Rabu, 26 Agustus 2020

Proposal

 

KATA PENGANTAR

     Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas perlindungan-Nya sehingga proposal permohonan dana kegiatan Musda Pimpinan Daerah Muhammadiyah Belu dapat diselesaikan dengan baik.

Musda: Pimpinan Daerah Muhammadiyah merupakan kegiatan organisasi keagamaan yang dilakukan setiap lima tahun di tingkat kabupaten di seluruh  Indonesia. Muswil:  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di tingkat propinsi. Mukhtamar: Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sedangkan di bawah Pimpinan daerah ada pimpinan cabang dan pimpinan ranting.

     Musda: Pimpinan Daerah Muhammadiyah Belu, tahun ini, akan dilaksanakan dengan tema :  PENEGUHAN JATI DIRI KADER DALAM MENGGELORAKAN DA’WAH AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR”  Melaui Musda tersebut, diharapkan memilih kader yang teguh dalam pendirian untuk menggelorakan  da,wah amar ma,ruf nahi mungkar sesuai tujuan pendirian organisasi ini oleh para pendirinya.     Dengan demikian, kader-kader terpilih dapat melaksanakan tugas perserikatan dengan baik dan dapat bekerjasama dengan semua pihak untuk kemaslahatan Indonesia umumnya dan Belu khususnya.

Team Penyusun

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

KATA  PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………. i

DAFTAR  ISI             …………………………………………………………………………………………….. ii

PENDAHULUAN

1.      LatarBelakang………………………………………………………………………………………… 1

2.      Visi dan Misi    …..…………………………………………………………………………………… 2

3.      Saran    ………………………………………………………………………………………………….. 4

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

1.      Jenis Program, Tujuan, Kegiatan ……………………………………………………………. 5

2.      Rencana Anggaran     ……………………………………………………………………………… 7

3.      Jadwal Kegiatan   ………………………………………………………………………………….. 10

PENUTUP

1.      Kesimpulan   …………………………………………………………………………………………. 11

2.      Saran   …………………………………………………………………………………………………… 12

 

 

PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang

Muhammadiyah Daerah Belu berada di Kabupaten Belu memiliki daerah kerja meliputi Atambua dan sekitarnya, Kakuluk Mesak, Tasbar, dan Malaka Tengah.

Perserikatan Muhammadiyah di Nusa Tenggara Timur diperkenalkan dan dirintis para pedagang/saudagar dari Makassar sekitar tahun 1935 (Bukti awal Masjid Mujahidin di desa Geliting dengan Mimbar berlogo Muhammadiyah tahun 1937 dan adanya kampung Makassar di Bandar (palabuhan lama) Geliting - Maumere . Bandar atau pelabuhan laut itu sekarang telah dipindah key Maumere, jarak sekitar 9 km dari Geliting. Setelah masa kemerdekaan perkembangan Muhammadiyah di kota Kupang, Waingapu, Ende dan kota kebupaten lain di NTT dibawa oleh Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan oleh pemerintah sejak akhir tahun 50-an dan berlangsung hingga saat ini. Untuk daerah Belu Muhammadiyah masuk baru pada tahun 90-an bersamaan dengan ditetapkan berdirinya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTT pada tahun 1986. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau sebagian pimpinan/aktifis Muhammadiyah adalah PNS.

   Secara umum diakui bahwa Muhammadiyah memiliki sumber daya kader yang selama ini dikenal cukup potensial. Masyarakat mengenal orang Muhammadiyah sebagai sosok santri terpelajar, berpikiran modern, gemar beramal, terpercaya dan memiliki kemampuan serta keahlian yang baik.

Akhir-akhir ini mulai dirasakan spirit  bermuhammadiyah kader  ada indikasi berkurang, baik secara kualitas maupun kuantitas.

     Untuk kepentingan itu semua, maka perlu dilakukan peninjauan kembali tentang aturan-aturan yang selama ini telah digunakan, baik tentang hubunganperserikatan dengan amal usaha, kebijakan pimpinan, arah dan system pengkaderan, dan sebagainya.

