Jumat, 17 Juli 2020

Pelajaran Bahasa Indonesia


TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH

oleh Muh. Hasyim

A.      Kompetensi Inti

  1. KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
  2. KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  3. KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Idnikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3     Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis

·     Mengidentifikasi struktur teks cerita sejarah

·     Mengidentifikasi isi teks cerita sejarah

·     Mengidentifikasi nilai-nilai cerita (novel) sejarah

·     Mengidentifikasi kebahasaan teks cerita sejarah

4.3     Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

·     Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.

·     Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi

·     Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun


C.     Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks cerita sejarah,  mengidentifikasi isi teks cerita sejarah, mengidentifikasi nilai-nilai cerita (novel) sejarah,  mengidentifikasi kebahasaan teks cerita sejarah mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarik dalam cerita (novel) sejarah, menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun

D.      Materi Pembelajaran

Teks cerita (novel) sejarah

·         struktur teks cerita sejarah

·         isi teks cerita sejarah

·         nilai-nilai cerita (novel) sejarah

·         kebahasaan teks cerita sejarah

E.     Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.    Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

·         LCD Proyektor

Alat/Bahan :

·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocus

G.      Sumber Belajar

·         Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

·         Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

·         Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

                     

   Atambua,       Juli 2020/2021

 

Mengetahui


 Kepala SMAN 1 Atambua

 

 

 

 Penyusun



 Muh. Hasyim, S.Pd

NIP. 196902071998021003

                                                                                                                                                                                                                                                                          

Catatan Kepala Sekolah

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................



RINGKASAN MATERI


Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang kejadian fakta masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan baik naratif maupun deskriptif.


Struktur Isi Teks Cerita Sejarah

Untuk lebih mudah memahami dan membuat teks cerita sejarah maka salah satu yang harus dipahami adalah struktur isi teks cerita sejarah, struktur teks adalah kerangka acuan yang dapat digunakan untuk mengembangkan teks menjadi paragraf utuh, struktur teks cerita sejarah memang berbeda dengan teks biasa, teks cerita sejarah pada umumya memiliki struktur isi yang berorientasi pada cerita sejarah,berisi rangkaian peristiwa yang diikuti oleh reorientasi.

  1. Judul; Merupakan  kata kunci yang mewakili keseluruhan isi cerita, pada teks cerita sejarah judul dapat berupa nama tempat, benda peristiwa dan lain sebagainya, biasanya di awali dengan kata asal mula, asal usul, sejarah dan kata lainnya yang mendukung bahwa isi cerita mengandung nilai keseharahan.
  2. Pendahuluan atau orientasi; Pendahuluan atau orientasi adalah pembuka atau pengantar pembicaraan sehingga pembaca tidak langsung dibawa pada inti cerita yang dibahas. Pendahuluan bisa kita isi dengan pengenalan awal peristiwa sejarah. Pendahuluan bisa bersifat opsional, artinya boleh tidak dilibatkan didalam teks.
  3. Rekaman peristiwa; Ini adalah bagian dari teks yang merupakan inti dari teks cerita sejarah. Pada bagian rekaman peristiwa sejarah ini diuraikan secara lengkap dari mulai awal sampai akhir secara kronologis.
  4. Penutup atau reorientasi; Berisi cerita akhir atau kesimpulan dari paparan yang diceritakan sebelumnya, pada umumnya berupa akibat atau konsekuensi dari rangkaian peristiwa sebelumnya, seperti misalnya kekalahan, kemenangan atau kematian dan bisa juga berisi komentar penulis atau evaluasi dari peristiwa.


Ciri Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

1. Konjungsi temporal
Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menghubungkan dua kejadian atau peristiwa, konjungsi temporal dibagi ke dalam beberapa jenis diantaranya adalah:
  • Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal sederajat misalnya apabla, bilamana, demi, hingga ketika, sejak, selama, semenjak sementara, tatkala, waktu, setelah, sesudah dan sebagainya.
  • Konjungsi temporal yang menghubungkan dua buah kalimat yang sederajat, yang termasuk kedalam konjungsi temporal ini diantaranya adalah setelahnya dan sesudahnya.
2. Nomina / kata benda
Untuk nomina dibagi menjadi 3 kelompok yaitu sebagai berikut:
  • Nomina modifikatif misalnya dua botol, ruang makan dan lain sebagainya.
  • Nomina kordinatif (kata benda saling menerangkan),  misalnya sandang pangan, lahir batin, hak dan kewajiban, sarana dan prasarana, adil dan makmur dan lain sebagainya.
  • Nomina apositif, sebagai keterangan yang diselipkan atau ditambahkan,  misalnya pergi berlibur ke garut, teman sekamarku, Aulia dan lain sebagainya.
3. Verba
Ini sama halnya dengan kelompok nomina dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu verma modifikatif, verba kordinatif dan verba apositif.


4. Nominalisasi
Adalah proses pembentukan nomina atau kata benda dari kelas yang lain dengan menggunakan istilah tertentu, biasanya sering digunakan pada bahasa yang digunakan untuk menjelaskan isi dari penceritaan ulang. Dalam pembetukan nomina biasanya selalu melibatkan pemberian imbuhan antara lain:

  • Sufiks atau akhiran, seperti misalnya akhiran an, at, si, isme, is or dan tas, sebagai contoh misalnya aku sangat menyukai manisan yang dibuat istriku, atau Dia adalah seorang komikus terkenal di dunia dan lain sebagainya.
  • Prefiks atau awalan, misalnya seperti pe, se, ke, seperti misalnya saya sekantor dengan dia, atau pedagang itu sangat jujur
  • Konfiks atau gabungan awalan dan akhiran,  seperi misalnya ke-an, pe-an dan per-an, misalnya kalimat yang mengandung kata seperti pengaturan, pertunjukan atau kekayaan dan lain sebagainya.
  • Infiks atau sisipan, seperti misalnya el dan er, seperti misalnya kalimat yang mengandung kata seperti gelembung, seruling, telunjuk dan lain sebagainya.


Kaidah teks  cerita sejarah

Kaidah atau aturan teks dalam cerita sejarah biasanya selalu melibatkan kata kerja (verba) material, pronomina atau kata ganti, kata-kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, adanya  dan konjungsi (kata penghubung) temporal. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini.

  • Pronomina (kata ganti), merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
  • Frasa adverbial, meupakan kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
  • Verba material, merupakan kata yang berfungsi untuk menunjukan aktivitas atau perbuatan nyata yang dilakukan oleh partisipan. Kata kerja material menunjukan perbuatan fisik atau peristiwa, misalnya membaca, menulis, dan menyapu.
  • Konjungsi Temporal (kata sambung waktu), berguna untuk menata urutan-urutan peristiwa yang diceritakan, teks cerita sejarah banya memanfaatkan konjungsi (kata penghubung) temporal.

Jenis Isi teks cerita sejarah

Secara umum teks cerita sejarah dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu:

1. Cerita sejarah fiksi yaitu cerita sejarah yang tidak nyata. Jalan cerita pada teks sejarah fiksi disusun berdasarkan kisah dari dunia nyata dan disajian berdasarkan sudut pandang pribadi pengarangnya. Karakter tokoh yang terdapat pada cerita tidak digambakan sepenuhnya. Jenis-jenis cerita sejarah fiksi adalah:
  • Novel
  • Cerpen
  • Legenda

2. Cerita sejarah non fiksi yaitu cerita sejarah yang benar-benar pernah terjadi atau nyata. Jenis-jenis cerita sejarah non fiksi adalah:
  • Biografi
  • Autobiografi
  • Cerita perjalanan
  • Catatan sejarah.

