Selasa, 12 Januari 2021

PELAJARAN BAHASA INDONESIA XII

 


KRITIK DAN ESAI SASTRA

OLEH 

MUH HASYIM, S.Pd.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia

Pertemuan ke-99

 

Nama Sekolah                 :SMA Negeri 1 Atambua

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester              : XII/Genap

Tahun Pelajaran            : 2020/ 2021

Alokasi Waktu                :2 JP x 10 minggu (20 x Pertemuan)

 

A.      Kompetensi Dasar

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

B.      Tujuan  Pembelajaran

Siswa dapat Menjelaskan lingkup materi kritik dan esai sastra

C.      Materi Pembelajaran

Pengertian kritik dan esai sastra

D.      MetodePembelajaran

ceramah dan penugasan

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 9Menit)

   Guru mengucapkan salam saat masuk kelas dan menanyakan keadaan peserta didik

   Guru dan Peserta didik berdoa bersama dan menyanyikan lagu wajib Nasional

   Guru mengecek kehadiran siswadan memberi motivasi (yel-yel)

   Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan dibahas

   Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran serta memberikan apersepsi entang materi yang akan dipelajari

2.   Kegiatan Inti (60 Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulisMenit)

   Literasi : Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi tentangpengertian kritk dan esai sastra

   Berpikir Kritis : Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.

   Kolaborasi : Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi.

   Komunikasi : Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.

   Kreatif : Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.

3.Penutup (15 Menit)

   Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

   Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

   Guru memberikan penugasan kepada siswa yang berhubungan materi yang telah disampaikan

   Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa.

E.      Alat dan Sumber Belajar

1.       Alat/bahan:Papantulis, Spidol, Laptop/computer, LCD Proyektor, Handphone

2.       Sumber/media:

   BukuBahasa Indonesia  Kelas XII Penerbit Intan Pariwara, Ika Setyaningsih dkk

   Internet http://gg.gg/bindosmansa

https://drive.google.com/drive/folders/1BSuckmklTzVXidNx9lBGClUpiuwFHoU1?usp=sharing


F.       PenilaianHasilBelajar

InstrumenPenilaian

Teknik Penilaian

   Sikap :Lembar pengamatan/observasi

   Pengetahuan :Tes tertulis, tes lisan, observasi terhadap diskusi, tanya jawab dan percakapan serta penugasan

   Keterampilan :Penilaian unjuk kerja, proyek, produk dan portofolio

­­­

Z

Mengetahui,

KepalaSMA Negeri 1 Atambua,

 

 

Drs.Marianus Antoni

NIP.196203051994121001

Atambua, 13 Januari 2021

 Tim Guru Mata Pelajaran Bindo


1.        Muh. Hasyim, S.Pd

                                                                                                                                NIP.  196902071998021003

 

 

 

 

 

 2.        Dra. Rita Utami

           NIP. 196611231994032006


BAHAN AJAR

AGAR KALIAN DAPAT MEMAHAMI PENGERTIAN KRITIK DAN ESAI SASTRA, MAKA BAPAK MENYARANKAN KALIAN UNTUK MEMBACA LINK DI BAWAH INI!

http://jaddung.blogspot.com/2018/02/pengertian-jenis-jenis-dan-struktur-dalam-kritik-sastra-dan-esai.html#google_vignette

SELAIN LINK DI ATAS, BACA JUGA MATERI DALAM BUKU BERIKUT DALAM LINK DI BAWAH INI.

https://drive.google.com/drive/folders/1BSuckmklTzVXidNx9lBGClUpiuwFHoU1?usp=sharing

SETELAH MEMBACA MATERI PADA LINK TERSEBUT, SELANJUTNYA KERJAKAN SOAL BERIKUT!

1. JELASKAN PENGERTIAN KRITIK SASTRA!

2. JELASKAN JUGA ESAI SASTRA!

JAWABAN DITULIS DALAM KOMENTAR BLOG INI!



Senin, 23 November 2020

Cara dan Panduan Mudah Menulis Artikel Bagus (Lengkap)

MARI BELAJAR ARTIKEL
Buka dan tonton serta Simaklah  dengan saksama sebagai referensi menulis artikel!

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian:

  1. Pernyataan pendapat atau tesis;
  2. Argumentasi;
  3. Pernyataan ulang atau reiterasi. 

Pernyataan pendapat atau tesis

Bagian pada struktur artikel ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pembahasan di dalam artikel. Atau  berfungsi untuk mengenalkan isu, masalah, gagasan utama, atau pandangan penulis secara umum yang kemudian akan dibahas dalam teks.

Tesis berada di paragraf pertama dan kedua karena gagasan utama dan permasalahan yang dibahas misalnya tentang 'membuang sampah serta dampak buruknya untuk lingkungan dan kesehatan'. 

Argumentasi

Argumentasi berisi permasalahan yang dibahas dan dikupas secara faktual dan informatif. Atau bentuk retorika yang bertujuan meyakinkan pembaca agar sependapat dengan pandangan penulis, dengan cara menyajikan bukti-bukti yang mendukung opini penulis. Sebagai contoh: "Pilot memperoleh banyak uang (premis). Saya ingin menghasilkan banyak uang (premis). Saya harus menjadi pilot (kesimpulan).

Pernyataan Ulang atau Reiterasi

Reiterasi berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk simpulan.Bentuk ungkapan yang biasanya sering disampaikan adalah dengan memberi penegasan menggunakan konjingsi: demikianlah; dengan demikian; oleh karena itu. Sebagai contoh dari tesis tersaji ' Demikian dampak buruk yang ditimbulkan dari sampah yang dibuang sembarangan mengakibatkan banjir meluap.

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...