Senin, 17 Agustus 2020

Pengetahuan persuratan

 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Atambua

Silahkan kunjungi alamat berikut sebelum menulis surat lamaran kerja untuk kantor di atas!

https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/atambua/

Sejarah

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau disingkat dengan KPPN merupakan ujung tombak pelayanan publik yang menjalankan fungsi sebagai Bendahara Umum Negara. KPPN Atambua adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada dalam Wilayah Kerja Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

KPPN Atambua secara resmi beroperasi sejak tanggal 1 September 2003. Pada saat itu masih bernama Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) di bawah Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Latar belakang pembentukan KPPN Atambua karena semakin besarnya volume kerja KPPN Kupang selaku KPPN Induk, sehingga diperlukan pembentukan kantor baru untuk 17 mendekatkan pelayanan pada masyarakat dan mendukung perkembangan perekonomian di daerah.

Saat pertama kali beroperasi, KPPN Atambua menempati gedung kantor pinjaman dari Pemerintah Daerah Kab. Belu di Jalan Basuki Rahmat, samping Gedung DPRD Kabupaten Belu. Kantor tersebut cukup sempit dan tidak memadai untuk mendukung pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat. Akhirnya setelah 3 tahun beroperasi, tepatnya pada tahun 2006 KPPN Atambua telah memiliki gedung kantor sendiri di Jalan Diponegoro yang lebih memadai untuk aktifitas pekerjaan dan memiliki ruangan kantor yang lebih besar dari sebelumnya. Peresmian kantor pada tanggal 30 September 2006 dillakukan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan saat itu, Bapak Mulia P. Nasution.

Seiring dengan reformasi birokrasi di Departemen Keuangan maka terhitung 5 Oktober 2009 KPPN Atambua mulai menerapkan sistem kerja/SOP KPPN Percontohan. Penerapan SOP KPPN Percontohan in diharapkan akan meningkatkan pelayanan publik oleh KPPN, khususnya terkait dengan pencairan dana APBN yang dapat diproses cepat, tepat, serta tanpa biaya (no cost).


Baca juga informasi berikut sebagai bekal menulis surat lamaran kerja!

Bergabung Bersama Kami Membangun Bangsa

Bergabung dengan Kementerian Keuangan, yang merupakan jantungnya Pemerintahan saat ini merupakan kesempatan besar bagi para generasi muda untuk bersama mengawal pembangunan nasional dan reformasi birokrasi. Kementerian Keuangan membutuhkan anak-anak muda yang berkompetensi tinggi sekaligus berintegritas tinggi untuk bergabung bersama membangun bangsa serta melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan.

Setiap melaksanakan rekrutmen, Kementerian Keuangan menggunakan Sistem Sel, yaitu dengan membentuk beberapa tim kerja yang melaksanakan setiap tahapan seleksi secara terpisah dan bertanggungjawab langsung kepada Ketua Panitia Pusat Rekrutmen. Sistem Sel dibentuk untuk menghindari adanya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dalam pelaksanaan rekrutmen. Proses rekrutmen di Kementerian Keuangan yang dilaksanakan selalu menggunakan prinsip transparan, obyektif, kompetitif, akuntabel, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, tidak diskriminatif, efektif dan efisien. 

Informasi mengenai rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan dapat diakses pada situs: https://rekrutmen.kemenkeu.go.id



Pengetahuan Bahasa

 

Tanah Persawahan Membutuhkan Tenaga Ahli

(sebelum menulis surat lamaran pekerjaan tentang sawah, baca dengan cermat teks berikut ini!) 

oleh : Muh Hasyim


Pengertian Sawah

Sawah adalah  tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata airsungai atau air hujan. Sawah yang terakhir dikenal sebagai sawah tadah hujan, sementara yang lainnya adalah sawah irigasi. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice).

Pada lahan yang berkemiringan tinggi, sawah dicetak berteras atau lebih dikenal terasiring atau sengkedan untuk menghindari erosi dan menahan air. Sawah berteras banyak terdapat di lereng-lereng bukit atau gunung di Jawa dan Bali.

