belajar memberi dan menerima (memberi maaf dan menerima maaf)
di saat dirasa salah dan dirasa benar
Sabtu, 08 Agustus 2020
Pelajaran Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 1 ATAMBUA
Mata Pelajaran: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : X1/Ganjil
Materi Pokok :Teks Prosedur
Alokasi Waktu: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
A. Kompetensi Inti
K1Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedurIndikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulisIndikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur teks prosedur:
• Pernyataan Umum
• Tahapan-tahapan
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
A. Kompetensi Dasar (berdasarkan lampiran
permendikbud nomor 24 tahun 2016)
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur,dan
kebahasaan
B. Ringkasan Materi
1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks
Prosedur
Mengorganisasikan
informasi dalam teks prosedur adalah kegiatan menelaah teks prosedur untuk
menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan
tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.
Pernyataan
umum atau penjelasan umum atau bisa disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur
ialah tulisan yang berisi tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai jika
seseorang mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut. Sementara itu,
tahapan-tahapan ialah prosedur yang harus/wajib diikuti agar mencapai tujuan
yang diinginkan dengan tepat.
2. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks
Prosedur
Teks prosedur dibentuk
oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
Unsur kebahasaan teks
prosedur di antaranya Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif),
banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang
dibahasnya, Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan,
banyak menggunakan pernyataan persuasif, apabila prosedur itu berupa resep dan
petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan
alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
3. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Teks Tahapan
dalam Prosedur
Teks prosedur memiliki
dua bagian utama berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Langkah-langkah
merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur di antaranya
sebagai Berikut.
a. Menentukan macam
atau jenis teks prosedur yang akan dirancang
b. Menentukan topik
teks prosedur
c. Menyusun rancangan
pernyataan umum dan langkah-langkah atau tahapan-tahapan.
4. Membandingkan Dua Teks Prosedur
Membandingkan dua teks
adalah membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan
atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.
5. Menyusun Teks Prosedur dengan memperhatikan
isi, struktur, dan kaidah kebahasaan
Langkah-langkah
penyusunan teks prosedur ialah sebagai berikut.
a. Menginventarisasi
macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b. Menentukan tema
kegiatan.
c. Membuat kerangka
dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan
kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan
bahan-bahan.
f. Mengembangkan
kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
6. Menyunting Teks Prosedur
Dalam menyunting
sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, kebenaran
isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda bacanya.
LAMPIRAN MATERI TEKS
PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A.
Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi
perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon
pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang
ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya
jawab antara pewawancara dengancalon.
Agar
mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar
kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas
terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri,
sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif.
Penggunaan
bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.Selain
itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat
memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau
mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman
kita sudah benar.
Namun,
jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara
mempertanyakan daya tangkap kita.Bahasa
tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau
sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa
yang disampaikan si pewawancara. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan
pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam
wawancara kerja.Singkatnya, akan lebih
baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun
nonverbal.
Oleh
karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti
menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara
berbicarayang percaya diri namun
tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.Pada saat berbicara, hindari uraian yang
panjang lebar dan bertele-tele.
Cobalah
mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita
diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi
yang ditawarkan.
Ceritakanlahkemampuanataupengalaman yang relevan dengan posisi tersebut.Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja
sebelumnya karena ini
menunjukkan sikap yang tidak profesional. Selama wawancara berlangsung, jadilah
diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik
menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan
sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Janganmelebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi
mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat,
pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan
bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara
biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir
wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa
ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar,
kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif
dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah
nilai kita di mata pewawancara. Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat
menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada
perusahaan.
Di
sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan.
Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang
ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan
tugas-tugas yang akan
dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan
untuk negosiasi.
Dengan
persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah
meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangkan oleh perusahaan.
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan
pengubahan).
B. Pengertian
Teks prosedur adalah Teks
yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakandalam melakukan suatu kegiatan sehingga
suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil.
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi
untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam
melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu
dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan
tentang tujuan, langkah-langkah,
dan penegasan ulang.
Tujuan merupakan pengantar tentang
topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat
Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertianwawancara
danmanfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1).
Langkah-langkah berupa perincian
petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang
ditentukan (paragraf 2-9).
Penegasan ulang berupa harapan
ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan
baik (paragraf 10).