2.   Visi dan Misi

a.      Visi

Tertatanya managemen organisasi dan jaringan agar mampu dan efektif untuk menjadi gerakan Islam yang maju, professional dan modern serta meletakkan landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas perserikatan dan amal usaha

b.      Misi

-          Menegakkan keyakinan tauhid yang murni

-          Menyebarluaskan ajaran Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan As- Sunnah

-          Mewujudkan amal Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat

3.      Sasaran:  Sasaran dalam kegiatan tersebut adalah:

1)      Terlaksananya nilai ajaran Islam yang bersumber pada Al-Qur’an;

2)      Terevitalisasinya sistem gerakan yang terpadu dan teratur serta dilandasi keikhlasan dan komitmen yang kuat;

3)      Terumuskan dan tersosialisasikan serta terlaksananya ideologi, visi dan misi gerakan .

 

PROGRAN DAN RENCANA KEGIATAN

1.      Program –Tujuan - Kegiatan

PROGRAM

TUJUAN

KEGIATAN

MUSDA

1)      Laporan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Belu;

2)      Sidang Pleno;

3)      Sidang Pemilihan.

 

Sidang Pleno

1.      Menanggapi laporan pimpinan Daerah

2.      Merumuskan program kerja 5 tahunan

3.      Memilih pimpinan daerah muhammadiyah

 

 Contoh Proposal Kegiatan Isra Mi'raj – IKARELA

2.      Rencana Anggaran

NO.

JENIS PENGELUARAN

(Konsumsi, Bahan, Transportasi, DLL)

JUMLAH PENGELUARAN

KETERANGAN

HONORARIUM

01

Penceramah

1 orang

Rp

500.000

 

JUMLAH

Rp

500.000

 

BAHAN

02

ATK

Rp

800.000

 

03

50 paket alat tulis

Rp

200.000

 

04

20 bendera besar kecil

Rp

600.000

 

05

Spanduk 2 lembar

Rp

300.000

 

06

Kartu pengenal panitia dan peserta 60 orang

Rp

300.000

 

JUMLAH

Rp

2.200.000

 

TRANSPORTASI

07

Peserta:

50 orang x@50.000

Rp

2.500.000

 

JUMLAH

Rp

2.500.000

 

LAIN-LAIN

08

Konsumsi:

2 x 75 x Rp 7.500 snack dan makan:150 porsi x@Rp. 15.000)

Rp

    1.125.000 +

2.250.000=3.375.000

 

 

09

Sewa Gedung (tempat sidang: Nusantara 2)

Rp

1.000.000

 

10

Dokumentasi dan pelaporan

Rp

100.000

 

11

Biaya tak terduga

Rp

100.000

 

JUMLAH

Rp

4.575.000

 

 

JUMLAH PENGELUARAN SELURUHNYA

 

Rp

9.775.000

 

 

 

 

3.      Jadwal Kegiatan

Hari /Tanggal

Jam

Acara

Narasumber

Rabu 27 Juli 2011

07.30-08.00

 

Registrasi peserta musyawarah pimpinan

 

OC

08.00-10.00

 

1.      pembukaan

MC

2.      Pembacaan Qalam Ilahi

Petugas

3.      Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah

Petugas

4.      Laporan Panitia Pelaksana

Panlak

5.      Pidato Iftitah Ketua PDM Belu

Kaliman B. L

6.      Sambutan Bupati Belu

Bupati Belu

7.      Sambutan PWM sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Pimpinan dengan resmi

Ketua PWM

8.      Penutup

MC

9.      Ramah Tamah

OC

10.00-1145

 

1. Pleno: pengesahan calon anggota dan tatib pemilihan anggota PDM masa bakti 2011/2016

PDM Panitia Pemilihan

 

2. Pleno I Laporan PDM Belu

Kaliman B. L

 

4.      Pleno II Jawaban PDM atas tanggapan PCM daerah

Kaliman B. L

 

11.45-13.00

ishoma

OC

13.00-15.00

Pleno III Pembagian sidang komisi

a.      Umum

b.      Program

c.       rekomendasi

Panlak

15.00-15.45

ishoma

OC

15.45-17.30

1. Pleno IV Pengesahan Hasil Sidang Komisi

PDM

2.Pleno V Pemilihan anggota PDM Belu masa jabatan 2011/2016

PDM Panitia Pemilihan

Sidang anggota PDM Belu terpilih

-pemilihan calon ketua

-penetapan anggota tanwir

PDM Panitia Pemilihan

3.Pleno VI Pengumuman hasil pemilihan calon ketua dan anggota tanwir

PDM Panitia Pemilihan

17.30-18.30

ishoma

OC

19.30-selesai

Penutupan MUSDA

1.      Pembacaan Qalam Ilahi

2.      Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah

3.      Laporan Panitia Pelaksana

4.      Pidato penutupan calon  Ketua PDM Belu terpilih

5.      Sambutan PWM sekaligus menutup musda dengan resmi

6.      penutup

OC

 

