Minggu, 04 Oktober 2020

Resensi Buku

 Thumbnail

Lentera Sejarah Timor Timur-Indonesia (Gagalnya Sebuah Diplomasi) Basilio Dias Araujo, SS., MA. 

oleh : Muh Hasyim, S.Pd

Resensi ini bersifat Informatif, hanya menyampaikan isi dari buku yang berjudul 'Timor Timur (Gagalnya Sebuah Diplomasi) Basilio Dias Araujo, SS., MA.' (Suatu Analisa dan Kritik dari Seorang Pelaku Sejarah) secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku tersebut.

  1. Judul Resensi : Lentera Sejarah Timor Timur-Indonesia (Gagalnya Sebuah Diplomasi) Basilio Dias Araujo, SS., MA. 
  2. Data Buku : 

  • Judul buku: TIMOR TIMUR GAGALNYA SEBUAH DIPLOMASI
  • Pengarang: Basilio Dias Araujo, SS., MA. 
  • Penerbit    : Indie Publishing
  • Tahun terbit beserta cetakannya: Cetakan Pertama, Maret 2014, Cetakan Kedua, Agustus 2016, ISBN: 978-602-281-067-4
  • Penyunting buku: Hamasah Putri; Depok: Indie Publishing,2014
  • Ukuran Buku : 14 x 21 cm
  • Tebal Buku    : 292 hlm. 
  • Harga buku: Rp. 35.000
     3. Resensi Buku
Isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, rumusan kerangka buku, keunggulan dan kelemahan buku dan penggunan bahasa.
  • Sinopsis Buku:

        Semua penderitaan rakyat Timor Timur, sebagaimana dikisahkan oleh Jorge Junus Aditjondro,               berawal dari abad ke-16 ketika para penjajah dunia asal Portugal menancapkan kakinya pertama            di bumi Timor Lorosae. Selama 4 (empat) abad lebih Portugal menguras habis kekayaan alam                Timor Timur yaitu kayu cendana, minyak alam, dan kopi arabika. Selain itu, memperbudak serta            membantai ribuan orang penduduk asli Timor Timur yang dianggap membangkang atau yang                  tidak mau diperbudak untuk bekerja kepada Perusahaan Minyak Timor Oil dengan upah yang                sangat minim karena dikorupsi habis oleh atasannya yang kulit putih.

Masuknya Indonesia ke Timor Timur berdasarkan deklarasi Balibo tanggal; 30 November 1975 pun tidak bisa dipertahankan dengan baik di forum-forum Internasional oleh para diplomat Indonesia, sehingga tidak bisa menyelesaikan masalah selama 24 tahun Indonesia berkuasa di Timor Timur.

Akhirnya pada tahun 1999 terjadi kesepakatan 5 Mei 1999, di mana Indonesia takluk dan tunduk pada Portugal untuk menerima suatu proses jajak pendapat yang diartikan sebagai referendum seperti yang selama ini dituntut Portugal untuk menyelesaikan proses dekolonisasinya di Timor Timur.

Penyelesaian masalah Timor Timur merupakan suatu pelatihan diplomasi yang gagal (failid diplomatic exercise) karena pihak Departemen Luar Negeri jarang menyertakan orang Timor Timur pro-Integrasi yang mengerti akar permasalahan dan ahli-ahli hukum Indonesia yang mengerti hukum dalam perundingan perundingan di forum-forum Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...