Sebuah studi yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menemukan bahwa semua jenis padi yang dibudidayakan saat ini, baik dari spesies indica maupun japonica, berasal dari satu spesies padi liar Oryza rufipogon yang ada pada tahun 8200 tahun hingga 13500 tahun yang lalu di China. Padi sawah dibudidayakan di berbagai negara seperti BangladeshChinaFilipinaIndiaIndonesiaIranJepangKambojaKorea SelatanKorea UtaraLaosMalaysiaMyanmarNepalPakistanSri LankaTaiwanThailand, dan Vietnam. Padi sawah juga ditanam di Eropa seperti di Piedmont (Italia) dan Camargue (Prancis).

Sawah merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun. Sebuah studi menunjukan dengan mengeringkan sawah untuk sementara sambil mengaerasikan tanah bermanfaat untuk mengganggu emisi gas metana dan juga meningkatkan hasil padi.

Sejarah Sawah

Para pakar arkeologi sepakat bahwa pembudidayaan di lahan basah berawal di China. Bukti keberadaan sawah padi pertama ditemukan bertanggal 6280 tahun yang lalu berdasarkan penanggalan karbon dari biji padi dan materi organik tanah yang ditemukan di situs Chaodun di Kushan County. Di sebuah situs Neolitik di Caoxieshan, arkeologis melakukan penggalian dan menemukan sebuah lokasi yang dipercaya dulunya merupakan sawah. Diperkirakan situs di Caoxieshan bertanggal 4000 hingga 3000 SM. Selain itu, terdapat 10 lokasi arkeologi yang terkait dengan sawah di Korea. Dua diantaranya yang tertua berada di Okhyun dan Yaumdong, Ulsan, dibangun sejak Mumun pottery period. Terdapat bukti arkeologis pula bahwa beras (padi yang sudah dihilangkan sekamnya) disimpan untuk keperluan militer dan prosesi pemakaman sejak zaman Neolitik hingga Dinasti Han di China.

Ekosistem Sawah

Sawah sebagai ekosistem disebut oleh seorang ahli antropologi berkebangsaan Amerika SerikatGeertz yakni sawah sangat stabil atau tahan lama. Sawah dapat terus menghasilkan panenan yang boleh dikatakan tidak berkurang dari tahun ke tahun, bahkan sering dua kali setahun. Peranan air di dalam ekosistem sawah sangat berpengaruh terhadap dinamika kehidupan sawah. Di sini, karakter tanah tropis yang tipis diatasi dengan memasukkan zat hara ke sawah dengan air irigasi untuk menggantikan zat makanan yang diambil dari tanah; penyerapan nitrogen oleh ganggang hijau-biru yang berkembang biak dalam air hangat; pembusukan kimiawi bakteri dari bahan organik, termasuk sisa-sisa tanaman yang sudah dituai tertinggal dalam air; pengisian udara pada tanah dengan gerakan air sawah yang perlahan; dan tentu saja dengan fungsi-fungsi ekologis lainnya yang dilaksanakan oleh irigasi masih belum diketahui.

Lebih lanjut, pada ekosistem sawah terdapat komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik terdiri atas faktor edafik atau kesuburan tanah yang dilihat dari parameter Kapasitas Pertukaran Kation (KTK), kandungan bahan organik tanah, kandungan N total, P tersedia, dan K tersedia dalam tanah; dan faktor hidrologik yang dilihat dari parameter kedalaman genangan air sawah. Sedangkan komponen biotik ekosistem sawah dilihat dari parameter keragaman hayati, populasi hama dan musuh alaminya, serta pola interaksi yang terjadi di antara tanaman dan serangga herbivora, serta antara serangga hama dan musuh alaminya. 

Sejarah  Sawah di Bali Indonesia

Merujuk buku Tugas-tugas Parajuru Subak yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, disebutkan Subak telah ada di Bali sejak 882 M. Dalam Prasasti Sukawana terdapat kata ‘huma’ yang berarti sawah dan ‘parlak’ yang berarti tegalan atau ladang. Prasasti Bebetin dibuat 896 M juga memuat hal serupa. Inskripsi ini mencantumkan istilah ‘undagi pengarung’, yang artinya ialah tukang membuat terowongan air.