PENUTUP

 

Kesimpulan

 

1.       Block Grant yang sedang diajukan ini merupakan sebuah dukungan dan stimulus yang sangat berarti bagi revitalisasi organisasi keagamaan di Belu

2.      Semua program dapat terlaksana dengan baik karena adanya partisipasi dari peserta dan panitia.

3.      Adanya peningkatan pemahaman berorganisasi kader dalam bermuhammadiyah.

4.      Terciptanya akhlak mulia di kalangan kader.

5.      Secara perlahan pemahaman berorganisasi kader dapat tercapai dengan baik

Saran

1.      Bagi Para peserta, agar dapat memanfaatkan bantuan dana stimulus Block Grant ini dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan kader yang berkualitas.

2.      Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Belu, agar dapat mendukung kegiatan MUSDA dengan mengalokasikan dana pendamping

 

 

Pengetahuan Agama

Tanya Jawab Agama Islam - YouTube 


1. Para Nabi atau Rasul Semua Dari Daerah Timur Tengah

Ass.Wr.Wb

Pak Ustadz yang saya hormati, mengapa Allah SWT memilih para nabi dan rasulnya dari Timur Tengah, apa ada nabi/rasul yang dari daerah lain (Eropa, Afrika atau Asia)? Mohon penjelasannya, sukron. Jazakallah khairan khatsiro. Wassalam,

Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

      Nabi dan rasul yang kita kenal itu sedikit sekali dibandingkan dengan jumlah mereka sesungguhnya. Dan 25 nabi dan rasul itu hanyalah mereka yang namanya disebutkan di dalam Al-Quran Al-Karim secara jelas. Meski di dalam Al-Quran Al-Karim, Allah SWT menyebutkan beberapa orang yang sebenarnya nabi tapi tidak disebutkan siapa nama mereka.
      Misalnya di dalam surat Al-Kahfi, orang itu hanya disebutkan sebagai hamba yang shalih tanpa disebutkan identitasnya atau namanya. Para mufassir mengatakan bahwa hamba yang shalih itu adalah nabi Khidr as.
      Begitu juga nabi bani israil yang menyebutkan bahwa mereka akan dipimpin oleh seorang raja baru yang namanya Thalut. Nabi itu diceritakan dalam Al-Quran Al-Karim tapi tidak disebutkan namanya.   Allah SWT berfirman :

Dan (kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. (QS. An-Nisa : 164).

وَرُسُلا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil. (QS. Al-Mu’min : 78).

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلا مِنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَنْ لَمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ فَإِذَا جَاءَ أَمْرُ اللَّهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُونَ

 Jadi karena jumlah yang kita ketahui itu sangat sedikit itu, kita tidak bisa mengatakan bahwa selain di Timur Tengah tidak ada nabi. Yang benar adalah bahwa riyawat nabi-nabi yang kita kenal memang umumnya yang tinggal di Timur Tengah. Terutama di wilayah Syam, karena itu, negeri itu disebut dengan Ardhul Anibya’ atau negeri para nabi.

Tapi bukan berarti tertutup kemungkinan sama sekali di belahan bumi lainnya tidak pernah ada nabi. Karena logika Al-Quran Al-Karim menyebutkan bahwa tidak mungkin ada suatu ummat atau kaum, kecuali Allah SWT telah mengirim kepada mereka nabi / rasul.

Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلا خَلا فِيهَا نَذِيرٌ


Sedangkan sunnah nabawiyah memberi informasi lebih detail tentang jumlah nabi dan rasul.
Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW,:Berapakah jumlah para nabi ?”. Beliau SAW menjawab,”Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah Rasul”. (HR. Ahmad dalam musnadnya dan Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.
 

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

 


2. Mengapa Nabi Ibrahim Disebut Bapak Agama Tauhid?


ustadz, mengapa nabi ibrahim disebut bapak agama tauhid. bukankah nabi-nabi sebelumnya &   sesudah nabi ibrahim juga mambawa misi tauhid?

