Senin, 24 Agustus 2020

Pengetahuan Agama

Tata Cara Shalat Taubat Nasuha yang Shahih - Bimbinganislam.com

 Sholat Sunnah Dalam Islam

oleh: Muh Hasyim

Sholat Sunnah adalah sholat yang dikerjakan dengan ikhlas karena Allah.

Jenis sholat sunnah dalam Islam ada  bermacam-macam. Jumlah raka'atnya pun berbeda-beda. 

Macam-macam Sholat Sunah

Berikut deretan macam-macam sholat sunnah yang bisa Anda kerjakan sesuai waktu dan kebutuhan Anda. Dilansir dari Islamidia, berikut ulasannya.

1. Sholat wudu

Shalat wudu adalah shalat sunah dua rakaat yang dikerjakan seusai wudu.

2. Sholat Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid adalah shalat sunah dua rakaat yang dikerjaan ketika masuk masjid, sebelum Anda duduk. Shalat tahiyatul merupakan shalat untuk menghormati masjid.

3. Sholat Dhuha

Shalat duha adalah shalat sunah dua sampai 12 rakaat yang dikerjakan ketika matahari telah naik.

4. Sholat Rawatib

Shalat sunah rawatib adalah shalat sunah yang dikerjakan mengiringi salat fardu atau shalat wajib. Terdapat dua macam shalat rawatib, yakni shalat rawatib qabliyah yang dikerjakan sebelum salat fardhu, atau bakdiyah yang dikerjakan setelahnya.

5. Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah shalat sunah yang dilakukan di waktu malam. Sebaiknya dilakukan di sepertiga malam terakhir dan sesudah kita terlelap sebelumnya. Shalat sunah ini minimal dilakukan 2 rakaat.

6. Sholat Istikharah

Shalat istikharah adalah shalat sunah dua rakaat untuk meminta petunjuk yang baik jika kita sedang dihadapkan dengan dua pilihan. Waktu yang baik untuk melakukan shalat sunah ini adalah dua per tiga malam terakhir.

7. Sholat Hajat

Shalat hajat adalah shalat sunah yang dilakukan untuk memohon agar hajat kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah SWT. Shalat sunah ini dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan salam tiap 2 rakaat.

8. Sholat Mutlaq

Shalat mutlaq adalah shalat sunah yang tidak memiliki kaidah waktu pengerjaan dan tidak memiliki sebab untuk dilakukan. Jumlah rakaatnya pun tidak dibatasi.

9. Sholat Taubat

Shalat sunnah adalah shalat yang dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada Allah SWT.

10. Sholat tasbih

Shalat tasbih adalah sholat sunnah sebanyak 4 rakaat yang dikerjakan pada siang hari dengan satu salam, atau malam hari dengan 2 salam.

Shalat tasbih memiliki tata cara yang agak berbeda dengan shalat biasa, karena tiap gerakan diselingi bacaan tasbih sebanyak 10 kali atau 15 kali dengan total bacaan tasbih tiap salatnya berjumlah 75.

11. Sholat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunah sesudah isya yang dilakukan pada bulan Jumlah raka'atnya berbeda-beda. Ada yang mengerjakan 11 raka'at dan ada yang mengerjakan 21 raka'at.

12. Sholat Witir

Shalat witir adalah shalat sunah muakkad atau dianjurkan yang dirangkaikan sebagai penutup salat tarawih. Jumlah raka'atnya berbeda-beda ada yang mengerjakan 1 raka'at dan ada yang mengerjakan 3 takat

13. Sholat Hari Raya

Shalat hari raya adalah shalat sunah yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri 1 Syawal dan Idul Adha 10 Dzulhijah.  Jumlah raka'atnya dua dengan takbir 7 kali  pada raka'at pertama dan takbir 5  kali padla raka'at kedua. Sholat hari raya adalah sunnah muakkad atau dianjurkan.

14. Sholat Khusuf

Shalat khusuf adalah sholat sunah yang dilakukan saat terjadi gerhana matahari atau bulan. Shalat sunnah ini dikerjakan minimal dua rakaat.

15. Sholat Istiqa

Shalat istiqa adalah shalat sunah yang ditujukan untuk meminta hujan kepada Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...