Teks cerita sejarah non fiksi harus berdasarkan bukti dan data-data yang objektif. Penggambaran tokoh di dalam cerita harus ditulis berdasarkan fakta dan data.


Contoh teks cerita sejarah

Salah satu conoh dari teks sejarah misalnya sebagai berikut:

 SEJARAH TERBENTUKNYA PULAU SAMOSIR DANAU TOBA


Siapa yang tidak mengenal Pulau Samosir yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini, tentunya anda telah mendengar banyak informasi mengenai Pulau Samosir yang sangat indah dan kaya akan budaya batak ini. Pulau Samosir sudah sangat famous / terkenal bukan hanya di Indonesia saja, melainkan sudah mendunia dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba -Samosir.

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau besar di Danau Toba dimana di Pulau Samosir sendiri terdiri dari enam kecamatan dari sembilan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Samosir.  Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman bisa mencapai 505 m yang berada di ketinggian 900 meter. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanologi terbesar di dunia. Pulau Samosir sendiri memiliki luas 640 km2 dan merupakan pulau tengah danau kelima terbesar di dunia.

Danau Toba dan Pulau Samosir terbentuk dari letusan gunung berapi maha dahsyat sekitar 69000 sampai 77000 tahun yang lalu dengan skala 8.0 Volcanic Explosivity Index (VEI) . Skala 8.0 VEI dideskripsikan sebagai letusan supervulkanologi sangat dahsyat yang memuntahkan >1000 km3 material letusan dengan ketinggian letusan mencapai 50km dan mempengaruhi suhu dan kondisi di lapisan toposphere dan stratosphere bumi.

Dahulu Pulau Samosir berada dalam satu daratan dengan Pulau Sumatera, berbentuk sebuah tanjung di Danau Toba. Bagian paling sempit dari Samosir adalah di Pangururan, lebarnya hanya sekitar 300 meter. Warga dulu menyeret perahu agar bisa pindah ke sisi Danau Toba yang satunya, daripada harus memutari Samosir.

Pada era penjajahan Belanda dibangunlah kanal sungai untuk mempertemukan kedua sisi Danau Toba. Perahu bisa lewat dari satu sisi Danau Toba, ke sisi lainnya tanpa memutari Samosir. Dengan kanal itu, terputuslah sudah Samosir dengan dataran Sumatera dan bisa dikatakan telah resmi menjadi sebuah pulau. Area pemotongan Samosir tersebutlah yang disebut dengan Tano Ponggol. Pada awalnya, area Tono Ponggol dibangun sebuah jembatan dengan menggunakan kayu untuk waktu yang cukup lama. Namun kini Jembatan Tano Ponggol sudah dibeton pada tahun 1982. Menurut buku-buku Budaya Batak, Tano Ponggol di “potong” Belanda dengan dua alasan yaitu pertama bertujuan untuk memperlancar transportasi air dan kedua bertujuan untuk memecah belah Bangsa Batak dahulu secara psikologis.

Indonesia Punya Danau di Atas Danau | Good News from Indonesia

Contoh Teks Cerita Danau Toba

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang pria bernama Toba. Ia bekerja sebagai petani untuk menghidupi dirinya. Toba tinggal di lembah yang subur di bagian utara Sumatera. Ia juga suka memancing di sungai setelah Ia bertani di lading. Pada suatu hari, Ia pergi ke sungai untuk memancing. Tetapi tidak seperti biasanya, Toba menunggu sangat lama ikan yang menyambar pancingannya itu sehingga Ia ingin segera pergi dari sungai. Ketika Toba ingin pergi pulang ke rumah, tiba-tiba ada seekor ikan yang menyambar pancingannya itu. Seketika senanglah hati Toba karena ikan yang menyambar pancingannya itu merupakan seekor ikan yang sangat besar dan langsunglah Ia membawa ikan itu pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah,  Toba ingin memasak ikan itu untuk dimakan, tetapi waktu Ia mengambil ikan di ember, ikan itu sudah hilang. Toba sangat bingung dengan apa yang terjadi, masuklah Ia ke kamar dan Toba melihat seorang wanita yang sangat cantik. Toba sampai terpesona melihat kecantikan wanita itu, sehingga Ia melamar wanita itu. Pada saat melamar, Toba diberi satu syarat yang tidak boleh dilanggar yaitu tidak boleh menceritakan asal-usul wanita tersebut. Setelah setahun pasangan suami istri tersebut dikaruniai seorang anak, anak itu bernama Samosir. Anak itu mempunyai sifat yang buruk karena terlalu dimanjakan oleh orang tuanya. Pada suatu saat, Samosir disuruh oleh ibunya untuk mengantarkan makanan ayahnya ke ladang. Tetapi, anak itu malah memakan makanan ayahnya, sehingga pada saat Samosir memberikan makanan kepada ayahnya hanya tinggal sisanya saja. Karena ayahnya sedang dalam kondisi hati yang tidak baik, marahlah Ia kepada anaknya itu dengan berkata dasar anak keturunan ikan!" Perkataan itu membuat Samosir menangis. Ia langsung pulang ke rumah dan menceritakan semua yang terjadi kepada ibunya. Ibu Samosir sangat sedih mendengar bahwa suaminya telah melanggar janjinya. Wanita itu menuyuruh anaknya pergi ke puncak bukit dan Ia pergi ke sungai dan berubah menjadi ikan. Seketika meluaplah air sungai, lama-lama air yang meluap semakin besar sehingga membentuk sebuah danau yang dikenal sebagai Danau Toba.

Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat di atas:

Nilai Moral

1.    Kita harus menepati janji kita.

·      Nilai Sosial

1.    Kita harus bisa memaafkan orang ketika melakukan kesalahan.

·      Nilai Budaya

1.    Ketika suatu pasangan saling mencintai bisa membangun sebuah keluarga,

2.    Laki-laki bekerja untuk menghidupi keluarganya.

·      Nilai Agama

1.    Semua kejadian pasti ada hikmahnya.

Pelajari Lebih lanjut rangkuman materi cerita teks sejarah berikut!

atau dibuka di alamat ini : https://youtu.be/2qGRPlw_mTs?t=81

WAJIB MENJAWAB

  1. Putar video tersebut  dan jelaskan rangkuman pelajarannya!
  2. Carilah jenis teks berita lalu dibaca kemudian analisis isi dan strukturnya sertai dengan penjelasan kebahasaannya! Baca Juga : Tsunami Aceh 2004
  3. Cobalah perhatikan gambar di awal postingan ini dengan saksama, lalu ceritakan isi dan nilai sejarahnya!  Baca juga: Pohon Soekarno Simbol Kekuasaan https://sites.google.com/view/haptim/pelajaran-anak-sekolah
  4. Kalian tinggal di pulau Timor bukan? Sekarang cobalah ceritakan sejarah terbentuknya pulau Timor ini sertakan juga nilai-nilai yang terdapat didalamnya! perhatikan gambar pulau timor berikut ini!Daftar kota di Timor Leste - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  5. Kalian juga tinggal di Belu bukan? Sekarang ceritakan sejarah terbentuknya kabupaten Belu di pulau Timor sertakan juga riwayat singkat para pemimpin (bupati dan wakil bupati) kabupaten Belu hingga saat ini! Perhatikan gambar kabupaten Belu berikut ini! 