Jawaban:
      Nabi Ibarahim dikatakan sebagai Bapak Agama Tauhid karena beliau adalah sosok yang darinya lahir tiga agama besar, yaitu Yahudi, Nasrani dan Islam. Ketiga agama itu memang agama tauhid yang sebenarnya doktrin ketauhidannya sangat jelas.
      Paling tidak bila dibandingkan dengan agama-agama bumi lainnya atau mitos-mitosnya. Mitologi yunani misalnya, adalah mitologi yang dipenuhi dengan dewa yang berjibun. Begitu juga motis-mitos India yang sarat dengan dewa apa saja. Tak ketinggal dengan mitologi Cina kuno yang juga beranggapan bahwa setiap benda punya dewa tersendiri. Dan tentunya mitologi agama pedalaman seperti Di Afrika, Autralia, Amerika, Asia dan Eropa. Dibandingkan dengan konsep ketuhanan Yahudi, Nasrani dan Islam, tentu jelas sekali perbadaannya.
      Yahudi sebagai sebuah agama secara tegas bertuhan kepada Allah SWT, meski banyak prilaku umatnya kemudian yang menuhankan orang shalih, seperti Uzair. Atau juga perilaku ummat Musa dahulu yang minta dibuatkan patung anak sapi. Tetapi konsep tentang Tuhan, Rasul dan Kitab Suci serta adanya syariat yang datang dari Allah SWT itu tetap ada.
      Nasrani juga secara tegas bertuhan kepada Allah SWT, meski generasi berikutnuya mulai menyembah Nabi Isa, Maryam dan malaikat Jibril. Juga sering membuat patung mereka dan dipasang di gereja. Tapi konsep bahwa Allah SWT itu ada, atau ada juga nabi dan juga kitab suci, jelas masih diakui.
      Dan Islam adalah agama yang secara tegas mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT. Bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya. Bahwa Al-Quran Al-Karim adalah kitab suci yang turun dari-Nya. Dan semua bentuk syirik dalam pola yang paling kec\il pun sudah diharamkan. Sehingga Islam tidak pernah mentolelir pembuatan gambar Muhammad SAW dan para nabi lainnya, apalagi patungnya. Mengingat pembuatan patung itu adalah pintu syetan dalam menghidupkan kembali paham keberhalaan.
      Dan semuanya menginduk kepada sosok Ibrahim as yang telah melahirkan dua anak, yaitu Nabi Ismail dan adiknya nabi Ishaq. Dari Nabi Ismail, lahirlah Muhammad SAW dan dari Nabi Ishaq lahirlah Musa as dan Isa as. Bahkan semua nabi dan rasul memang merupakan keturunan Nabi Ibrahim AS.
      Sosok Ibrahim as juga dikenal sebagai Bapak Tauhid karena kisah beliau dalam mentauhidkan Allah SWT. Sebagaimana diceritakan Al-Quran Al-Karim.

Ketika malam telah menjadi gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: "Inilah Tuhanku" Tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: "Saya tidak suka kepada yang tenggelam". . (QS. Al-Anam : 76).

فَلَمَّا جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ رَأَى كَوْكَبًا قَالَ هَذَا رَبِّي فَلَمَّا أَفَلَ قَالَ لا أُحِبُّ الآفِلِينَ




Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: "Inilah Tuhanku". Tetapi setelah bulan itu terbenam dia berkata: "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang-orang yang sesat".. (QS. Al-Anam : 77).

فَلَمَّا رَأَى الْقَمَرَ بَازِغًا قَالَ هَذَا رَبِّي فَلَمَّا أَفَلَ قَالَ لَئِنْ لَمْ يَهْدِنِي رَبِّي لأكُونَنَّ مِنَ الْقَوْمِ الضَّالِّينَ

 

Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar", maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata: "Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. . (QS. Al-Anam :78).

فَلَمَّا رَأَى الشَّمْسَ بَازِغَةً قَالَ هَذَا رَبِّي هَذَا أَكْبَرُ فَلَمَّا أَفَلَتْ قَالَ يَا قَوْمِ إِنِّي بَرِيءٌ مِمَّا تُشْرِكُونَ

 

Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. . (QS. Al-Anam : 79).

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ



3. Petujuk Dari Ruh Orang Meninggal


tbs - magetan

Ustadz saya mau bertanya bagaimana hukumnya apabila dalam suatu waktu terjadi kasus pembunuhan lalu karena susah untuk dipecahkan maka diadakan ritual untuk memanggil roh orang yang sudah mati itu untuk mendapatkan petunjuk siapa yang membunuh, seperti kasus meninggalnya udin wartawan bernas yang katanya darahnya dilarung untuk mendapat petunjuk. karena hal itu masih sering dilakukan apakah hal itu benar kalau arwah yang meninggal itu bisa dipanggil atau kah yang datang itu berupa jin... tetapi kenapa kadang - kadang petunjuk yang diberikan itu katanya benar ? terima kasih ustadz


Jawaban:

Syetan dan jin memang pakar kejahatan dan memiliki trik dan tips jitu untuk membuat sebuah dosa menjadi berkembang menjadi sekian banyak dosa lainnya secara sporadis. Langkah-langkah syetan itu sangat efektif dan efisien, cukup dengan gerakan sederhana, namun efeknya bisa sedemikian besar.

Salah satu caranya adalah dengan membangun jaringan konspirasi dengan tukang santet dan dukun. Kerjasama mereka bisa dengan pola menjadi backing dari dua pihak yang bertikai lalu mengipasi permusuhan di antara keduanya hingga dosa terus bertubi-tubi mereka lakukan. Dalam kasus seperti yang Anda sebutkan, syetan akan membuat fitnah dengan berpura-pura menjadi roh orang mati yang hadir kembali, lalu menuduh siapa pun yang mau dituduhnya sebagai pembunuh. Dan mengipasi keluarganya untuk membalas dendam dan melakukan hal serupa, yaitu dengan balas membunuh juga. Dan tentu saja keluarga yang dituduh membunuh tidak akan terima dan akan melakukan pembalasan serupa. Lalu terjadilah perang bunuh membunuh antar keluarga dengan menggunakan biro jasa syetan.

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu …(QS. Al-Maidah : 91)

Dan terceburlah kedua keluarga itu ke dalam jahannam yang apinya menggelegak. Hanya dengan sebuah trik pura-pura jadi arwah dan meniupkan kebohongan dan fitnah.

Maha benar Allah SWT ketika berfirman :

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh, karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala(QS. Faathir : 6)

Ritual memanggil arwah bukanlah hal yang syar’i. Dan tentu saja yang datang bukanlah arwah orang yang mati melainkan jin / syetan yang sedang beraksi. Metode ini jelas melanggar aqidah yang merupakan perbuatan syirik. Selain itu melahirkan tuduhan bohong kepada orang lain tanpa bukti yang syar’i, hanya karena mendengar ocehan sang laknat keparat terkutuk. Tuduhan ini tidak pernah bisa diterima secara hukum lantaran keuar dari orang yang sedang kesurupan. Sebaliknya merupakan fitnah keji yang menjadi bola api panas yang dilemparkan oleh calon penghuni jahannam itu ke tengah manusia. Siapa yang menangkapnya pastilah akan ikut menjadi peserta kontingen ke neraka. Nauzu billahi min zalik.

Jadi sudahlah, jangan percaya dengan orang yang kesurupan dan kembali saja ke jalan manusia yang waras. Allah SWT sudah menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik, mengapa harus turun derajatnya ke alam rendahan seperti itu ?

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah



 4. Menghadiri Pesta Pernikahan Umat Kristen


nadia - tangerang

 

Bolehkan saya menghadiri acara pernikahan seorang teman yang beragama kristen, namun acara nya bukan di gereja tapi taman karena mereka orang Belanda.

 

terimakasih

 

 

Jawaban:

 

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

 

 

Anda boleh saja hadir dalam pernikahan teman Anda yang lain agama. Asalkan syaratnya bahwa acara itu bukanlah berbentuk ritual peribadatan sebuah agama. Sebab umat Islam diharamkan menghadiri ritual agama lain sebab sama saja dengan ikut menyembah tuhan mereka. Yang penting dalam acara itu Anda tidak ikut makan makanan dan minuman yang diharamkan dalam Islam. Dan hindari untuk duduk pada suasana yang dihidangkan di dalamnya minuman keras.

 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,

Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

 

 

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

 



 5. Undangan Nikah Di Gereja

Riastomurti - jakarta

Assalamu 'alaikum wr. wb,
Pak Ustadz, saya punya teman akrab, namun seorang Nasrani (Katolik). Kawan saya ini akan melangsungkan pernikahannya. Kebetulan pernikahannya itu, akan dilangsungkan di Gereja. Pertanyaannya : 1. Bolehkah saya menhadiri undangan tersebut? 2. Bolehkah saya mengikuti upacara pernikahan yang dilaksanakan? 3. Bolehkah saya ikut menyantap makanan/masakan yang tersedia? Saya sedikit ragu bila makan, karena pasti kebanyakan tidak halal
menurut Islam. Mohon diberikan perjelasan berdasarkan hadits dan hukum-hukumnya. Terima kasih.
Wassalamu 'alaikum wr, wb.

Jawaban:

Hukum dasar seorang muslim masuk ke gereja adalah mubah atau boleh. Namun bila di dalamnya sedang diadakan uapcara keagamaan, maka kita diharamkan hadir di dalamnya. Meskipun ada juga yang mengharamkannya. Sehingga bisa dikatakan bahwa para fuqoha berbeda pendapat tentang hukum memasuki gereja untuk melaksanakan sholat di dalamnya.

Sebahagian dari mereka ada yang menyatakan bahwa seorang muslim diperbolehkan melaksanakan sholat di dalamnya. Pendapat ini dikemukakan oleh Asy-Sya’by, Ibnu Sirin dan Atho yang merupakan fuqoha generasi Tabi’in. Bahkan ada sejumlah sahabat yang melaksanakan sholat di dalam gereja di antaranya Abu Musa Al-Asy’ary.

Imam Bukhori menyatakan bahwa Ibnu Abas berpendapat bahwa melaksanakan sholat di gereja dan lain sebaginya diperbolehkan, kecuali jika di dalamnya terdapat patung atau arca. Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Umar pernah mendapatkan surat dari penduduk Najran perihal hukum sholat di gereja, karena mereka tidak mendapatkan tempat yang lebih bersih dan lebih baik darinya. Maka Umar berkata: “Bersihkanlah ia dengan air dan daun gaharu dan sholatlah di dalamnya”.

Namun demikian Sejumlah fuqoha Hafiyah dan Syafi’yah menyatakan bahwa melaksanakan sholat di dalam gereja hukumnya makruh. Baik gereja tersebut dipenuhi oleh patung ataupun tidak. Sedangkan hukum memasuki tempat ibadah orang
nasrani pada saat mereka sedang merayakan hari agama mereka adalah haram.

Umar Ra berkata: “janganlah kalian memasuki tempat ibadah orang kafir pada saat mereka sedang merayakan hari
raya mereka, karena kemarahan Alloh akan turun kepada mereka” (Al-Adab Asy-Syar’iyyah 3/442)

Pada masa lalu, Umar bin al-Khattab pun akan melakukan shalat di dalam gereja di Baitul Maqdis. Hanya saja karena pertimbangan politis dan menjaga perasaan hati umat Kristiani yang saat itu baru saja dikalahkan dan tentunya masih terluka, Umar pun mengurungkan niatnya shalat di dalam gereja. Lalu dibuatlah masjid di luar gereja itu dan jadilah masjid Umar. Namun pertimbangannya saat bukan karena larangan shalat di dalam gereja, tetapi pertimbangan politis semata.

Jadi bila ada indikasi kuat bahwa upacara pernikahan itu terkait dengan ritual keagamaan yang menjadi bagian dari peribadatan agama itu, maka bisa dikelomokkan kepada menghadiri perayaan agama lain. Dan karena itu hukumnya haram.

Sedangkan hukum memakan makanan yang ada di gereja, tergantung dari jenis makanan itu sendiri, apakah makanan itu termasuk yang diharamkan dalam Islam atau tidak. Bila ada daging babi, khamar, darah atau hewan yang hukumnya haram, tentu saja kita dilarang memakannya. Sedangkan jenis makanan yang pada dasarnya halal dalam Islam, maka boleh dimakan. Sedangkan sembelihan para ahli kitab dibolehkan bagi ummat Islam dengan dalil Al-Quran Al-Kariem berikut ini :

Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal bagi mereka. .(QS.Al-Maidah : 5)

Kecuali hewan yang disembelih atas nama berhala atau untuk persembahan berhala, maka hukumnya haram dimakan.

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah



6.  Mengapa Shalat Menghadap Ka'bah, Padahal Cuma Batu ?

Miftahul Alim - Jogorogo, Ngawi Jawa Timur

Kenapa orang muslim di wajibkan sholat menghadap ka'bah dan di larang sembahyang menghadap patung,toh kedua-duanya sama terbuat dari batu?

Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Sejak dahulu sebelum Rasulullah SAW dilahirkan, sudah ada berhala yang jumlahnya mencapi 360 buah di sekeliling ka’bah. Namun tak satu pun dari orang Arab di masa jahiliyahnya yang menyembah ka’bah. Mereka hanya menyembah berhala yang terbuat dari batu yang mereka bawa dari bermacam pengaruh budaya paganisme di negeri sekitarnya seperti Romawi, Persia, Habasyah, Mesir dan lainnya. Tapi tidak pernah kita dapati dalam kepercayaan jahiliyah di masa itu bahwa mereka menyembah ka’bah. Dan orientalis yang menuduh orang Arab pra-Islam sebagai penyembah ka’bah, berarti ilmunya masih dangkal.

Kalau orang arab jahiliyah yang penyembah berhala saja tidak menyembah ka’bah, bagaimana mungkin Rasulullah SAW mengajarkan untuk menyembah ka’bah ? Padahal pertentangan utama antara Rasulullah SAW dan pemuka musyrikin Mekkah itu adalah pada masalah tidak mau menyembah kecuali kepada Allah SWT. Bagaimana mungkin Rasulullah SAW memerintahkan ummatnya untuk menyembah ka’bah ?

Karena semua orang termasuk arab jahiliyah yang kerjanya menyembah patung tahu bahwa ka’bah itu bukan tuhan, juga bukan perantara untuk menyampaikan dosa kepada tuhan. Tetapi ka’bah adalah rumah ibadah, dimana pusat ibadah itu adanya di ka’bah. Setiap tahun orang-orang Arab telah mengunjungi ka’bah untuk melakukan manasik ibadah mereka. Bukan untuk menyembah ka’bah tetapi sebagai pusat ibadah.

Dimasa Rasulullah SAW diangkat menjadi nabi, disyariatkanlah ibadah shalat dengan ketentuan harus menghadap ke arah ka’bah. Dan hal itu bukanlah menyembah ka’bah. Keduanya adalah hal yang jauh berbeda.

Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.(QS.Al-Baqarah : 144)

Dan dari mana saja kamu keluar, maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan. .(QS.Al-Baqarah : 149)

Dan dari mana saja kamu , maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Dan agar Ku-sempurnakan ni'mat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk.(QS.Al-Baqarah : 150)

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

 

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

 

 


 7. Kenapa Sholat Menghadap Kiblat?

Nur - Bontang Kaltim

Kenapa kalau sholat kok menghadap kiblat dan Apa yang di maksud Sholatlah dengan" Khusuk"
 

Jawaban:


Shalat menghadap kiblat sebenarnya merupakan sejarah yang paling tua di dunia. Bahkan jauh sebelum manusia diciptakan di bumi, Allah SWT telah mengutus para malaikat turun ke bumi dan membangun rumah pertama tempat ibadah manusia.

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia . (QS. Ali Imran : 96).

Lalu para malaikat itu bertawaf di sekeliling ka’bah itu hingga datangnya nabi Adam dan istrinya Hawwa di wilayah itu. Sampai mereka beranak pinak dan memenuhi muka bumi. Konon di zaman Nabi Nuh as, ka’bah ini pernah tenggelam dan runtuh bangunannya hingga datang masa Nabi Ibrahim as bersama anak dan istrinya ke lembah gersang tanpa air yang ternyata disitulah pondasi ka’bah dan bangunannya pernah berdiri.

 

Lalu Allah SWT memerintahkan keduanya untuk mendirikan kembali ka’bah di atas bekas pondasinya dahulu. Dan dijadikan ka’bah itu sebagai tempat ibadah bapak tiga agama dunia. Dan ketika Kami menjadikan rumah itu (ka’bah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud". (QS. ).

 

"Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS. Al-Hajj : 27).

Dimasa Nabi Muhammad, awalnya perintah shalat itu ke baitul Maqdis di Palestina. Namun Rasulullah SAW berusaha untuk tetap shalat menghadap ke ka’bah. Caranya adalah dengan mengambil posisi di sebelah selatan ka’bah. Dengan mengahadap ke utara, maka selain menghadap Baitul Maqdis di Palestina, beliau juga tetap menghadap ka’bah.