Masih dari kisaran abad ke-9, dalam Prasasti Turunyan ditemui kata “ser-danu” yang diduga berarti Kapala Urusan air danau. Dalam perkembangan selanjutnya, kata ‘ser’ inilah kemudian menjadi pekaseh, yaitu orang yang bertugas mengatur air dalam sistem Subak.

Sedangkan dari abad ke 11, Prasasti Batuan yang dibuat pada 1023 M telah disebut kata ‘sawah’. Kata ‘sawah’ juga tercantum pada Prasasti Tengkulak yang dibuat 1023 M, yaitu masa kekuasaan Sri Dharma Wangsa (1022 -1048) memerintah Bali. Di masa ini diduga sistem pengairan telah diatur dengan baik berdasarkan asas kebersamaan dan keadilan.

Pun bisa disimak Prasasti Pandak Badung, 1072 M. Kata subak berasal dari kata ‘suwak’, sedangkan wilayah Subak sendiri di masa lalu disebut ‘kasuwakan’. Dalam Prasasti Badung ini, untuk pertama kalinya muncul kata ‘kasuwakan’. Istilah ini pada perkembangannya kemudian berubah pelafalan jadi ‘kasubakan’ atau ‘subak’.

Sementara itu, UNESCO mendalilkan, sistem Subak di Bali ini berasal dari abad ke-10. Lanskap Subak Catur Angga Batukaru yang berlokasi di Desa Jatiluwih, yang pernah dikunjungi mantan Presiden AS itu, seturut pendapat UNESCO telah disebutkan dalam sebuah inskripsi prasasti yang berasal dari era tersebut.


Tenaga Ahli dan Langkah Mengolah Sawah

Petani merupakan profesi yang ada di sektor pertanian. Seorang petani bekerja mengelola tanah dengan menanam tanaman padi, buah-buahan, sayur-mayur, bunga, ataupun komoditi lainnya. Hasil panennya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para petani, bisa juga dijual pada orang lain. Seorang petani profesional selalu berusaha mengembangkan berbagai macam teknik pertanian untuk diimplementasikan dalam upaya meningkatkan produk tani yang lebih tinggi.

Banyak keahlian yang dituntut untuk dimiliki oleh seorang petani, seperti kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah pertanian yang muncul. Selain itu, demi menjaga hasil panennya sukses, petani juga dituntut mampu melakukan efisiensi penggunaan peralatan dan mesin, memahami hal-hal terkait isu lingkungan, serta berupaya menjaga agar tingkat produksi berjalan dengan optimal.

Padi adalah tanaman yang tangguh dan dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah. Selama teririgasi dengan cukup (baik dengan irigasi atau curah hujan), padi bisa tumbuh baik di lahan basah atau kering. Namun, karena kita mengharapkan hasil yang baik dari sawah, kita harus mempersiapkan lahan, sehingga dapat menyambut baik tanaman padi muda (metode transplantasi) atau benih pra-kecambah dan yang diinkubasi (metode pembenihan langsung).

Pertama-tama, sawah harus dibersihkan dari gulma dan material yang tidak diinginkan. Banyak petani padi membajak dan mengolah sawah, untuk mencapai pembalikan tanah. Selain itu, dalam beberapa kasus, baru membantu mereka memecahkan gumpalan tanah, juga dikenal sebagai gumpalan, menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Perataan Lahan menggunakan Sinar Laser juga sangat umum di kalangan petani padi komersial.

Perlu diingat bahwa setiap lahan itu berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli agronomi lokal berlisensi untuk membentuk rencana persiapan lahan yang rasional.

Ada dua jenis utama persiapan lahan, yaitu persiapan lahan basah dan persiapan lahan kering.

1. Persiapan Lahan Basah

Persiapan lahan basah adalah pilihan untuk lahan dataran tinggi dan dataran rendah. Metode ini membutuhkan sejumlah besar air untuk menyiapkan lahan untuk penanaman dalam waktu dekat. Dengan metode ini, lahan cukup digarap dalam kondisi tergenang air. Kita bisa mempertimbangkan langkah-langkah berikut untuk menyiapkan sawahnya.