Peta Kabupaten Belu



SOAL TEKS CERITA SEJARAH/NOVEL SEJARAH
1. Bacalah teks berikut!
Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini.  
Yang merupakan frase verbal pada kalimat di atas adalah ...
 A. beberapa negara di Asia Tenggara
 B. telah melakukan
 C. kerja sama regional
 D. berbagai upaya
 E. di kawasan ini   

2. Bacalah teks berikut!
ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan  inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara.
Kata yang mengalami nominalisasi dalam kalimat di atas adalah kata ...
     A. dibentuk                        
     B. inspirasi
     C. kemudian                       
     D. pertumbuhan  
     E. regional  
3. Bacalah teks berikut!
Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950 dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari suatu kawasan tertentu dan operasinya bersifat bilatelaral, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kerja sama regional. Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat untuk memberikan dorongan pentingnya kerja sama regional Asia Tenggara dalam pertemuan konsultatif The Asia Union di Baguio, Filipina. Pertemuan dimaksudkan agar suara Asia lebih didengar di PBB dan mendorong kerja sama di bidang ekonomi dan sosial antarnegara di Asia. Namun, gagasan tersebut tidak berlanjut.
Ide pokok pada paragraf teks cerita sejarah di atas adalah ….
  A. terbentuknya Colombo Plan
  B. Manfaat Colombo Plan
  C. Maksud terbentuknya Colombo Plan      
  D. Kerja sana dalam Colombo Plan
  E. Peningkatan kerjasama dengan Colombo Plan.
4. Bacalah kalimat-kalimat berikut.
  1. Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di  bawah  guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013. 
  2. Dua pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman  kemudian bersapa sambil tersenyum.
  3. Para pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan telah  bermusuhan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela.
  4. Tidak terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.    
Urutan kalimat yang tepat sehingga membentuk teks cerita sejarah yang runtut adalah ... .
A.1-2-3-4                   
C.2-4-3-1
B.2-3-4-1     
D 1-3-4-2 
E. 3-4-1-2

5. Cermati penggalan teks novel sejarah berikut!
Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.
Kutipan tersebut termasuk bagian struktur     

  1. orientasi
  2. pengungkapan peristiwa
  3. abstraksi
  4. menuju konflik
  5. resolusi
6. Penggalan teks novel sejarah di atas mengandung nilai ….

  1. estetis
  2. sosial
  3. agama
  4. budaya
  5. moral
7. Perhatikanlah kutipan berikut!
Di antara para Ibu Ratu yang terpukul hatinya, hanya ibu ratu Rajapatni Biksuni Gayatri yang bisa berpikir sangat tenang.
Makna kata kias  yang digunakan penulis untuk membangkitkan imajinasi pembaca dalam teks novel sejarah di atas adalah …

  1. sangat kecewa
  2. sangat muram
  3. sangat berduka
  4. sangat sedih
  5. sangat menderita
8. Cermati kalimat berikut!
Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.
Kata yang menunjukkan bahwa kalimat di atas bermakna lampau adalah …

  1. telah
  2. bekas
  3. prajurit
  4. gedung
  5. yang
9. Cermati teks berikut!
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Frederation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan    jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
Kalimat bermasa lampau pada penggalan teks cerita sejarah di atas adalah….

A.   Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei.

B.   Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

C.  Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.

D.  Frederation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
E.    Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja    
10. Kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah….

A.  Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel.

B.  Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat Ia menghabiskan masa kecilnya.

C.  Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun.

D.  Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Prectoria, tempat Dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.

E.   Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela tahun 1990.
       Penggalan teks berikut!
Dan bila orang mendarat dari pelayanan entah dari jauh entahlah dekat, ia akan berhenti di suatu tempat beberapa puluh langkah dari dermaga. Ia akan mengangkat sembah di hadapannya berdiri Sela Baginda, sebuah tugu batu berpahat dengan prasasti peninggalan Sri Airlangga. Bila ia meneruskan langkahnya, semua saja jalanan besar yang dilaluinya, jalanan ekonomi sekaligus militer. Ia akan selalu berpapasan dengan pribumi yang berjalan tenang tanpa gegas, sekalipun di bawah matari terik.
                        (Pramudya Ananta Toor, Mangir)
10. Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel sejarah  tersebut adalah …

  1. nilai sosial
  2. nilai budaya
  3. nilai estetis
  4. nilai moral
  5. nilai agama

11. Cermati teks sejarah berikut!
Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. 
Inggris  mulai  menyerang  sehingga pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api.
Bukti kutipan tersebut  bagian dari rangkaian peristiwa adalah…

  1. mendeskripsikan suasana Kota Bandung
  2. memaparkan peristiwa Bandung Lautan Api
  3. berisi pemaparan alur, tokoh, dan latar yang akan disampaikan dalam peristiwa Bandung Lautan Api
  4. menggambarkan peristiwa sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan ApiL
  5. berisi penjelasan berupa tanda-tanda akan munculnya peristiwa Bandung Lautan Api
12. Bacalah teks berikut1
Pak Dirman memerintahkan agar istrinya menjual perhiasan untuk modal perjuanganPak Dirman dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu memimpin perang gerilya dari atas tandu. Bersama para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan kita anak cucu mereka. Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara. Gerilya berdasar pada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.
Latar waktu yang tampak pada penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah …

  1. zaman kemerdekaan
  2. masa penjajahan
  3. era gerilya
  4. di Yogayakarta
  5. pagi hari
13. Peristiwa pada penggalan teks  di atas adalah …

  1. Taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.
  2. Soedirman pejuang yang patut diteladani
  3. Soedirman memimpin pasukannya bergerilya berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan.
  4. Istri Paak Dirman menjual perhiasan untuk modal perjuangan.
  5. Sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu.
14. Kalimat yang perlu disunting karena ejaannya salah  adalah ...

A.        Pasukan menyusuri wilayah selatan Yogyakarta mulai dari Bantul hingga Parangtritis.

B.         Soedirman memimpin perang gerilya dari atas tandu.

C.         Berkat perjuangan yang tak kenal menyerah, Belanda kewalahan secara militer.

D.        Gerilya berdasar kepada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.

E.         Akhirnya, Belanda angkat tangan dan terpaksa mengajak RI untuk berunding kembali..

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 15 dan 16. 
Bacalah dengan saksama!

