Sabtu, 08 Agustus 2020

Pelajaran Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                 : SMA NEGERI 1 ATAMBUA
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester       : X1/Ganjil
Materi Pokok          :Teks Prosedur
Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
  1. K1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. K2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. K3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. K4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
  1. 3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur Indikator Pencapaian Kompetensi
  2. 3.1.1   menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
  3. 3.1.2   menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
  1. 4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis Indikator Pencapaian Kompetensi
  2. 4.1.1  mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
  3. 4.1.2  menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi
Struktur teks prosedur:
•      Pernyataan Umum
•      Tahapan-tahapan

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
      1.      Pendekatan                : Saintifik
      2.      Model Pembelajaran :Active Learning
      3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
      1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
      2.      Sumber Belajar :
             a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017.  Jakarta:                        Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
             b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat                          Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
             c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa                                              SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Atambua, Juli 2020/2021

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 1 Atambua                            Guru Mata Pelajaran, 

 

 

 

Drs. Marianus Antoni                                             Muh Hasyim, S.Pd.

NIP 19620305 199412 1 001                                    NIP 19690207 199802 1 003

 




RINGKASAN MATERI

A. Kompetensi Dasar (berdasarkan lampiran permendikbud nomor 24 tahun 2016)

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

B. Ringkasan Materi

1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur

Mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur adalah kegiatan menelaah teks prosedur untuk menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.

 

Pernyataan umum atau penjelasan umum atau bisa disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur ialah tulisan yang berisi tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai jika seseorang mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut. Sementara itu, tahapan-tahapan ialah prosedur yang harus/wajib diikuti agar mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat. 

2. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

Unsur kebahasaan teks prosedur di antaranya Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif), banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya, Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan, banyak menggunakan pernyataan persuasif, apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

3. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Teks Tahapan dalam Prosedur

Teks prosedur memiliki dua bagian utama berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Langkah-langkah merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur di antaranya sebagai Berikut.

a. Menentukan macam atau jenis teks prosedur yang akan dirancang

b. Menentukan topik teks prosedur

c. Menyusun rancangan pernyataan umum dan langkah-langkah atau tahapan-tahapan.

 

4. Membandingkan Dua Teks Prosedur

Membandingkan dua teks adalah membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.

5. Menyusun Teks Prosedur dengan memperhatikan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan

Langkah-langkah penyusunan teks prosedur ialah sebagai berikut.

a. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.

b. Menentukan tema kegiatan.

c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.

d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.

e. Mengumpulkan bahan-bahan.

f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.

 

6. Menyunting Teks Prosedur

Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda bacanya.

 

LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR

TEKS PROSEDUR

A. Contoh

Kiat Berwawancara Kerja

Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan calon.

Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif.

Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan. Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar.

Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita. Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancara. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja. Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal.

Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara. Pada saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan bertele-tele.

Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan.

Ceritakanlah kemampuan atau pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena  ini menunjukkan sikap yang tidak profesional. Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.

Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara. Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan.

Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.

Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangkan oleh perusahaan.

  
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).

B. Pengertian

Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil. 

C.  Fungsi

Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.

 

D.  Struktur

      Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

  1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1).
  2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9).
  3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10). 

E. Aspek kebahasaan

Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.

  1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
    kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

Bentuk dasar

Imbuhan/Partikel

Bentukan Kata

perhati

-kan

perhatikan

pasti

-kan

pastikan

tunjuk

-kan

tunjukkan

cerita

-kan

ceritakan

hindar

-i

hindari

jadi

-lah

jadilah

  1. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
  2. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan.
  3. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
  4. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

Wajib menjawab


1. Cermatilah kegiatan dalam foto tersebut, lalu buatlah teks prosedurnya!



2. Putarlah video tersebut, lalu buatlah teks prosedurnya!
3. Bacalah teks prosedur berjudul 'Kiat Berwawancara Kerja' lalu buatlah analisis sistematika dan kebahasaaannya!