Langkah 1: Konstruksi atau perbaikan tanggul. Secara umum, tanggul membantu lahan menampung air dari hujan. Kita dapat membangun tanggul 19×12 inci (50x30cm) di sekeliling lahan. Banyak petani padi melaporkan bahwa setiap saluran memiliki tinggi 1,1-1,9 inci (3-5cm). Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan air selama periode hujan.

Langkah 2: Irigasi sawah. Setelah pembangunan saluran air, banyak petani padi mengairi sawah setidaknya selama seminggu. Ini membantu tanah menjadi halus, lunak dan siap untuk dibajak.

Langkah 3: Prosedur pengolahan. Kita bisa melakukan pengolahan tanah setelah tanah diairi dengan memadai. Ketika tanah sudah cukup basah, kemungkinan tanahnya siap untuk dibajak.

Langkah 4: Membanjiri Sawah. Setelah membajak, petani padi sering membanjiri sawah selama sekitar 2 minggu.

Langkah 5: Prosedur pengolahan lahan sekunder. Langkah ini sering dilakukan setidaknya 10 hari setelah pengolahan pertama. Ini melibatkan melumpurkan dan penggaruan sawah. Melumpurkan sawah dapat dilakukan dengan rotavator dan mesin bajak. Tanah menjadi berlumpur. Pelestarian dan ketersediaan nutrisi tanah biasanya dapat dicapai dengan metode ini. Kemudian, kita dapat menggaru sawah 2-3 kali dalam rentang waktu 5-7 hari.

Langkah 6: Perataan sawah. Langkah terakhir dalam persiapan lahan basah terjadi dua hari sebelum penanaman. Traktor atau hewan dapat membantu prosedur ini. Papan kayu yang melekat pada mereka akan melintasi seluruh lahan dan meratakannya. Permukaan tanah yang rata sangat penting untuk pertumbuhan tanaman yang tepat.

2. Persiapan Lahan Kering

Persiapan lahan kering adalah pilihan untuk ladang dataran rendah dan dataran tinggi. Persiapan semacam ini membutuhkan lebih sedikit air. Kita bisa memperhitungkan langkah-langkah berikut untuk menyiapkan sawah.

Langkah 1: Konstruksi tanggul. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanggul membantu ladang menampung air dari hujan. Kita dapat membangun tanggul 19×12 inci (50x30cm) di sekitar lahan. Setiap saluran biasanya memiliki ketinggian 1,1-1,9 inci (3-5cm). Tujuannya di sini adalah untuk memastikan ketersediaan air selama periode hujan.

Langkah 2: Prosedur pengolahan tanah. Kita dapat melakukan pengolahan tanah setelah tanah diairi dengan baik.

Langkah 3: Prosedur pengolahan tanah sekunder. Petani sering menggaru dan menggarap sawah dengan rototiller.

Langkah 4: Perataan sawah. Dalam persiapan lahan kering, kita memiliki sedikit air di sawah. Dalam hal ini, kita biasanya tidak harus menggunakan papan kayu untuk meratakannya. Perataan Lahan menggunakan Sinar Laser biasanya digunakan dalam kasus ini. Permukaan tanah yang rata sangat penting untuk pertumbuhan tanaman yang baik.

Langkah 5: Kontrol gulma. Cara umum untuk mencegah pertumbuhan gulma adalah membiarkannya tumbuh setidaknya selama dua minggu. Setelah kemunculan mereka, petani sering menggunakan herbisida (selalu bertanya pada ahli agronomi berlisensi sebelum menggunakan produk perlindungan tanaman). Kita harus sangat berhati-hati tentang potensi efek herbisida.

Penyuluhan dan pelatihan pertanian dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan para petani. Baik itu dari segi pengetahuan, keterampilan, hingga pengelolaan pertanian. Pelatihan pertanian terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis pelatihan petani yang paling dibutuhkan oleh para petani, di antaranya sebagai berikut.