Perang Dunia  Kedua (PDII) merupakan perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak negara di dunia. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer. Perang ini pun ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan. Perang Dunia II memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa. Perang Dunia II juga merupakan konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.
 15.        Dalam teks sejarah, cuplikan tersebut tergolong ke dalam ….
       A.      paparan
B.       pengenalan                                                        
C.       pendahuluan
D.      latar belakang
E.       rekaman peristiwa

16.        Cuplikan teks pada soal nomor 1 menyampaikan ….
A.      definisi PD II
B.       keadaan PD II
C.       karakteristik PD II
D.      sebab akibat PD II
E.       latar belakang PD II

       Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 17 dan 18. Bacalah dengan saksama!
Zaman ini diperkirakan berlangsung selama 600.000 tahun silam. Selama kurun waktu tersebut manusia hanya menggunakan alat-alat yang paling dekat dengan lingkungan hidup mereka, seperti kayu, bambu, dan batu. Mereka menggunakan batu yang masih kasar untuk berburu binatang. Batu juga berfungsi sebagai kapak yang digenggam untuk memotong kayu atau membunuh binatang buruan.

17.        Teks tersebut merupakan jawaban dari pertanyaan …

A.      Mengapa zaman batu itu diceritakan?
B.       Kapankah zaman batu itu berlangsung?
C.       Bercerita tentang apakah sejarah zaman batu itu?
D.      Siapakah yang menyelidiki peradaban zaman batu?
E.       Bagaimana proses perkembangan zaman batu di Indonesia?

18.        Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dalam kutipan teks tersebut adalah ….

A.      kalimat pertama
B.       kalimat pertama dan kedua                              
C.       kalimat kedua                                                   
D.      kalimat ketiga
E.       kalimat ketiga dan keempat

19.        Kalimat yang menggunakan keterangan cara adalah ….

A.      dengan melalui sungai dan lembah mereka menyebar ke daerah pantai
B.       tradisi pembuatan gerabah di Nusantara telah berkembang pada zaman Mesolithikum
C.       bangunan-bangunan Megalitikum banyak ditemukan di dataran tinggi Pasemah Sumatra
Selatan
D.      pada zaman ini tradisi pembuatan gerabah berkembang menjadi beberapa kompleks
berikut ini
E.       mereka hidup di gua-gua dan hanya menggunakan peralatan hidup yang sangat sederhana
dari tulang, batu, dan kayu yang berada di lingkungan sekitarnya
       Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Pada tahun 1873, Belanda mengirim utusan ke Kutaraja yang menuntut agar Aceh takluk kepada Belanda. Sultan Mahmudsyah, pengua sa Aceh, menolak tuntutan itu. (2) Belanda mencetuskan perang dengan mengirimkan pasukan yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Kohler.(3) Perlawanan Aceh di Mesjid Raya dapat diatasi Belanda, tetapi Kohler tewas tertembak di depan mesjid. (4) Pasukan Belanda dapat ditahan bahkan dipukul mundur. (5) Serangan pertama Belanda pada tahun 1873 telah mengalami kegagalan.

20.        Kalimat yang predikatnya tidak menyatakan aktivitas adalah nomor ….

A.      (1)                                                                            
B.       (2)    
C.       (3)
D.      (4)
E.       (5)




       Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 21 dan 22. 
        Bacalah dengan saksama!
Teks 1
Pada tahun 1848 Belanda kembali mengi rimkan pasukannya. Belanda mengancam dan meminta pasukannya yang ditawan untuk dibebas kan. Belanda mengetahui bahwa apabila Gusti Jelantik, patih Kerajaan Buleleng, masih bebas akan selalu terjadi perla wanan. Karena itu ia harus diserahkan kepada Belanda. Ternyata raja-raja Bali tidak segera memenuhi tuntutan itu. Pada bulan Juni 1848 pasukan Belanda didatangkan. Mereka menuju Benteng Jagaraga yang merupakan pusat perlawanan orang Bali.
Teks 2
Pada tahun 1873, Belanda mengirim utusan ke Kutaraja yang menuntut agar Aceh takluk kepada Belanda. Sultan Mahmudsyah, pengua sa Aceh, menolak tuntutan itu. Belanda mencetuskan perang dengan mengirimkan pasukan yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Kohler. Perlawanan Aceh di Mesjid Raya dapat diatasi Belanda, tetapi Kohler tewas tertembak di depan mesjid. Pasukan Belanda dapat ditahan bahkan dipukul mundur. Serangan pertama Belanda pada tahun 1873 telah mengalami kegagalan.

21.        Persamaan teks I dengan teks II adalah ….
A.      keduanya mengandung konjungsi korelatif
B.       keduanya bercerita tentang cita-cita Indonesia merdeka
C.       keduanya berperan sebagai pengenalan dalam struktur teks sejarah
D.      keduanya tidak mengandung kalimat yang menyatakan masa lampau
E.       keduanya menjelaskan tempat, waktu, dan proses terjadinya suatu peristiwa

22.        Perbedaan kedua teks di atas adalah ….
A.      teks 1 diawali dengan penjelasan waktu terjadinya peristiwa, teks 2 diakhiri dengan akibat terjadinya peristiwa
B.       teks 1 menjelaskan proses terjadinya peristiwa, teks 2 menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa
C.    teks 1 menceritakan masih menceritakan proses perjuangan, teks 2 bercerita tentang keberhasilan suatu perjuangan
D.      teks 1 cenderung membesar-besarkan keberhasilan bangsa penjajah, teks 2 memihak
perjuangan bangsa
E.       teks 1 banyak menggunakan kalimat bermakna korelatif, teks 2 menggunakan kata kerja
bermakna aktivitas

       Bacalah teks berikut dengan saksama!
Bagi mereka yang mempelajari sejarah kesusastraan Indonesia, pasti akan menjumpai istilah Angkatan 45. Salah seorang yang tidak dapat dilepaskan dari angkatan itu ialah penyair yang tengah kita bicarakan ini. Dunia sastra Indonesia mencatat namanya karena usahanya memberi corak baru dalam puisi kita. Berbeda dengan sajak-sajak sebelumnya, penyair ini benar-benar memperhitungkan pemakaian kata dan ungkapan dalam ciptaannya. Kata-kata yang dipakai benar-benar merupakan representasi dari pemikiran dan pengendapan pengalaman. Singkat, padat, bermakna, dan tentunya tetap menampilkan keindahan bahasa.

23.        Kalimat yang menyatakan analisis terhadap teks di atas adalah ….
A.      teks itu tergolong ke dalam bagian rekaman peristiwa
B.       kalimat terakhir cuplikan tersebut mengandung konjungsi korelatif
C.       terdapat kalimat yang menyatakan perstiwa masa kini dalam teks itu
D.      beberapa kalimat di dalam teks itu mengandung kata kerja yang bermakna aktivitas
E.       bagian penutup teks itu berupa cerita meninggalnya Chairil Anwar yang disebabkan oleh penyakit.

24.    Kalimat yang berfungsi untuk menilai isi teks sejarah adalah …
A.      Apakah bagian-bagian teks itu sudah tersusun secara kronologis?
B.       Apakah fakta-fakta yang disajikannya meyakinkan?
C.       Apakah struktur teks berita itu sudah lengkap?
D.      Apakah bahasa yang digunakannya lugas?
E.       Apakah ejaan/tanda bacanya sudah tepat?

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 11 dan 12. Bacalah dengan saksama!