E.
Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan
teks prosedur.
Banyak menggunakan kata-kata kerja
perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan
partikel –lah.
Bentuk dasar
Imbuhan/Partikel
Bentukan Kata
perhati
-kan
perhatikan
pasti
-kan
pastikan
tunjuk
-kan
tunjukkan
cerita
-kan
ceritakan
hindar
-i
hindari
jadi
-lah
jadilah
Banyak menggunakan kata-kata teknis
yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
Banyak menggunakan konjungsi dan
partikel yang bermakna penambahan.
Banyak menggunakan pernyataan
persuasif
Apabila prosedur itu berupa resep
dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaranterperinci
tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
Wajib menjawab
1. Cermatilah kegiatan dalam foto tersebut, lalu buatlah teks prosedurnya!
2. Putarlah video tersebut, lalu buatlah teks prosedurnya!
3. Bacalah teks prosedur berjudul 'Kiat Berwawancara Kerja' lalu buatlah analisis sistematika dan kebahasaaannya!
SOAL-SOAL TEKS PROSEDUR
1.Cermatilah teks berikut.
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer
Teks di atas merupakan teks ....
A. laporan
B. eksposisi
C. negosiasi
D. prosedur
E. anekdot
2. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
1)Selain itu, keyboard ini dapat juga digunakan untuk desktop PC (personal
computer) ataulaptop.
2) Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini
sangat berguna bagi setiap pengguna PDA.
3)Sekarang telah lahir Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah
lama ditunggu-tunggu.
Urutan yang tepat paragraf prosedurdi atas adalah….
A.1 – 2 – 3
B.2 – 1 – 3D.3 – 1- 2
C.3 – 2 – 1 E.2 – 3 – 1
3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadang diberi sedikitgula untuk mempermanis rasanya.
Selain dari beras ketan, tape tebuat dari singkong yang telah dikupas kemudiandirebus.
Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi.
Pemberian ragi hendaknya rata.
Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengan daun pisangserta penutup berupa kain hingga rapat.
Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanya dan siapdisanta
Selanjutnya tape diitutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selang waktutersebut, penutupnya dibuka.
Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah….
A.2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7
B.2 – 1 -3 – 6 – 7 - 5 – 4
C.2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6
D.2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6
E.2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7
4. Perhatikan wacana berikut dengan cermat!
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….
A.Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor.
B.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
C.Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
D.Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran.
E.Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
5. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat!
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.Pernyataantersebut merupakan kalimat ….
A.Imperatif
B.Interogatif
C.Deklaratif
D.Berita
E.Jawaban
6. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
Partisipan dalam kalimat tersebut adalah ….
a.Melakukan pelanggaran
b.Pengendara, pihak berwajib
c.Akan menilangnya
d.Tentu pihak berwajib
e.Pengendara melakukan
7. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis ….
a.Verba material
b.Verba tingkah laku
c.Verba objektif
d.Verba preposisional
e.Verba nominal
8. Perhatikanprosedur berikut dengan cermat!
Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian.
1) Tentukan motif sebagai model
2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir.
3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir.
4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah
5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi.
Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah ... .
A. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi.
B. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi.
C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan.
D. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian.
E. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif.
9. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini !
Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukanpelanggaran, akan dikenakansanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat.
Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi :
1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar.
2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat.
3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan.
4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan.
5. Fotolah di tempat yang disediakan.
6. Laksanakan tes uji kendaraan.
Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akanmemperolehtanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM).
Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut ... .
A.judulC.ciri bahasaE.tahapan
B.abstrakD.daftar isi
10. Jenis kalimat pada tahapan-tahapan prosedur di atas adalah kalimat ... .
A. interogatif
C. deskriptif
B. imperatif
D.definitif
E.deklaratif
11. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
- Warga Negara Indonesia
- Berusia 17 tahun
- Membawa surat pengantar dari RT
- Foto kopi kartu keluarga
Bagian prosedur kompleks “Pembuatan KTP” di atas adalah ....
A. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon
B. kegiatan yang harus dilakukan oleh pemohon
C. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon
D. tujuan prosedur pembuatan KTP
E. ciri-ciri pembuatan KTP
12.Perhatikan teks prosedur berikut ini!
Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk:
(1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.
(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit.