    1. PemanfaatanTeknologi Digital
    Era teknologi digital memang membawa perubahan yang sangat signifikan di berbagai sektor, termasuk pula pada sektor pertanian. Sebenarnya, para petani sangat diuntungkan dengan adanya teknologi digital seperti saat ini. Oleh karena itulah, pemanfaatan mengenai teknologi digital untuk pertanian perlu digalakkan di berbagai tempat di Indonesia.
    Para stakeholder, khususnya Kementerian Pertanian, bisa menggandeng startup untuk melakukan pelatihan ini. Pelatihan petani untuk memanfaatkan teknologi digital diharapkan mampu meningkatkan daya saing sektor pertanian terhadap sektor lainnya, seperti sektor industri. Misalnya saja, melakukan pelatihan penggunaan aplikasi pertanian. Di sini, para petani tidak hanya mendapatkan informasi pertanian secara lengkap dan cepat, tetapi juga bisa melakukan penjualan produk secara langsung kepada pembeli. Dengan begitu, kesejahteraan petani semakin meningkat.
      2. Pelatihan penggunaan alat pertanian
      Selain teknologi digital, pelatihan petani yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menggunakan alat mesin pertanian. Sebab, perkembangan teknologi juga menyebabkan alat mesin pertanian semakin memiliki inovasi baru. Misalnya saja, mesin penanam padi, yang mungkin baru dikenal di Indonesia, mengingat masih banyak petani yang menggunakan cara tradisional saat menanam padi.
      Apabila hal tersebut tidak dibarengi dengan keterampilan petani, maka akan ada hambatan dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan pelatihan alat mesin pertanian, perlu adanya pendampingan dari Kementerian Pertanian dan dinas terkait di daerah serta melibatkan petani.
      Para petani ini bisa diwakili oleh kelompok tani. Nantinya, kelompok tani yang sudah mendapatkan pelatihan penggunaan mesin pertanian baru tersebut dapat melakukan pelatihan dan penyuluhan kepada kelompok tani lainnya.
      Diharapkan, pelatihan terkait peralatan mesin pertanian dapat meningkatkan produksi hasil pertanian. Tidak hanya itu saja, para petani juga dapat melakukan perawatan terhadap peralatan mesin pertanian tersebut agar bekerja dengan baik.
      Petani pun tidak lagi mengeluarkan banyak tenaga seperti yang dilakukan sebelumnya dengan cara tradisional. Dengan begitu, para petani dapat melakukan kegiatan produktif lainnya dan itu membantu meningkatkan taraf hidup petani.

      3. Pengelolaan hasil pertanian
      Pelatihan pertanian berikutnya yang juga dibutuhkan di kalangan petani adalah terkait pengelolaan hasil pertanian. Saat memasuki musim panen, tidak jarang para petani mengalami kesulitan memasarkan produk pertaniannya. Sebab, kehadiran para tengkulak dapat mempersulit kehidupan petani.
      Para tengkulak tersebut membeli produk pertanian langsung dari petani dengan harga murah dan menjual kembali di pasaran dengan harga tinggi. Alhasil, keuntungan yang diperoleh petani menurun.
      Melalui pelatihan pertanian pengelolaan hasil tani, nantinya, para petani juga dibekali dengan kemampuan manajemen produksi. Pelatihan juga dapat dikolaborasikan dengan pelatihan pemanfaatan teknologi digital. Dengan begitu, lewat aplikasi dan marketplace pertanian, para petani bisa memasarkan hasil taninya kepada pembeli langsung dengan harga bersaing dan memutus mata rantai para tengkulak.
      Di samping itu, pelatihan pengelolaan juga terkait bagaimana menciptakan produk baru dari hasil pertanian. Misalnya saja, pelatihan mengenai pengolahan produk pertanian menjadi produk makanan siap saji. Langkah ini untuk menciptakan diversifikasi produk hasil pertanian dan masyarakat lebih mudah mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Para petani juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
      Pelatihan pertanian tersebut memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Baik itu pemerintah, sektor swasta, para petani, dan masyarakat luas. Jika pelatihan berjalan dengan baik dengan dukungan berbagai pihak maka bisa dipastikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan manajemen pertanian terbaik di dunia di masa mendatang.

      Baca juga info berikut sebagai bekal penulisan surat lamaran kerja!

      RINCIAN FORMASI CPNS KEMENTERIAN PERTANIAN TAHUN 2019




      Sejarah

      Link Download Logo HUT RI ke-75 Indonesia Maju, Makna, dan Contoh ...