 

SOAL-SOAL TEKS PROSEDUR

1.  Cermatilah teks berikut.        
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer
Teks di atas merupakan teks .... 
A. laporan 
B. eksposisi     

C. negosiasi     
D. prosedur      
E. anekdot
2. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.     
1)  Selain itu, keyboard ini dapat juga digunakan untuk desktop PC (personal   
     computer) atau  laptop.
   2) Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini 
        sangat berguna bagi setiap pengguna PDA.
  3)  Sekarang telah lahir Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah 
        lama ditunggu-tunggu.   
Urutan yang tepat paragraf prosedur  di atas adalah….
A.        1 – 2 – 3
B.        2 – 1 – 3                                                          D.   3 – 1- 2
C.        3 – 2 – 1                                                          E.   2 – 3 – 1

3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.          
  1.   Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadang diberi sedikit  gula untuk mempermanis rasanya.   
  2.   Selain dari beras ketan, tape tebuat dari singkong yang telah dikupas kemudian  direbus. 
  3. Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi. 
  4. Pemberian ragi hendaknya rata. 
  5. Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengan daun pisang   serta penutup berupa kain hingga rapat.  
  6. Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanya dan siap disanta
  7. Selanjutnya tape diitutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selang waktu   tersebut, penutupnya dibuka.           
            Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah….
A.   2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7                         
B.    2 – 1 -  3 – 6 – 7 - 5 – 4
C.    2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6
D.   2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6                         
E.    2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7 

4. Perhatikan wacana berikut dengan cermat! 
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 

Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….
A.      Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor.
B.      Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
C.      Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
D.      Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran.
E.      Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
5. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat! 
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.  Pernyataan  tersebut merupakan kalimat ….
A.      Imperatif
B.      Interogatif
C.      Deklaratif
D.      Berita
E.      Jawaban

6. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
      Partisipan dalam kalimat tersebut adalah ….
a.      Melakukan pelanggaran
b.      Pengendara, pihak berwajib
c.      Akan menilangnya
d.      Tentu pihak berwajib
e.      Pengendara melakukan

7. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis ….
a.      Verba material
b.      Verba tingkah laku
c.      Verba objektif
d.      Verba preposisional
e.      Verba nominal

8. Perhatikan  prosedur berikut dengan cermat!
    Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian.
1) Tentukan motif sebagai model
2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir.
3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir.
4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah
5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi.
Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah ... .
A. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi.
B. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi.
C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan.
D. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian.
E. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif. 

9. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini !
Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan  pelanggaran, akan dikenakan  sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat.
Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi :
1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar.
2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat.
3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan.
4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan.
5. Fotolah di tempat yang disediakan.
6. Laksanakan tes uji kendaraan.
Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akan  memperoleh  tanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM). 
Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut ... .
A.        judul                                        C.    ciri bahasa                                    E.    tahapan 
B.        abstrak                                     D.    daftar isi             

10. Jenis kalimat pada tahapan-tahapan prosedur di atas adalah kalimat ... . 
A. interogatif              
C. deskriptif
B. imperatif      
D.   definitif   
E.   deklaratif

11. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
- Warga Negara Indonesia 
- Berusia 17 tahun 
- Membawa surat pengantar dari RT 
- Foto kopi kartu keluarga 
Bagian prosedur kompleks “Pembuatan KTP” di atas adalah .... 
A. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon 
B. kegiatan yang harus dilakukan oleh pemohon 
C. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon 
D. tujuan prosedur pembuatan KTP 
E. ciri-ciri pembuatan KTP

12.  Perhatikan teks prosedur berikut ini!
Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk:
(1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.
(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit.
(3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen.
(4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih.
Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah ...
A. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih.
B. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas.
C.  Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit, 
     dikucek seperlunya, lalu dibilas sampai bersih.
D.  Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan 
      deterjen.
E. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih.