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA (Belanda) untuk dapat menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

25.    Pelajaran yang dapat dipetik dari kutipan teks tersebut  adalah ….
A.      perjuangan memerlukan pengorbanan
B.       Belanda merupakan bangsa yang kejam
C.       siapa pun orangnya akan menderita kalau berjuang
D.      bangsa asing selalu berniat untuk membuat kerusakan
E.       tidak boleh mudah percaya pada kedatangan orang asing

26.    Dalam struktur teks sejarah, cuplikan tersebut tergolong ke dalam ….

A.      pengenalan   
B.       rekaman peristiwa      
C.       penilaian
D.      komentar
E.       kesimpulan

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan saksama!
Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakjat Indonesia), terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut dengan dinamit. Gudang besar itu meledak dan terbakar bersama kedua milisi tersebut di dalamnya.

27.    Hal menarik yang terdapat di dalam cuplikan tersebut adalah ….
A.      milisi Indonesia lebih tangguh daripada tentara penjajah
B.       kelemahan sistem pertahanan lawan yang ternyata mudah dihancurkan
C.       keterbatasan senjata dapat diatasi dengan semangat persatuan dan kesatuan
D.      pengorbanan dua orang pahlawan demi kemerdekaan bangsa dan negaranya
E.       peledakan kekuatan lawan dapat dilakukan dengan segala bentuk perlawanan

28.    Kata kerja yang bukan termasuk kata kerja tindakan dalam cuplikan tersebut adalah ….
A.      menghancurkan
B.       pertempuran 
C.       terbakar
D.      bersama
E.       meledak

       Bacalah teks berikut dengan saksama!
Pada tahun 1997 krisis moneter melanda berbagai negara di Asia Tenggara dan Asia Timur seperti di Thailand dan Korea Selatan. Nilai tukar mata uang lokal jatuh terhadap dollarAmerika Serikat. Hal tersebut kemudian melanda Indonesia juga.

29.    Teks tersebut n menjelaskan ….
A.      akibat dari globalisasi ekonomi
B.       rangkaian sejarah reformasi di Indonesia
C.       penyebab runtuhnya kekuasaan Orde Baru
D.      kebobrokan sistem politik yang terjadi di berbagai belahan di dunia
E.       krisis moneter sebagai penyebab bangkrutnya banyak negara di dunia

       Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17. Bacalah dengan saksama!
Belanda memusatkan kekuatan untuk merebut Bonjol. Benteng Bonjol dike pung rapat. Pasukan Bonjol masih bertahan sampai tahun 1837. Pada akhirnya benteng Bonjol jatuh setelah pasukan Belanda berhasil mene robos benteng. Tuanku Imam Bonjol ditangkap dan dibuang ke Cianjur. Kemudian dipindah kan ke Minahasa dan meninggal di sana sebagai tawanan.

30.    Kata-kata yang penulisannya tidak sesuai dengan ejaan adalah .…
A.      Bonjol          
B.       Imam Bonjol
C.       benteng Bonjol
D.      Pasukan Bonjol        
E.       Tuanku Imam Bonjol

31.    Kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah kalimat ….
A.      pertama          
B.       kedua           
C.       ketiga
D.      keempat
E.       kelima

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!

Kaum adat kemudian bergabung dengan kaum padri, (1) di bawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol. (2) Penyerbuan dimulai pada tahun 1821 terhadap pos-pos (3) pertahanan Belanda di Semawang, Sulit Air, (4) Sipinang, (5) dan tempat-tempat lainnya.
32.    Penggunaan tanda baca yang tidak tepat ditandai dengan nomor ….
A.      (1)    
B.       (2)    
C.       (3)
D.      (4)
E.       (5)

33.    Kata dengan dalam cuplikan di atas merupakan contoh kata depan yang bermakna ….
A.      alat
B.       cara                                                                   
C.       proses                                                                
D.      penyerta
E.       kegiatan
 Bacalah teks berikut dengan saksama!
Hampir  sepanjang  karirnya,  Samaun  aktif  memperjuangkan  pengembangan  bidang mikroelektronika dan mendorong pembangunan Bandung Silicon Valley atau Kota Chip. Ketika itu, pada tahun 1991, Samaun aktif dalam persiapan pembangunan industri komponen semikonduktor di Bandung. Laboratorium dan industri itu rencananya akan menempati areal sekitar 20 hektar, mencakup berbagai kegiatan, mulai dari desain sampai pengemasannya. Untuk keperluan itu, telah dipersiapkan juga tenaga ahli yang akan mengembangkan industri tersebut. Namun cita-citanya itu belum terwujud hingga dia meninggal dunia.

34.    Teks tersebut  dapat diwakili dengan sebuah kalimat, yakni …
A.      Cita-cita Samaun belum terwujud.
B.       Kepakaran Samaun di bidang teknologi.
C.       Bidang kemajuan teknologi menjadi bidang perhatian Samaun.
D.      Samaun aktif di dalam memperjuangkan pembangunan industri.   
E.     Hampir sepanjang karirnya, Samaun aktif memperjuangkan pengembangan bidang teknologiSumber: Mahmud Hidayat (WA). 

35. Cermatilah teks berikut!
Teks I

Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasaSansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.

Teks II

Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.

1.                     Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….
A. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu
E. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi








 




Kamis, 16 Juli 2020

Politik

TIMOR–TIMUR: PRA-INTEGRASI | Kisah Timor Timur
Mengapa Ada Integrasi
oleh : Muh Hasyim