(3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen.
(4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih.
Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah ...
A. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih.
B. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas.
C.Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit,
dikucek seperlunya, lalu dibilas sampai bersih.
D.Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan
deterjen.
E. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih.
(3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya.
(4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah. Katrid siap untuk
digunakan.
(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid atau besarkan
ukuran lubangnya
Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….
A. (1), (5), (3), (2), (4)
B. (2), (4), (5), (3), (1)
C. (3), (2), (1), (4), (5)
D. (4), (5), (2), (1), (3)
E. (5), (1), (2), (3), (4)
14. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Kenali si petugas
(2) Pahami kesalahan Anda
(3) Pastikan tudahan pelanggaran
Kalimat prosedur kompleks di atas menggunakan kalimat …
A. deklaratif
B. imperative
C. interogatif
D. retoris
E. pasif
15. Bacalah paragraf di bawah ini!
Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
Di atas adalah salah satu tahap pembuatan buku paspor. Dalam tahapan tersebut terdapat kegiatan yang termasuk prosedur adalah …
A. Wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor
B. Bayar dan menandatangani buku paspor
C. Wawancara, tanda tangan paspor, mencari informasi jadwal pengambilan
D. Membayar paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilan paspor
E. Wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwal pengambilan paspor
16. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah
4) Calon siswa megikuti tes
Teks prosedur kompleks di atas adalah prosedur ....
A. pendaftaran sekolah
B. pendaftaran sekolah secara online
C. pendaftaran sekolah secara manual
D. pendaftaran anggota OSIS
E. pendaftaran anggota Pramuka
17. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah
4) Calon siswa megikuti tes
Berdasarkan prosedur tersebut, pengumpulan berkas atau syarat-syarat terdapat pada tahap...
A. mengisi formulir secara online
B. mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
C. melakukan verifikasi di sekolah
D. megikuti tes
E. pada saaat daftar ulang
Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 18-19)
Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!
18. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. Syarat
B. Temporal
C. Tujuan
D. Sebab
E. akibat
19. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.
Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah …
A. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.
B. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana.
C. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian
D. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.
E. Utamakanlah SIMsebagai surat yang ditahan oleh Polantas!
20. Cermati petunjuk kerja berikut!
1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.
2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.
3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.
4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis.
5) Tuangkan ke dalam gelas jus.
Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4-5
B. 5-4-3-2-1
C. 3-2-1-5-4
D. 1-3-2-4-5
E. 2-4-1-3-5
21. Bacalah dengan saksama prosedur berikut.
1) Begitulah seterusnya.
2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang.
3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air dan disambung ke kolam.
4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuan kedap.
5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan.
Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah….
A. 2, 3, 1, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, 1, dan 5
C. 3, 1, 2, 4, dan 5
D. 3, 2, 4, 1, dan 5
E. 4, 1, 2, 3, dan 5
22. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut ini!
1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A), kerikil (B), humus(C).
2) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing 1 liter dosis yang sama. Satu wadah (pot B) di masukkan ke ember yang berisi larutan pupuk organik hingga akarnya terendam.
3) Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu.
4) Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disediakan di ketiga pot tersebut.
5) Pengembangan tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan cara Berikut.
6) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
7) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
Urutan kalimat yang benar agar menjadi prosedur sederhana adalah….
A. 5, 1, 6, 4, 2, 7, dan 3
B. 5, 1, 6, 4, 7, 2, dan 3
C. 5, 2, 1, 6, 4, 7, dan 3
D. 5, 6, 1, 3, 4, 2, dan 7
E. 5, 6, 4, 1, 2, 7, dan 3
Teks prosedur berikut ini merupakan acuan untuk menjawab soal nomor23 s.d 30
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG?
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
(Diadaptasi dari sumber samsat dan kepolisian)
23. Berikut ini adalah bukti bahwa teks tersebut adalah teks prosedur . . . .
A. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Hal yang dilakukan jika ditilang, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah dalam mengatasi masalah terkena tilang, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
B. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Tujuan penulisan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mencapai tujuan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
C. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Permasalahan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
D. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Pokok pembicaraan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkahyang mendukung pembicaraan teks, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
E. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Objek permasalahan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkah-langkah menyelesaikan masalah, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.
