilai |
Tanda Tangan |
Ket. (Tgl Pengumpulan) |
|
Peserta Didik |
Guru |
|||||
……….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA
, Guru
Mata Pelajaran,
…………. ………………
NIP.............. NIP.
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan |
C4 |
Uraian |
1 |
2 |
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatan |
C5 |
uraian |
2 |
|
3 |
4.1Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis |
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
secara lisan. |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur
peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
secara lisan. |
C2 |
uraian |
3 |
4 |
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan |
XI/1 |
Disajikan teks prosedur
peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan. |
C5 |
uraian |
4 |
|
5 |
Mengomentari teks prosedur |
XI/1 |
Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap
pertanyaan teks prosedur dengan benar |
C2 |
uraian |
5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar |
: |
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur |
Materi |
: |
Teks
prosedur |
Indikator
Soal Nomor 1 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar |
Indikator
Soal Nomor 2 |
: |
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan
suatu kegiatandengan benar |
Indikator
Soal Nomor 3 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara
lisan dengan jelas. |
Indikator
Soal Nomor 4 |
: |
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar. |
Indikator
Soal Nomor 5 |
: |
Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap
pertanyaan teks prosedurdengan benar |
CONTOH 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Sekolah :
SMA
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/
Gasal
Materi
pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi
waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD) |
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan
tulis. |
3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi 3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan
dalam teks laporan hasil observasi |
4.1 Menginterpretasi isi
teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun
tulis. |
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi 4.1.2 Mempresentasikan hasil
ringkasanteks laporan hasil
observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
: melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model pembelajaran discovery learning peserta
didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan
ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu,
kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses
pembelajaran.
Pertemuan 2
: melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan diskusi dan penugasan, peserta didik terampil menyusun
ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil
observasiberdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil
observasi dengan
rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif.
D. Materi Pembelajaran
Materi
pembelajaran pertemuan 1
a. Teks laporan hasil observasi
b. Isi teks laporan hasil
observasi
c. Ciri-ciri kebahasaan dalam
teks laporan hasil observasi
1. Kata serta frasa verba dan
nomina
2. Afiksasi
3. Kalimat definisi dan
deskriptif
4. Kalimat simpleks dan
kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan
Model Pembelajaran
Pendekatan :
Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model :
discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan
(pertemuan 2)
Metode :
penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
1. Pendahuluan |
1. Peserta didik merespon salam dan
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK) 2. Peserta didik merespon apersepsi yang
disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar
lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon
pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal
menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang
harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar
tersebut?” 3. Peserta didik menerima informasi
tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan
dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi. |
10 menit |
2. INTI |
Discovery 1. Stimulasi ( pemberian rangsangan) a. Peserta didik membaca teks Laporan
Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa). (Literasi) b. Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang. 2. Identifikasi Masalah Peserta didik
menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang
akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu 1. Isi pokok teks laporan hasil
observasi 2. Ciri kebahasaan teks laporan hasil
observasi 3. Pengumpulan data Peserta didik
berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi
serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. (4C=
Collaborative) 4. Pengolahan data a. Peserta didik mendiskusikan isi pokok
yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi b. Peserta didik mendiskusikan ciri
kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi (Critical
Thinking) 5. Pemeriksaan data a. Dua kelompok secara bergantian
melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain
tentang isi pokok teks laporan hasil observasi (4C=Communicative) b. Dua kelompok secara bergantian
melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain
tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi 6. Penarikan kesimpulan Di bawah
bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan: a. Isi teks laporan hasil observasi b. Ciri-ciri kebahasaan teks laporan
hasil observasi |
70 menit |
3. Penutup |
Kegiatan
pendidik bersama peserta didik yaitu : a. Memberi penghargaan
kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai
jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim. b. Menjelaskan rencana pembelajaran
berikutnya. |
10 menit |
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
Alokasi waktu |
1. Pendahuluan |
1. Peserta didik merespon salam dan
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang
disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang
kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks
Laporan hasil observasi. 3. Peserta didik menerima informasi
tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan
dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini. |
10 menit |
2. Inti |
1. Pendidik dengan rasa ingin tahu
membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman
16 di buku Siswa. 2. Peserta didik dikelompokkan menjadi
beebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap
siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara
mandiri. (Creatuvity) 3. Secara bergantian setiap
siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok
masing-masing. 4. Siswa lain menilai temannyadengan
mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru 5. Setiap kelompok memilih ringkasan
yang terbaik 6. Siswa yang ringkasannya menjadi
ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan
kelas. |
70 menit |
Penutup |
Kegiatan
peserta didik bersama pendidik, yaitu: a. Membuat kesimpulan bersama-sama
tentang cara membuat ringkasan yang benar b. Mengingatkan tentang pembelajaran di
hari berikutnya. |
10 menit |
G. Penilaian (HOTS)
1. Kompetensi
keagamaan dan sosial
a. Teknik
penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk :
catatan hasil observasi
c. Instrumen :
jurnal (terlampir)
2. Kompetensi
Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : tugas individu dan
tugas kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen
penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi
Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui
remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas
dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3
kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk
membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang
ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah
mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai
nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
3. Sumber Belajar :
a. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK
Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
b. Internet
………….
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan
pendidikan : SMA
Tahun
pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
X / 1
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia– Wajib
NO |
WAKTU |
NAMA |
KEJADIAN/ PERILAKU |
BUTIR SIKAP |
POS/ NEG |
TINDAK LANJUT |
1 |
||||||
2 |
||||||
3 |
||||||
4 |
||||||
5 |
||||||
6 |
||||||
7 |
||||||
8 |
||||||
9 |
||||||
10 |
||||||
11 |
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas :
X IPA-IPS
Kompetensi
Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1Menentukan
isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan
ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan
hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam
teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan
nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan
deskriptif
d. Kalimat simpleks dan
kalimat kompleks
Petunjuk
: Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di
bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks
laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan
hasil observasi di atas dengan menggunakan bagan berikut!
No |
Hal |
Pengertian |
Contoh |
1 |
Nomina |
Kata : Frasa: |
|
2 |
Verba |
Kata: Frasa: |
|
3 |
Kalimat
definisi dan kalimat deskripsi |
||
4 |
Kalimat
simpleks |
||
5 |
Kalimat
kompleks |
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
Nama
kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No
soal |
Deskripsi |
Skor |
Skor
maksimal |
1a |
Menjawab dengan benar
disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat |
5 |
||
1b |
Menjawab dengan benar
disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat |
5 |
||
1c |
Menjawab dengan benar
disertai 3 contoh. |
10 |
10 |
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh |
5 |
||
Menjawab
dengan benar disertai 1 contoh |
3 |
||
1d |
Menjawab
dengan benar disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
hampir benar dengan alasan yang kurang tepat . |
5 |
||
2 |
Menjawab
dengan benar disertai alasan yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
kurang benar disertai alasan yang kurang tepat |
5 |
||
3.1 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.2 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.3 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.4 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
3.5 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat |
10 |
10 |
Menjawab
dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat |
5 |
||
Menjawab
dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang
tidak tepat |
3 |
||
Total |
100 |
Kunci
1.a. wayang
adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya
asli Indonesia
1.b.fungsi
pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media
hiburan.
1. c.
Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang
kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang
suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang
terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks
tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis
berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan
yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No |
Hal |
Pengertian |
Contoh |
1 |
Nomina |
Nomina adalah
kata benda Kata adalah
satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas Frasa adalah
unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif |
Kata : wayang Frasa: wayang
orang |
2 |
Verba |
Verba adalah
kata kerja |
Kata: adalah Frasa: sudah
membagi |
3 |
Kalimat
definisi |
Kalimat yang
menggunakan verba definitif |
Wayang adalah
seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia |
Kalimat
simpleks |
Kalimat yang
menggunakan verba deskriptif |
Wayang ini
terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan
wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah
sedemikian rupa dengan nama cempurit |
|
4 |
Kalimat
kompleks |
Kalimat yang
memiliki dua atau lebih kompleks |
Dalam budaya
modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik |
5 |
Kalimat
simpleks |
Kalimat yang
hanya memiliki satu klausa |
Kelelawar
merupakan hewan unik |
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas :
X IPA-IPS
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
Indikator
pencapaian kompetensi :
4.1.3 Menyusun ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
4.1.4 Mempresentasikan hasil
ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi
Materi
: ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil
observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil
ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas :
X IPA-IPS
Kompetensi
dasar :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator
pencapaian kompetensi :
4.1.5 Menyusun ringkasan teks laporan hasil
observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi
4.1.6 Mempresentasikan hasil
ringkasan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi
Materi
: ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik
penilaian presentasi ringkasan
No |
Nama |
Aspek penilaian |
Total nilai |
||
kelancaran |
Kelengkapan
informasi |
Kebenaran isi |
|||
1 |
|||||
2 |
|||||
3 |
|||||
4 |
Aspek
penilaian |
kriteria |
Rentang skor |
Skor maksimal |
Kelancaran |
Sangat lancar
menyamapiakn isi teks |
85-100 |
100 |
Cukup lancar
menyampaikan isi teks |
70-84 |
||
Kurang lancar
menyampaikan isi teks |
55-69 |
||
Tidak lancar
menyampaikan isi teks |
54-40 |
||
Kelangkapan informasi |
Isi teks yang
disampaikan sangat lengkap |
85-100 |
100 |
Isi teks yang
disampaikan sedikit kurang lengkap |
70-84 |
||
Hanya separuh
isi teks yang disampaikan |
55-69 |
||
Isi teks yang
disampaikan hanya sedikit |
54-40 |
||
Kebenaran isi |
Isi teks yang
disampaikan benar semua |
85-100 |
100 |
Isi teks yang
disampaikan sebagaian besar benar |
70-84 |
||
Isi teks yang
disampaikan separuh yang benar |
55-69 |
||
Isi teks yang
disampaikan sebagian besar salah |
54-40 |
||
Total |
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1
(satu)
Kurikulum : 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis |
Menentukan isi
pokok laporan hasil observasi |
X/1 |
Disajikan tekslaporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan isi pokok laporan hasil observasi |
C4 (menganalisis) |
Uraian |
1 |
Menentukan
ciri kebahasaan teks laporan hasill observasi |
X/1 |
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapatmenentukan ciri kebahasaan teks
laporan hasil observasi |
C4 (menganalisis) |
uraian |
2 |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1
(satu)
Kurikulum : 2013
Nomor |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Kelas/ Semester |
Indikator Soal |
LevelKeterampilan |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulisan |
Isi pokok
laporan hasil observasi |
X/1 |
Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan gagasan utama tiap
paragraf |
P3;
Presisi Menunjukkan |
Uraian |
3 |
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik
mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi
sebuah ringkasan |
P5:
naturalisasi Mendesain |
uraian |
4 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar