Senin, 29 Mei 2023

HARUSKAH PERSIAPAN VISITASI DENGAN REKAYASA ?

 <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8502686439513441"

     crossorigin="anonymous"></script>

PERSIAPAN VISITASI DENGAN REKAYASA  BOLEHKAH?

(CONTOH: evaluasi kegiatan visitasi sma)

Oleh  

Muh. Hasyim

Segala puji hanya untuk Tuhan Yang Maha Esa. Itulah kata yg pantas hamba-Nya ucapkan di setiap nafas kehidupan. Itu rasa syukur kita kepada-Nya. Tentu doa dan salam untuk junjungan kita masing-masing. Sehingga kelak apa yg sdh dilakukan secara bersama ini, mendapat ridho-Nya dan tercatat sebagai amal kebaikan untuk anak cucu.

Masa meninggalkan kenangan. Di smansa Tanjung Harapan baru 20 tahun aku bertugas, tetapi ada banyak kenangan tak terlupakan. Pimpinan saya pertama tak sering pepergian, kedua sering pepergian hingga dompet komite digigit tak bekas, ketiga pepergian datang bawa kabar. Kenangan sekarang

Semua merasa gembira, karena waktu visitasi sudah dilewati dengan berbagai catatan yang hendaknya menjadi renungan kita bersama saat ini. Berikut ini catatannya:

  1. Persiapan sudah bagus dari hasil respons kurang maksimal. Artinya: waktu untuk mempersiapkan bukti kegiatan di sekolah ini cukup memadai, karena hampir setengah tahun. Namun respon rekan guru mengumpulkan perangkat sebagai alat bukti kurang maksimal harus ditagih sama koordinator komponen;
  2. Penyambutan Team Asesor di kampus SMANSA TANJUNG HARAPAN sangat meriah. Tetapi di ruangan visitasi saat acara pembukaan dan penerimaan surat tugas dari Team Asesor, hening cipta cukup menyita perhatian peserta dan tamu undangan. Artinya: Terjadi fakum kekuasaan. Sehingga beberapa menit tetamu menanti peristiwa yang akan terjadi dengan kegelisahan dan suara (krasak-krusuk);
  3. Perangkat Guru ditolak, karena tidak sesuai dengan kurikulum. Artinya: Kurikulum sebagai ujung tombak mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru kurang refleksi baik sebagai guru maupun sebagai ujung tombak;
  4. Sarana Prasarana pendukung KBM dan lainnya ada yg tersulap identitas aspal. Artinya: ada beberapa sarana yg tadinya tdk ada, tetapi saat visitasi diadakan secara mendadak;
  5. Peserta didik SMANSA TANJUNG HARAPAN sangat penurut selama dua hari, karena takut dikeluarkan dari sekolah. Artinya: Dua hari kegiatan visitasi, peserta didik menuruti himbauan kepsek, wakasek kesiswaan dan wali kelas;
  6. Sebagian Guru sangat was-was, karena seakan berjumpa dengan presiden pilihan orang lain. Artinya: Banyak Guru yang was-was saat di ruangan visitasi, karena khawatir namanya disebut oleh Asesor;
  7. Komunikasi antar komponen kurang terjaling baik, karena dokumen yang disiapkan terjadi pendobelan. Artinya: Masing-masing komponen mau komponennya yang paling lengkap. Terlihat di ruangan visitrasi seperti pameran produk komponen, padahal Asesor tidak mengunjungi stand, tetapi bertanya untuk mendapatkan bukti fisik hasil unggahan.
  8. Kegiatan extra kurikuler tiba-tiba popular di masa visitasi. Artinya: beberapa waktu berlalu kegiatan ekstra tidak popular. Dan beberapa kebiasaan seperti 5S(Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun) juga ikut popular di kalangan sekolah.

Dari catatan tersebut ada beberapa saran yang hendaknya kita jadikan pelajaran dan keputusan bersama.

1) Guru PNS dan P3K wajib membuat perangkat paket lengkap. Sebelum ditandatangani kepala sekolah, wakur dan stafnya (team ahli) harus memeriksa terlebih dahulu kelengkapan paketnya. (paket lengkap disepakati bersama dalam rapat dewan guru). Paling kurang ada IHT dari kurikulum atau sekolah undang (dan biayai) instruktur khusus ADM perangkat paket lengkap tingkat SMA setiap awal tahun pelajaran. Dianggarkan dalam komite atau BOS.

2) Guru tidak seperti disebut di atas (bukan PNS dan P3K) hendaknya diterima dengan seleksi ketat. Terseleksi harus dengan syarat setiap tahun ajukan permohonan. Diterima Kembali jika memenuhi kualifikasi (dapat mengajar dengan perangkat paket lengkap dan menjadi guru yang digugu dan ditiru). Tidak boleh ada guru istimewa di sekolah, artinya tidak boleh meninggalkan tugas sebagai guru semaunya. (jika kekurangan dan harus terima guru, libatkan team yang terdiri dari kepsek sebagai penyelenggara sekolah, komite penyandang dana, tokoh Pendidikan pemerhati mutu Pendidikan).

3) Perangkat paket lengkap yang sudah dikoreksi wakur dan stafnya (team ahli) dikembalikan ke penyusun masing-masing. Selanjutnya diedit dan digandakan oleh penyusun atau Tata Usaha  sebanyak 2 exemplar lalu ditandatangani kepsek. Setiap ada tandatangan kepsek hendaknya ada kata catatan kepsek  di bagian akhir. (satu exemplar untuk guru dan lainnya untuk arsip di perpustakaan). Bentuk team ahli dengan sk tugas tambahan sebagai supervisor dengan masa kerja selama 1 tahun. (anggaran dari komite).

4)  Perangkat paket lengkap selalu dihubungkan dengan pergantian kurikulum yang harus direvisi secara bersama oleh sekolah mengikuti prosedur yang baku atau disepakati.

5)  Team ahli yang notabene supervisor hendaknya membimbing terus guru bimbingannya sampai tuntas (1 tahun). Ada  bukti fisik berupa karya inovasi (alat peraga), karya tulis (PTK), hasil refleksi (makalah yang diseminarkan), hasil refleksi antar sesama teman dan siswa. bukti berupa diseminasi. Semua bukti fisik tersebut dalam lampiran dari laporan supervisor kepada kepsek pemberi tugas tambahan. Untuk selanjutnya dijadikan bukti kepsek telah membagi tugas supervisi dengan team dalam menjalankan tugas supervisor.

6) Kata-kata apa yg terakhir disampaikan oleh kepsek, wakasekkesiswaan, wali kelas sehingga selama kegiatan asesor) peserta didik berlaku tertib? Terapkan itu! Hentikan kekerasan fisik dengan berlutut, berbahasa 5 S salam sapa senyum sopan santun diterapkan oleh semua komponen sekolah. Kalau lagi ada masalah lebih baik ijin, jangan masuk kelas menunjukkan kurang 5S. Wali kelas hendaknya melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Jangan pernah absen berdiri di depan kelas masing-masing menerima mereka setiap pagi. (tugas walas dibuat dalam bentuk laporan setiap semester).

7) Data kelulusan ada pada kurikulum, arsip ada di tata usaha. Data masuk Siswa Baru ada di panitia (PSB), data siswa sesuai hasil pembagian kelas ada di wali kelas masing-masing. Data valid siswa disimpan di Tata Usaha Sekolah. Data dimaksud diambil dari setiap wali kelas,  setelah wali kelas melakukan pengisian data wali kelas secara lengkap. Data siswa pindahan diurus oleh tata usaha bukan kesiswaan.

8) Seluruh SK baik pembagian tugas maupun lainnya yg dikeluarkan harus ada petugas koreksi sebelum ditandatangani kepsek.

9)  Petugas kebersihan sekolah dialokasikan waktu bertugas pada saat KBM selesai, jangan melaksanakan kegiatan kebersihan menyapu, membakar pada saat KBM. Koordinator kebersihan hendaknya membuat laporan setiap bulan.

10)Koordinator Satpam hendaknya membuat laporan kegiatan setiap bulan. Unit jaga satpam yang ada di sekolah harus difungsikan selama KBM. Kantin-kantin yg ada di sekolah buka saat istirahat. Sekolah membuatkan panduan atau jadwal membuka kantin beserta sanksi.  Diawasi langsung oleh SATPAM dan penyelenggara kantin. Penyelenggara  kantin juga harus membuat laporan setiap semester.

11)Sekolah menyediakan No WA khusus info penting kepada semua civitas sekolah,  yang tidak membutuhkan tanggapan balik dari luar. Selain kontok perorangan dalam grup yang sdh ada.

12)Sekolah membuat panduan khusus untuk kegiatan ekstra kurikuler agar dipedomani pelatih dan peserta. (Panduan pembayaran jasa pelatih) Pelatih membuat laporan kegiatan tiap tahun dengan bukti hasil yang dicapai, piagam, video kegiatan yang bisa dijual ke publik.

Demikian beberapa catatan dan saran yg dapat disampaikan dalam rapat evaluasi Visitasi team Asesor ini. Tiada maksud tertuju selain niat menuju baik. Jika ada jarum yg patah jangan simpan di dalam peti kalaulah ada lisan yang salah tertulis jangan simpan dalam hati. Terima kasih sdh menyimak. Moga bermanfaat. 

Mohon komentarnya!

TANJUNG HARAPAN, 26052023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...