      Kegiatan Dalam Video Menyosong 75 Tahun Indonesia Merdeka

      oleh : Muh Hasyim

      video 1 Kegiatan Belajar Tatap Muka  di SMANSA Atambua



      Ucapan Dirgahayu RI ke-75 Tahun Merdeka








       

      Minggu, 16 Agustus 2020

      Politik

      Pengertian LIBERALISME : Sejarah, Ciri & Contohnya (Lengkap) 

      Apakah Ideal Jika Paham Liberal Diterapkan di Indonesia

      oleh : Muh Hasyim

      Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu.

      Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Liberalisme menghendaki adanya pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi (private enterprise) yang relatif bebas, dan suatu sistem pemerintahan yang transparan, serta menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar bagi tumbuhnya kapitalisme.

      Pertanyaan di awal dapat dijawab dengan melihat beberapa aspek seperti aspek dalam bidang agama, ekonomi, politik, dan sosial budaya.

      Aspek agama:  Aspek ini dapat kita lihat pada sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” dimana maksud dari bunyi sila tersebut adalah bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan dengan diakuinya lima agama di Indonesia, sehingga setiap individu di Indonesia diberi kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan mereka masing-masing. Dalam negara liberal, kehidupan beragama diatur secara bebas sehingga muncul sekelompok orang yang atheis (tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan penolakan terhadap agama). Hal tersebut tentunya bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama, dimana bangsa Indonesia mengakui adanya nilai-nilai ketuhanan.

      Aspek ekonomi : Aspek ini menjelaskan bahwa perekonomian adalah bidang yang harus dikembangkan sesuai dengan kodrat manusia yang bebas, sehingga perekonomian memang seharusnya berdasar prinsip pasar bebas (free market). Artinya semua hubungan ekonomi tercipta oleh pasar bebas, campur tangan dari pihak penguasa tidak dibenarkan. Bisa diartikan bahwa pada aspek ekonomi biarkan individu, kelompok atau suatu masyarakat mengatur segala hal untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, tanpa campur tangan pemerintah. Termasuk pemerintah tidak diperbolehkan untuk menentukan harga pasar.

      Pemerintah ikut campur sesedikit mungkin, serta biarkan swasta dan masyarakat yang menentukan. Jika pihak swasta sudah memasuki area ekonomi maka kita bisa lihat dampaknya pada era sekarang ini, semua dikuasai oleh pihak swasta sedangkan pemerintah dan masyarakatnya dirugikan. Terjadinya pasar bebas, dimaksudkan agar setiap individu bebas bersaing dalam kapital (kepemilikan uang dan barang) serta harga (kemampuan mengidentifikasi jual-beli) dipasaran untuk memperebutkan monopoli kekuasaan dan dominasi. Hal ini bertentangan dengan penjelasan pada Pasal 33 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa dalam pasal 33 tercantum dasar demokrasi ekonomi, produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua dibawah pimpinan atau pemilikan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakat-lah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Selanjutnya dikatakan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung dalam bumi adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat. Oleh karena itu harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

      Aspek politik: Aspek ini menentang adanya kekuasaan yang otoriter. Dengan kata lain ideologi liberal ini dapat diwujudkan dalam sistem demokrasi karena sama-sama memberikan kebebasan pada individu. Dalam aspek politik ini liberalisme agaknya cocok diterapkan di Indonesia dimana individu diberikan kebebasan sehingga masyarakat dapat menyatakan pendapat dan aspirasi mereka namun tetap dengan mekanisme pertanggungjawaban. Namun di sisi lain seperti yang dapat kita ketahui bahwa di negara-negara yang menganut paham liberal biasanya melakukan pengambilan keputusan melalui sistem voting. Voting adalah cara pengambilan keputusan berdasarkan jumlah mayoritas suara pemilih. Voting merupakan salah satu ciri dari negara demokrasi liberal dimana dalam pengambilan keputusan setiap satu orang memiliki suara “one man one vote”. Dalam kehidupan ketatanegaraan Indonesia yang menganut ideologi Pancasila, voting tidak menjadi cerminan dari sila ke-4 Pancasila. Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” maksud yang terkandung dalam sila ke-4 tersebut adalah menghendaki adanya musyawarah dan mufakat dalam setiap pengambilan keputusan. Jadi, dalam aspek politik paham liberal tidak sepenuhnya sesuai untuk diterapkan di Indonesia.