24. Berikut ini kalimat dalam teks di atas, yang tidak mengandung partisipan manusia secara umum, adalah . . . .
A. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
B. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.
C. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.
E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas.
25.Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan verba material adalah . . . .
A.Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B.Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
C.Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
D.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
E.Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya.
26. Kalimat dalam teks tersebut, yang menunjukkan verba tingkah laku adalah. . . .
A.Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
B.Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur.
C.Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
D.Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
E.Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
27. Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan konjungsi temporal adalah . . . .
A.Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B.Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan.
C.Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah.
D.Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
E.Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.
28. Konjungsi syarat dalam teks di atas adalah . . . .
A.Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
B.Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya.
C.Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
D.Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
E.Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas.
29. Konjungsi yang menyatakan pilihan dapat ditunjukkan dalam paragraf ke . . . .
A.satu, kalimat kelima
B.dua, kalimat keempat
C.tiga, kalimat ketiga
D.lima, kalimat kesatu
E.enam, kalimat kedua
30. Berikut ini yang termasuk kalimat imperatif dalam paragraf keenamadalah . . . .
A.Terima atau tolak tuduhan.
B.Anda akan diberi surat tilang berwarna biru.
C.Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil
D.Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari.
E.Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar
31. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal. Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara
Inti paragraf diatas adalah….
A.Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional.
B.Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah.
C.Mereka berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi.
D.Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional.
E.Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi.
32. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!
CARA MEMBUAT BOTOL KACA
1.Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
2.Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
3.Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan.
4.Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
5.Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.
6.Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
7.Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
8.Lalu, adonan kaca diproduksi.
Urutan teks prosedur yang tepat adalah . . .
A.6-5-7-2-8-4-1-3
B.6-5-8-2-4-7-1-3
C.6-5-1-2-4-7-8-3
D.6-5-2-8-7-1-4-3
E.6-5-4-7-1-8-2-3
33. Bacalah Paragraf berikut!
(1)Meminjam buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan para siswa. (2) Meminjam buku di perpustakaan sekolah perlu memperhatikan prosedur peminjaman agar buku yang Anda cari atau yang akan Anda pinjam dapat mudah ditemukan.
(1)Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu. (4) Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku. (5) Pertama, untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog buku dahulu. (6) Dalam katolaog, Anda dapat menemukan kode buku. (7) Dengan menemukan kode buku, buku yang Anda cari dapat lebih mudah ditemukan. Kedua, ….
Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah pertama prosedur di atas (kalimat 3) adalahkalimat ... .
A.deklaratifD.deskripsi
B.interogatifE.imperatif (perintah)
C.Definisi
34.Isi pokok teks prosedur kompleks di atas adalah ... .
A. Meminjam buku merupakan aktivitas rutin para siswa
B. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah
C. Para siswa selalu meminjam buku di perpustakaan sekolah
D. Kode buku dapat mempermudah menemukan buku di perpustakaan sekolah
E. Untuk masuk ruang perpustakaan perlu mengisi daftar hadir lebih dahulu
Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 35-38)
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
35. Kutipan teks tersebut terdapat struktur …
a. Latar belakang
b.Tujuan
c. Langkah-langkah
d. Kesimpulan
e. Saran-saran
36. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah …
a. Kalian, mereka, membaca
b. Kalian, penonton, pakaian
c. Kalian,penonton, pentas
d. Kalian, penonton, mereka
e. Mereka, kalian, membaca
37.Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah …
a. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.
b. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.
c. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
d. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas.
e. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.
38. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah …
a. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif
b. Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif
c. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas
d. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas
e. Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar
Teks ke-1
Prosedur berikut ini perlu Anda ikuti jika Anda menghadapi penilangan agar Anda tidak akan dirugikan . Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
Teks ke-2
Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Anda dapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya. Pemohon SIM harus melampirkan KTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani dan rohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator. Setelah itu, pemohon akan masuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM, atau teller bank.
39. Persamaan ciri bahasa yang digunakan dalam langkah-langkah dua teks prosedur di atas adalah ..
A.Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat deklaratif.
B.Partisipan manusia yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu pronomina ‘Anda’.
C.Konjungsi temporal yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu konjungsi ‘pertama,...’
D.Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat interogatif.
E.Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat imperative.
40. Kalimat “Pertama, kenali si petugas.” dalam teks di atas termasuk kalimat ... .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar