KRITIK DAN ESAI SASTRA
OLEH
MUH HASYIM, S.Pd.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia
Pertemuan ke-99
Nama Sekolah :SMA Negeri 1 Atambua
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XII/Genap
Tahun Pelajaran : 2020/ 2021
Alokasi Waktu :2 JP x 10 minggu (20 x Pertemuan)
A. Kompetensi Dasar |
Membandingkan kritik sastra
dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis |
||||
Mengonstruksi sebuah kritik
atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis |
|||||
B. Tujuan Pembelajaran |
Siswa dapat Menjelaskan
lingkup materi kritik dan esai sastra |
||||
C.
Materi Pembelajaran |
Pengertian kritik dan esai sastra |
||||
D. MetodePembelajaran |
ceramah dan penugasan |
||||
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (15 9Menit) □
Guru
mengucapkan salam saat masuk kelas dan menanyakan keadaan peserta didik □
Guru dan Peserta didik berdoa bersama dan menyanyikan lagu wajib
Nasional □
Guru mengecek kehadiran siswadan memberi motivasi (yel-yel) □
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
pembelajaran tentang topik yang akan dibahas □
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah
pembelajaran serta memberikan apersepsi entang materi yang
akan dipelajari 2. Kegiatan Inti (60 Membandingkan kritik sastra dan esai
dari aspek pengetahuan dan pandangan penulisMenit) □
Literasi : Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi tentangpengertian kritk dan esai
sastra □
Berpikir
Kritis : Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. □
Kolaborasi
: Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi. □
Komunikasi : Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan. □
Kreatif : Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami. 3.Penutup (15 Menit) □ Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman
belajar □ Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat □ Guru memberikan penugasan kepada siswa yang berhubungan materi
yang telah disampaikan □ Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya dan berdoa. |
|||||
E. Alat dan Sumber Belajar 1. Alat/bahan:Papantulis, Spidol, Laptop/computer, LCD Proyektor, Handphone 2. Sumber/media: □ BukuBahasa Indonesia Kelas XII Penerbit Intan Pariwara, Ika Setyaningsih dkk □
Internet http://gg.gg/bindosmansa https://drive.google.com/drive/folders/1BSuckmklTzVXidNx9lBGClUpiuwFHoU1?usp=sharing |
|||||
F. PenilaianHasilBelajar
Z |
Mengetahui, KepalaSMA Negeri 1 Atambua, Drs.Marianus Antoni NIP.196203051994121001 |
Atambua, 13 Januari 2021 Tim Guru Mata Pelajaran Bindo 1. Muh. Hasyim, S.Pd NIP. 196902071998021003 NIP. 196611231994032006 |
BAHAN AJAR
AGAR KALIAN DAPAT MEMAHAMI PENGERTIAN KRITIK DAN ESAI SASTRA, MAKA BAPAK MENYARANKAN KALIAN UNTUK MEMBACA LINK DI BAWAH INI!
SELAIN LINK DI ATAS, BACA JUGA MATERI DALAM BUKU BERIKUT DALAM LINK DI BAWAH INI.
https://drive.google.com/drive/folders/1BSuckmklTzVXidNx9lBGClUpiuwFHoU1?usp=sharing
SETELAH MEMBACA MATERI PADA LINK TERSEBUT, SELANJUTNYA KERJAKAN SOAL BERIKUT!
1. JELASKAN PENGERTIAN KRITIK SASTRA!
2. JELASKAN JUGA ESAI SASTRA!
JAWABAN DITULIS DALAM KOMENTAR BLOG INI!