      Aspek Sosial dan Budaya: Aspek-aspek ini cenderung lebih mengedepankan nilai-nilai kebebasan dan tidak terlalu memandang nilai dan norma. Kebebasan masyarakat di negara liberal dapat kita lihat misalnya dari cara berpakaian, gaya hidup (lifestyle), sikap individualistis, bahkan di negara liberal contohnya seperti di negara Belanda kebebasan untuk menikah dengan sesama jenis pun telah dilegalkan. Hal tersebut justru berbanding terbalik dengan kultur budaya Indonesia yang berpatokan dengan budaya-budaya timur.

      Di Indonesia, nilai dan norma dipegang teguh. Moral serta perilaku merupakan hal pokok utama yang mempengaruhi diri seseorang untuk bertindak dan berproses dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dimana semuanya diatur oleh tatanan norma dan kaidah nilai baik melalui tertulis ataupun secara lisan.

      Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia dan Pancasila merupakan rumusan serta pedoman  kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Ideologi yang ideal untuk diterapkan bagi bangsa Indonesia adalah Pancasila karena Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, selain itu, Pancasila mempunyai makna dan peran penting dalam berdirinya negara Indonesia. Pancasila merupakan identitas bangsa Indonesia yang bisa diartikan pula sebagai kepribadian bangsa. Kepribadian bangsa Indonesia sendiri dijabarkan sebagai sifat-sifat atau ciri-ciri khusus yang dimiliki dan merupakan watak bangsa Indonesia. Ciri-ciri ini yang membedakan antara bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Oleh karena unsur-unsur Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia dan terdapat didalam diri dan kebudayaan bangsa Indonesia, maka kepribadian bangsa Indonesia tidak lain adalah kepribadian Pancasila, bukan kepribadian liberal.

      Berdasarkan hal tersebut, saya rasa paham liberal atau liberalisme tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia, karena tidak sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang telah dianut oleh bangsa Indonesia.

       Kronologi Peristiwa Revolusi Perancis - Thegorbalsla

       

      Rabu, 12 Agustus 2020

      puisi

       




      Patriot Memasang Dada

      (75 tahun indonesia merdeka)

      Karya: Muh Hasyim

       

      Langkah  tegapku terhenti  di batas  itu  batas tak bertepi  berujung

      Tiba-tiba terhenti tak sebab di tengah padang panjang

      Sunyi-senyap tak bersuara dirundung rasa was-was tak  sebab pasti

      Desas-desus makhluk berlari seribu kilometer menyerang sekilat petir

       

      Menyerang tak memilih kawan atau lawan tujuh menit berselang

      Semua tertunduk mengelus dada memegang kuping dengan  jari

      Memandang dengan langkah terbatas menuju sasaran petir

      Tersambar bekas sambar terbawa dari alam rahim yang jauh

       

      Terkapar sebab akal bergerak tak menyahut terserang virus

      Desas-desus sambar virus petir berjalan melambat menuju sasaran

      Menyeleksi satu satu berkait-kait menyerang sasaran

      Menambah pesakitan rasa was-was berlebih meluber

       

      Meluber ke jalan mencari bekal sebagai bekal di esok hari

      Sebab tak sanggup lagi menahan serangan virus pencabut nyawa

      Dengan jiwa patriot memasang dada sebagai penahan setiap makhluk

      Meneruskan hidup terbatas pemberian-Nya sebelum tertembus virus

       

      Siaga dan siaga sebab nyawa tertambat di tali pusar

      Tali pusar takkan putus sebelum tibanya malaikat

      Menarik dengan kejam tak bersahabat bagi pembangkang hidup

      Dan menarik tali pusar tanpa rasa berderai senyum menuju kemenangan

       

      Kenang 75 tahun Indonesiaku

       Atambua 12 Agustus 2020

      Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

      5 Keistimewaan Umat Muslim

        5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...