Pengertian Kata Integrasi
Keterangan kata Integrasi dalam KBBI5 adalah nomina pembaruan hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Atau nomina kompisisi penggabungan aktivitas, program, atau komponen perangkat keras yang berbeda ke dalam satu unit fungsional. Kata turunannya seperti berintegrasi; mengintegrasikan; pengintegrasian; terintegrasi. Gabungan katanya seperti integrasi balik; integrasi bangsa; integrasi data; integrasi horizontal; integrasi kebudayaan; integrasi kelompok; integrasi samping; integrasi sistem; integrasi skala besar; integrasi vertikal; integrasi wilayah. Dari penjelasan ini, penulis memilih gabungan kata integrasi wilayah sebagai obyek penjelasan dalam artikel ini.
Gabungan kata Integrasi Wilayah merupakan politik pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat atas unit-unit atau wilayah politik yang lebih kecil yang mungkin beranggotakan kelompok budaya sosial tertentu. Kata Integrasi wilayah pernah digunakan di wilayah NKRI pada tahun 1976 yaitu dengan bergabungnya wilayah jajahan Portugis di nusantara. Mengapa ada integrasi?
Dalam sejarah penjajahan di wilayah nusantara kita mengenal penjajah dari Portugis, Inggeris, Spanyol, Perancis, dan Belanda semua dari benua Eropa. Bahkan pernah juga dijajah oleh bangsa asia sendiri yaitu  bangsa Jepang.
Pengertian Nusantara dan Cakupannya
Menurut Wikipedia, nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai Papua, yang sekarang sebagian besar merupakan wilayah negara Indonesia. Kata nusantara tercatat pertama kali dalam literatur berbahasa Jawa pertengahan abad ke-12 hingga abad ke-16 untuk menggambarkan konsep ketatanegaraan yang dianut Majapahit.  Dalam buku berjudul Itinerario naer oost ofte Portugaels Indien yang ditulis oleh Jan Huygen van Linshoten tahun 1595 disebutkan bahwa di selatan bola dunia terdapat satu wilayah yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya tidak terdapat di belahan dunia manapun. Negeri ini penuh dengan karet, lada, dan rempah-rempah lainnya. Selain itu, emas dan batu permata tersimpan di perut buminya. Iklimnya sangat bersahabat dan alamnya sangat indah. Bahkan disebutkan juga bahwa di Sumatera Tengah pesisir barat terdapat kapur barus yang dikenal sebagai zat utama ritual para Fir'aun di Mesir sebelum Masehi. Itulah nusantara yang sekarang menjadi NKRI.
Gambaran kekayaan alam nusantara seperti dijelaskan dalam buku tersebut membuat nusantara dikenal dunia. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa jauh sebelum penjajah datang di wilayah nusantara warga pribumi nusantara hidup dalam kedamaian. Tapi  buku karangan Jan Huygen tersebut telah membuka pintu bagi bangsa eropa terutama portugis dan spanyol dan menjelajahi nusantara. Disebutkan pula bahwa  sangat ironis bagi tokoh yang menggerakkan roda sejarah dunia masuk ke dalam kubangan darah adalah dua orang paus yang berbeda yaitu pertama Paus Urbanus II yang mengobarkan perang salib untuk merebut Yerusalem dalam Konsili Clermont tahun 1096. Dan yang kedua, Paus Alexander VI.
Perang salib membuka mata orang eropa tentang peradaban yang jauh lebih unggul. Eropa mengalami pencerahan akibat ketersinggungan dengan pedagang dari Arab. Pedagang Arab dalam buku tersebut digambarkan sebagai pemberani yang telah melayari samudera luas hingga ke nusantara jauh sebelum penjajah eropa datang di nusantara. Ini yang  menggambarkan Indonesia mayoritas beragama Islam karena pengaruh bangsa Arab yang lebih awal mendatangi nusantara lewat perdagangan. Dalam sejarah Islam disebut abad ke-7 bertepatan dengan masuknya Islam ke Indonesia saat Kerajaan Sriwijaya berkuasa.
Sejarah Penjajahan di Nusantara
Paus Alexander VI pada tahun 1494 memberikan mandat resmi gereja kepada Kerajaan Katholik Portugis dan Spanyol melalui Perjanjian Tordesillas. Dalam perjanjian Tordesillas Paus membelah dunia luar daratan eropa menjadi dua kapling untuk dianeksasi. Yaitu lingkaran garis lintang dari Tanjung Pulau Verde, melampaui kedua kutub bumi yang sekarang disebut benua Amerika diberikan kepada Spanyol. Sedangkan Afrika dan India diserahkan Portugis. Kemudian Paus menggeser garis demarkasi ke arah timur sejauh 1.170 kilometer dari Tanjung Verde. Maka Brazil pun jatuh ke tangan Portugis. Ditambahkan juga bahwa jalur perampokan  bangsa eropa ke arah timur jauh menuju kepulauan nusantara pun terbagi dua, Spanyol berlayar ke barat dan Portugis ke timur, keduanya akhirnya bertemu di Maluku, di laut Banda. 
Pada 5 September 1494, Spanyol dan Portugal membuat perjanjian Saragossa yang menetapkan garis anti-meridian atau garis sambungan pada setengah lingkaran yang melanjutkan garis 1.170 kilometer dari Tanjung Verde. garis itu berada di timur dari kepulauan Maluku, di sekitar Guam. Digambarkan juga bahwa bangsa Portugis lebih unggul dari bangsa Spanyol dari berbagai hal. Tetapi Portugis lupa kalau dalam memburu kekayaan alam nusantara itu ada Jan Huygen sebagai pekerjanya yang menulis buku Itinerario naer oost ofte Portugaels Indien. Buku yang telah membuka pintu bagi Belanda dengan armadanya datang menguasai nusantara sampai tiga setengah abad. Kekuasaan bangsa Portugis dan Spanyol meninggalkan bukti golongan pribumi beragama Katholik seperti di Flores dan Timor. Sementara Belanda meninggalkan golongan pribumi yang beragama Kristen. 
Sejarah Integrasi  Timor Portugis ke Wilayah Nusantara NKRI
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investigasi Indonesia mencatat hingga Desember 2019 jumlah pulau di nusantara NKRI 17.491 pulau. Salah satu pulaunya adalah pulau Timor. Pulau Timor adalah sebuah pulau di bagian selatan nusantara, terbagi antara Timor Timur dan Nusa Tenggara Timur. Menurut letaknya terletak di antara BB 118* dan 125*, BS 118* dan 125* dan BT 8* dan 12*. Luas pulau Timor sekitar 30.777 km persegi, Nama pulau ini diambil dari kata 'timur', bahasa Melayu untuk 'timur'. Dinamakan Timur karena letaknya di ujung Timur rantai kepulauan. Catatan sejarah paling awal  tentang pulau Timor adalah Nagarakretagama pada abad ke-14, pupuh 14, yang mengidentifikasi bahwa Timur sebagai sebuah pulau dalam wilayah Majapahit. Timor termasuk jaringan perdagangan Cina dan India abad ke-14 sebagai pengekspor kayu cendana aromatik, budak, madu dan lilin yang lalu dijajah oleh Belanda beribukota di Kupang dan Portugis pada pertengahan tahun 1600-an.
Pulau Timor secara politik dibagi menjadi dua bagian selama berabad-abad. Belanda dan Portugis berjuang untuk mengontrol pulau itu sampai melalui perjanjian Lisboa pada tahun 1859, tetapi mereka masih belum secara resmi menyelesaikan masalah perbatasan hingga tahun 1912. Timor Barat dikenal sebagai Timor Belanda sampai 1949 ketika menjadi Timor Indonesia, dari Timur Hindia Belanda. Sedangkan Timor Timur dikenal sebagai Timor Portugis. Timor Portugis termasuk Oecussi-Ambeno di timor barat menjadi koloni Portugis sampai tahun 1975.
Pasukan Jepang menduduki seluruh pulau pada tahun 1942-1945. Mereka bertahan dalam kampanye gerilya yang pada awalnya dipimpin oleh pasukan komando Australia. Pertempuran Timor (1942-1943) adalah pertempuran perang dunia II. Pertempuran ini terjadi antara Australia, Belanda, Britania Raya, dan Amerika Serikat melawan kekaisaran Jepang yang menyerang pada 20 Februari 1942, Banyak penduduk Timor dan beberapa kolonis Portugis bertempur bersama sekutu sebagai criados (gerilyawan) yang menyediakan makanan dan perlindungan juga bantuan lainnya. Pasukan Australia di pulau Timor sejak 19 Februari 1942- 10 Februari 1943 dengan lokasi Timor Belanda/Timor Portugis dengan hasil Jepang menang taktikal, sekutu menang strategikal. Kekuatan sekutu 2.050 orang melawan pasukan Jepang 12.000 orang. Jumlah korban Timor Portugis 40.000-70.000 penduduk tewas, pasukan Amerika 151 tewas, pasukan Belanda 100 tewas, pasukan Britania Raya 5 orang tewas. Sedangkan pasukan Jepang 2.000 orang tewas.
ABRI Melakukan Pertahanan di Timor Portugis
Sejarah dan Detik-detik Invasi Indonesia... - Info Sejarah ...
Menyusul revolusi anyelir menggulingkan rezim Lisbon pada tahun 1974 di Portugal, koleonel Manuel Lemos Pires sebagai Gubernur Jenderal di Timor Portugis mulai menarik tentaranya dan mengungsi di Atauro atau pulau Kambing. Bersamaan dengan itu Timor Timur memasuki ketidakstabilan. Salah satu perubahan adalah legalisasi partai politik terbentuk. Partai terbentuk adalah Fretilin, UDT, Apodeti, KOTA, Trabalistha.  Setelah pengumuman, (para pemimpin partai berkeyakinan Timor Portugis tidak akan menjadi negara merdeka yang layak tulisan Dunn hal. 62.)
Pada 27 Mei 1974, sekelompok orang (sekitar tiga puluh orang) bertemu di Dili untuk membuat pesta untuk mengadvokasi integrasi ke Indonesia. Partai yang lahir dalam pertemuan itu bernama Associacao para a integrasao de Timor na Indonesia (Asosiasi untuk integrasi Timor ke Indonesia). Partai ini dipimpin oleh Arnaldo dos Reis Araujo. Bapak Arnaldo adalah seorang petani peternak berusia 60 tahun. Beliau pernah bekerjasama dengan pasukan invasi Jepang selama perang dunia ke-II. Bapak Arnaldo menghabiskan beberapa bulan di Jakarta dalam tahun 1974. Dalam kesempatan itu beliau bertemu dengan pejabat pemerintah Indonesia dan dengan cepat menemukan cara untuk mendukung organisasinya.
Dalam manifesto aslinya, partai pimpinan Arnaldo Araujo ini menyerukan pengikutnya untuk integrasi otonom ke Indonesia sementara juga menyatakan dukungan untuk hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi. Partai ini juga menganjurkan  ajaran Indonesia di sekolah-sekolah Timor Timur.
Di lain pihak partai Fretelin dan UDT pendukungnya saling menyerang terjadilah perang antara UDT melawan Fretelin (perang saudara). Massa UDT menyerang dengan membakar rumah penduduk dan membunuh penghuninya dari massa Fretelin. Hari berikutnya massa Fretelin melakukan yang sama. Bahkan berkepanjangan dengan penculikan seluruh pucuk pimpinan UDT lalu dibunuh secara keji. Tokoh-tokoh yang diculik dimasukkan secara hidup-hidup dalam keadaan terikat ke dalam lubang lalu ditembaki dan ditimbung tanah. Ini terjadi di sekitar sungai Mantane Aileu. Sementara di tempat lain mereka yang diculik dipotong lehernya terpisah dengan kepalanya, badannya dibuang ke aliran air di hutan dan kepalanya dikeringkan dengan membakar (melubangi tanah dibentuk seperti tungku api kepala manusia dibakar di atas tungku tersebut). Masih banyak lagi kekejian lainnya yang dilakukakan oleh massa Fretelin di tempat lain. Menurut laporan resmi dari PBB bahwa dari bulan September, Oktober, dan November 1975 Fretelin telah melakukan pembantaian sekitar 60.000 orang penduduk sipil sebagian besar adalah pendukung faksi integrasi dengan Indonesia.  Dalam kehidupan sehari-hari saat itu mencakam, kalau berjumpa di jalan harus kepal tangan untuk simbol pengikut Fretelin dan menunjukkan jari dua (telunjuk dan tengah) untuk pengikut UDT. 
Setelah tentara Portugis diungsikan ke pulau Atauro atau Pulau Kambing oleh Kol. Manuel Lemos Pires sebagai gubernur Timor Portugis, Pada 28 November 1975 bendeira Portugal pun diturunkan oleh pimpinan Fretelin dan diganti dengan bendeira Fretelin sekaligus mendeklarasikan Timor Leste.

JAYBODYINSIDE: DAFTAR KEJAHATAN PERANG YG DILAKUKAN FRETILIN TH ...
Melihat kekejian yang dilakukan oleh Fretelin, beberapa partai yang ada bergabung (Apaodeti, UDT, KOTA, Trabalista) bersepakat pada 30 November 1975 meminta dukungan Indonesia untuk mengambil alih Timor Leste dari kekuasaan Fretelin yang berhaluan komunis.
Di Indonesia, pemerintah Orde Baru yang dipimpin Soeharto sebagai Presiden RI merasa khawatir jika Timor Timur menjadi komunis dan menyebarkan paham tersebut sampai ke Indonesia. Soeharto kemudian menjalin komunikasi dengan Presiden Amerika Serikat kala itu, Gerald Rudolph Ford Jr., terkait hal tersebut. Tanggal 6 Desember 1975, Presiden Ford dan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger, diterima Soeharto di Jakarta. Terungkap dalam Chega: Laporan Komisi Penerimaan, Kebenaran, dan Rekonsiliasi [CAVR] di Timor-Leste Volume 5 (2010), sehari setelah pertemuan itu dilancarkan invasi militer ke Timor Timur yang dikenal sebagai Operasi Seroja. Kala itu, sedang berlangsung perang dingin antara kubu liberal yang digawangi oleh AS melawan kubu komunis dengan Uni Soviet sebagai motornya. Setelah mendengari situasi terkini di Timor Timur, pemerintah AS tentu saja tidak ingin Indonesia menjadi negara komunis. Kelak, dokumen transkrip pertemuan antara Soeharto dengan Ford dan Kissinger itu dipublikasikan tanpa sensor pada 7 Desember 2001. Di situ terungkap bahwa pemerintah AS secara sengaja membiarkan invasi militer Indonesia ke Timor Timur. Selain itu, dikutip dari Washington Post, terkuak juga bahwa Amerika Serikat menyuplai 90 persen senjata untuk militer Indonesia dalam upaya invasi tersebut. Kissinger sempat mengemukakan dalihnya, termasuk menyebut bahwa apa yang dilakukan Indonesia terhadap Timor Timur bukanlah invasi atau operasi militer, melainkan suatu bentuk pertahanan diri. Sebelum Operasi Seroja, pemerintah RI sudah melancarkan operasi intelijen dengan nama sandi Operasi Komodo pada 1974 untuk mencari info-info terkait politik di Timor Timur yang berpusat di Dili.