13. Perhatikan prosedur pengisian tinta printer berikut!
(1) Keluarkan katrid dari printer.
(2) Suntikkan 15–20 cc tinta ke dalam katrid
(3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya.
(4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah. Katrid siap untuk 
      digunakan.
(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid atau besarkan 
      ukuran lubangnya
Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….
A. (1), (5), (3), (2), (4)
B. (2), (4), (5), (3), (1)
C. (3), (2), (1), (4), (5)
D. (4), (5), (2), (1), (3)
E. (5), (1), (2), (3), (4)

14. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Kenali si petugas 
(2) Pahami kesalahan Anda 
(3) Pastikan tudahan pelanggaran 
Kalimat prosedur kompleks di atas menggunakan kalimat … 
A. deklaratif 
B. imperative 
C. interogatif 
D. retoris 
E. pasif 

15. Bacalah paragraf di bawah ini!
Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai. 
Di atas adalah salah satu tahap pembuatan buku paspor. Dalam tahapan tersebut terdapat kegiatan yang termasuk prosedur adalah … 
A. Wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor
B. Bayar dan menandatangani buku paspor 
C. Wawancara, tanda tangan paspor, mencari informasi jadwal pengambilan 
D. Membayar paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilan paspor 
E. Wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwal pengambilan paspor

16. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online 
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 
4) Calon siswa megikuti tes 
Teks prosedur kompleks di atas adalah prosedur .... 
A. pendaftaran sekolah 
B. pendaftaran sekolah secara online 
C. pendaftaran sekolah secara manual 
D. pendaftaran anggota OSIS 
E. pendaftaran anggota Pramuka 

17. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online 
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah 
4) Calon siswa megikuti tes 
Berdasarkan prosedur tersebut, pengumpulan berkas atau syarat-syarat terdapat pada tahap... 
A. mengisi formulir secara online 
B. mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online 
C. melakukan verifikasi di sekolah 
D. megikuti tes 
E. pada saaat daftar ulang

Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 18-19)
Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 
18. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A.  Syarat
B. Temporal
C. Tujuan
D.  Sebab
E. akibat 

19. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. 
Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah …
A.  Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.
B.  Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana.
C. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian
D. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.
E. Utamakanlah SIM  sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 

20. Cermati petunjuk kerja berikut!
1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.
2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.
3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.
4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis.
5) Tuangkan ke dalam gelas jus.
Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4-5
B. 5-4-3-2-1
C. 3-2-1-5-4
D. 1-3-2-4-5
E. 2-4-1-3-5

21. Bacalah dengan saksama prosedur berikut.
1) Begitulah seterusnya.
2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang.
3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air dan disambung ke kolam.
4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuan kedap.
5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan.
Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah….
A. 2, 3, 1, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, 1, dan 5
C. 3, 1, 2, 4, dan 5
D. 3, 2, 4, 1, dan 5
E. 4, 1, 2, 3, dan 5

22. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut ini!
1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A), kerikil (B), humus(C).
2) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing 1 liter dosis yang sama. Satu wadah (pot B) di masukkan ke ember yang berisi larutan pupuk organik hingga akarnya terendam.
3) Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu.
4) Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disediakan di ketiga pot tersebut.
5) Pengembangan tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan cara Berikut.
6) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
7) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
Urutan kalimat yang benar agar menjadi prosedur sederhana adalah….
A. 5, 1, 6, 4, 2, 7, dan 3
B. 5, 1, 6, 4, 7, 2, dan 3
C. 5, 2, 1, 6, 4, 7, dan 3
D. 5, 6, 1, 3, 4, 2, dan 7
E. 5, 6, 4, 1, 2, 7, dan 3 

Teks prosedur berikut ini merupakan acuan untuk menjawab soal nomor   23 s.d 30
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG? 
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)! 
Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku. 
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada. 
Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas! 
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim. 
(Diadaptasi dari sumber samsat dan kepolisian) 
23. Berikut ini adalah bukti bahwa teks tersebut adalah teks prosedur . . . .
A. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Hal yang dilakukan jika ditilang, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah dalam mengatasi masalah terkena tilang, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
B. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Tujuan penulisan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mencapai tujuan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
C. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Permasalahan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
D. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Pokok pembicaraan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkah  yang mendukung pembicaraan teks, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
E. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Objek permasalahan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkah-langkah menyelesaikan masalah, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam. 

24. Berikut ini kalimat dalam teks di atas, yang tidak mengandung partisipan manusia secara umum, adalah . . . . 
A. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
B. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.
C. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.
E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas. 

25.  Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan verba material adalah . . . .
A.   Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B.   Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. 
C.   Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
D.   Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
E.    Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. 

26. Kalimat dalam teks tersebut, yang menunjukkan verba tingkah laku adalah  . . . .
A. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
B. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur.
C. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
D. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
E. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. 

27. Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan konjungsi temporal adalah . . . .
A. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan.
C. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah.
D. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
E. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. 

28. Konjungsi syarat dalam teks di atas adalah . . . .
A. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
B. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya.
C. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
D. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas. 

29. Konjungsi yang menyatakan pilihan dapat ditunjukkan dalam paragraf ke . . . . 
A. satu, kalimat kelima
B. dua, kalimat keempat
C. tiga, kalimat ketiga
D. lima, kalimat kesatu
E. enam, kalimat kedua 

30. Berikut ini yang termasuk kalimat imperatif dalam paragraf keenam  adalah . . . .
A. Terima atau tolak tuduhan.
B. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru.
C. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil 
D. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari.
E. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar 
31. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal. Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara
 Inti paragraf diatas adalah….
A. Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional.
B. Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah.
C. Mereka berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi.
D. Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional.
E. Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi.

32. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!
CARA MEMBUAT BOTOL KACA
1.  Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan. 
2.  Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan. 
3.  Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan. 
4.  Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
5.  Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional. 
6.  Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut. 
7.  Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi. 
8.  Lalu, adonan kaca diproduksi.
Urutan teks prosedur yang tepat adalah . . . 
A. 6-5-7-2-8-4-1-3
B. 6-5-8-2-4-7-1-3
C. 6-5-1-2-4-7-8-3
D. 6-5-2-8-7-1-4-3
E. 6-5-4-7-1-8-2-3
33. Bacalah Paragraf berikut!
(1) Meminjam buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan para siswa. (2) Meminjam buku di perpustakaan sekolah perlu memperhatikan prosedur peminjaman agar buku yang Anda cari atau yang akan Anda pinjam dapat mudah ditemukan.
(1) Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu. (4) Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku. (5) Pertama, untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog buku dahulu. (6) Dalam katolaog, Anda dapat menemukan kode buku. (7) Dengan menemukan kode buku, buku yang Anda cari dapat lebih mudah ditemukan. Kedua, …. 
Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah pertama prosedur di atas (kalimat 3) adalah                    kalimat ... .
A. deklaratif                                                    D.    deskripsi
B. interogatif                                                   E.    imperatif (perintah)
C. Definisi 

34.   Isi pokok teks prosedur kompleks di atas adalah ... .
     A. Meminjam buku merupakan aktivitas rutin para siswa
     B. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah
     C. Para siswa selalu meminjam buku di perpustakaan sekolah
     D. Kode buku dapat mempermudah menemukan buku di perpustakaan sekolah
     E. Untuk masuk ruang perpustakaan perlu mengisi daftar hadir lebih dahulu

Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 35-38)
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
35. Kutipan teks tersebut terdapat struktur …
a. Latar belakang
b.Tujuan
c. Langkah-langkah
d. Kesimpulan
e. Saran-saran

36. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah …
a. Kalian, mereka, membaca
b. Kalian, penonton, pakaian
c. Kalian,  penonton, pentas
d. Kalian, penonton, mereka
e. Mereka, kalian, membaca

37.  Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah …
a. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.
b. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.
c. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
d. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas.
e. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.

38. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah …
a. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif
b. Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif
c. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas
d. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas

e. Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar
Teks ke-1
Prosedur berikut ini perlu Anda ikuti jika Anda menghadapi penilangan agar Anda tidak akan dirugikan . Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. 
Teks ke-2
Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Anda dapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya. Pemohon SIM harus melampirkan KTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani dan rohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator. Setelah itu, pemohon akan masuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM, atau teller bank.

39. Persamaan ciri bahasa yang digunakan dalam langkah-langkah dua teks prosedur di atas adalah ..
A. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat deklaratif.
B. Partisipan manusia yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu pronomina ‘Anda’.
C. Konjungsi temporal yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu konjungsi ‘pertama,...’
D. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat interogatif. 
E. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat imperative. 

40. Kalimat “Pertama, kenali si petugas.” dalam teks di atas termasuk kalimat ... .
     A.   interogatif                                                 D.    imperatif
     B.   deklaratif                                                   E.    deskripsi
     C.   Definisi 


Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...