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Timor Timur "Bergabung" dengan NKRI & Peran Amerika Serikat", https://tirto.id/eesp
Di Indonesia, pemerintah Orde Baru yang dipimpin Soeharto sebagai Presiden RI merasa khawatir jika Timor Timur menjadi komunis dan menyebarkan paham tersebut sampai ke Indonesia. Soeharto kemudian menjalin komunikasi dengan Presiden Amerika Serikat kala itu, Gerald Rudolph Ford Jr., terkait hal tersebut. Tanggal 6 Desember 1975, Presiden Ford dan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger, diterima Soeharto di Jakarta. Terungkap dalam Chega: Laporan Komisi Penerimaan, Kebenaran, dan Rekonsiliasi [CAVR] di Timor-Leste Volume 5 (2010), sehari setelah pertemuan itu dilancarkan invasi militer ke Timor Timur yang dikenal sebagai Operasi Seroja. Kala itu, sedang berlangsung perang dingin antara kubu liberal yang digawangi oleh AS melawan kubu komunis dengan Uni Soviet sebagai motornya. Setelah mendengari situasi terkini di Timor Timur, pemerintah AS tentu saja tidak ingin Indonesia menjadi negara komunis. Kelak, dokumen transkrip pertemuan antara Soeharto dengan Ford dan Kissinger itu dipublikasikan tanpa sensor pada 7 Desember 2001. Di situ terungkap bahwa pemerintah AS secara sengaja membiarkan invasi militer Indonesia ke Timor Timur. Selain itu, dikutip dari Washington Post, terkuak juga bahwa Amerika Serikat menyuplai 90 persen senjata untuk militer Indonesia dalam upaya invasi tersebut. Kissinger sempat mengemukakan dalihnya, termasuk menyebut bahwa apa yang dilakukan Indonesia terhadap Timor Timur bukanlah invasi atau operasi militer, melainkan suatu bentuk pertahanan diri. Sebelum Operasi Seroja, pemerintah RI sudah melancarkan operasi intelijen dengan nama sandi Operasi Komodo pada 1974 untuk mencari info-info terkait politik di Timor Timur yang berpusat di Dili.

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Timor Timur "Bergabung" dengan NKRI & Peran Amerika Serikat", https://tirto.id/eesp
Di Indonesia, pemerintah Orde Baru yang dipimpin Soeharto sebagai Presiden RI merasa khawatir jika Timor Timur menjadi komunis dan menyebarkan paham tersebut sampai ke Indonesia. Soeharto kemudian menjalin komunikasi dengan Presiden Amerika Serikat kala itu, Gerald Rudolph Ford Jr., terkait hal tersebut. Tanggal 6 Desember 1975, Presiden Ford dan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger, diterima Soeharto di Jakarta. Terungkap dalam Chega: Laporan Komisi Penerimaan, Kebenaran, dan Rekonsiliasi [CAVR] di Timor-Leste Volume 5 (2010), sehari setelah pertemuan itu dilancarkan invasi militer ke Timor Timur yang dikenal sebagai Operasi Seroja. Kala itu, sedang berlangsung perang dingin antara kubu liberal yang digawangi oleh AS melawan kubu komunis dengan Uni Soviet sebagai motornya. Setelah mendengari situasi terkini di Timor Timur, pemerintah AS tentu saja tidak ingin Indonesia menjadi negara komunis. Kelak, dokumen transkrip pertemuan antara Soeharto dengan Ford dan Kissinger itu dipublikasikan tanpa sensor pada 7 Desember 2001. Di situ terungkap bahwa pemerintah AS secara sengaja membiarkan invasi militer Indonesia ke Timor Timur. Selain itu, dikutip dari Washington Post, terkuak juga bahwa Amerika Serikat menyuplai 90 persen senjata untuk militer Indonesia dalam upaya invasi tersebut. Kissinger sempat mengemukakan dalihnya, termasuk menyebut bahwa apa yang dilakukan Indonesia terhadap Timor Timur bukanlah invasi atau operasi militer, melainkan suatu bentuk pertahanan diri. Sebelum Operasi Seroja, pemerintah RI sudah melancarkan operasi intelijen dengan nama sandi Operasi Komado pada 1974 untuk mencari info-info terkait politik di Timor Timur yang berpusat di Dili.
Sebelum ABRI melakukan pertahanan ke Timor Timur, dalam sebuah wawancara dengan menteri luar negeri Indonesia saat itu Adam Malik disebutkan bahwa perang saudara di Timor Timur telah menewaskan penduduk sipil 50.000 sampai 80.000 orang (Sydnay Morning Herald 5 April 1977).
Soeharto, Ford, dan Pembicaraan tentang Masa Depan Timor Timur ...
Berawal dari keinginan beberapa partai  politik tersebut, ABRI melakukan pertahanan militer ke Timor Timur 7 Desember 1975. Setelah Kota Dili dikuasai oleh ABRI, koalisi Apodeti dan UDT  membentuk pemerintahan sementara Timor Timur dengan Arnaldo dos Reis araujo sebagai ketuanya. Ini menjelaskan kepada kita bahwa Indonesia masuk ke Timor Timur (Timor Portugis) bukan penjajah tapi memenuhi permintaan bergabung oleh tokoh-tokoh Timor sendiri untuk membebaskan  Timor Timur dari  ideologi Komunis yang dianut oleh Fretelin.

Integrasi Timor Timur - YouTube
Timor Portugis Integrasi dengan Indonesia
Sejak 17 Juli 1976, Timor Timur atau Timor Leste resmi “bergabung” dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat, proses integrasi Timtim didahului dengan rangkaian invasi militer oleh rezim Orde Baru dan disebut-sebut mendapat dukungan dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Timor Timur "Bergabung" dengan NKRI & Peran Amerika Serikat", https://tirto.id/eesp
Sejak 17 Juli 1976, Timor Timur atau Timor Leste resmi “bergabung” dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat, proses integrasi Timtim didahului dengan rangkaian invasi militer oleh rezim Orde Baru dan disebut-sebut mendapat dukungan dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Timor Timur "Bergabung" dengan NKRI & Peran Amerika Serikat", https://tirto.id/eesp
Sejak 17 Juli 1976, Timor Timur atau Timor Leste resmi “bergabung” dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat, proses integrasi Timtim didahului dengan rangkaian invasi militer oleh rezim Orde Baru dan disebut-sebut mendapat dukungan dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Timor Timur "Bergabung" dengan NKRI & Peran Amerika Serikat", https://tirto.id/eesp
 Isi deklarasi Balibo adalah pernyataan kesepakatan oleh Apodeti, KOTA, UDT, dan Partido Trabalhista atas nama rakyat Timor Timur (sebelumnya Timur Portugis), memproklamasikan pengintegrasian bekas Timor Portugis ke Negara Kesatuan RI.Pernyataan ini dilakukan pada 30 November 1975 di Balibo dua hari setelah Fretelin memproklamirkan Timor Leste. ABRI butuh setengah tahun untuk menguasai seluruh wilayah dari kekuasaan Fretelin.
Pada 31 Mei 1976 DPR Timor Timur mengeluarkan petisi yang isinya mendesak pemerintah RI agar secepatnya menerima dan mengesahkan bersatunya rakyat dan wilayah Timor Timur ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas keinginan bergabung rakyat Timor Timur dan permintaan bantuan yang diajukan, pemerintah Indonesia lalu menerapkan "Operasi Seroja" pada Desember 1975. Bersamaan dengan operasi-operasi keamanan yang dilakukan, pemerintah Indonesia dengan cepat menjalankan proses pengesahan Timor Timur ke dalam wilayah Indonesia dengan mengeluarkan UU No. 7 Tahun 1976 tentang pengesahan penyatuan Timor Timur ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pembentukan Daerah Tingkat I Timor Timur.
Pengesahan ini akhirnya diperkuat melalui Tap MPR No. IV/MPR/1978. Timor Timur secara resmi menjadi provinsi ke 27 di wilayah negara kesatuan RI. 
Secara resmi setiap tanggal 17 Juli diperingati sebagai hari integrasi Timor Timur.

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...