Namun ketika beliau dan para shahabat hijrah ke Madinah, maka menghadap ke dua tempat yang berlawanan arah menjadi mustahil. Dan Rasulullah SAW sering menengadahkan wjah ke langit berharap turunnya wahyu untuk mnghadapkan shalat ke ka’bah. Hingga turunlah ayat berikut :

Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit , maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. (QS. Al-Baqarah : 144).

Jadi di dalam urusan menghadap ka’bah, kita punya latar belakang sejarah yang panjang dan ternyata ka’bah itu adalah bangunan yang pertama kali didirikan di atas bumi untuk dijadikan tempat ibadah manusia pertama. Dan Allah SWT telah menetapkan bahwa shalatnya seorang muslim harus menghadap ke ka’bah sebagai bagian dari aturan baku dalam shalat.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

 

 


8. Membayangkan Allah SWT Ketika Sedang Shalat

Rama Andhika - Cirebon

Pak Ustadz Yth. Saya sering baca nasihat para Ustadz apabila kita ingin lebih khusuk dalam sholat agar membayangkan/menganggap seolah-olah kita sedang berhadapan dengan atau dilihat oleh Allah SWT. Dalam prakteknya saya merasa kesulitan, dan kalaupun bisa, yang terbayang seolah-olah Allah adalah seorang Raja yang besar dan gagah perkasa duduk diatas singgasana-Nya (Arasy) yang agung dan kaki-Nya persis berada di depan saya ketika bersujud kepada-Nya. Bagaimana hukumnya, bolehkah? atau ada cari lain yang menurut syariat lebih benar? Terimakasih atas penjelasan Ustadz. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Jawaban:

Anda harus beriman kepada Allah SWT sebagaimana Allah SWT memerintahkan cara beriman kepada-Nya. Bukan dengan logika dan nalar kita semata. Dalam Al-Quran Al-Karim Allah SWT telah menjelaskan bahwa Dia itu tidak sama dengan sesuatu.

Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.(QS. As-Syuro : 11)

Dan tidak ada satupun yang setara dengan-Nya(QS. Al-Ikhlas : 4)

Jadi kita diharamkan untuk membayangkan wujud Allah SWT, karena itu adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dan menyerupakan-Nya dengan sesuatu. Perbuatan itu adalah syirik aqidah yang fatal dan harus dihindari oleh setiap muslim. Allah SWT bukanlah sosok seorang raja yang duduk di singgasana besar seperti imajinasi para penyembah berhala dan dewa-dewa.

Sejak awal aqidah Islam telah memberikan imunitas dari kemungkinan keterperosokan ummatnya atas penyelewengan konsep tentang Allah SWT. Sehingga jangankan membangun berhala yang menyerupakan Allah SWT, sekedar membayangkan bahwa Allah SWT punya jasad dan mirip manusia (raja) pun sudah haram. Karena memang tidak layak bagi-Nya diserupakan dengan makhluq-Nya.

Jadi bagaimana membayangkan Allah SWT dalam shalat ? mungkin Anda bertanya seperti itu.

Jawabnya adalah balik tanya, siapa yang memerintahkan untuk membayangkan Allah SWT? Apalagi dalam shalat? Rasulullah SAW ketika mengajarkan tata cara shalat tidak pernah memerintahkan umatnya untuk membayangkan Allah SWT. Tidak di dalam shalat dan tidak juga di luar shalat. Yang diperintahkan adalah membayangkan atau memikirkan dan merenungkan ciptaan Allah SWT, bukan tentang zat Allah SWT. Karena sekedar terlintas bahwa wujud Allah SWT itu begini dan begitu, kita sudah dosa dan melakukan syirik.

Di dalam shalat Anda hanya diminta untuk konsentrasi kepada apa yang Anda baca. Tiap ayat yang Anda baca harus Anda pahami dengan benar makna dan kandungannya. Tiap lafaz shalat yang Anda ucapkan harus Anda rasakan kedalaman pengaruhnya. Karena shalat itu merupakan dialog kita kepada Allah SWT. Jadi kita harus konsentrasi dengan yang kita ucapkan, bukan memikirkan wujud pisik lawan bicara kita. Lalu apa yang kita ucapkan malah tidak kita mengerti. Kalau seandainya lawan bicara Anda seorang manusia, lalu Anda bicara kepadanya tanpa mengerti apa yang Anda ucapkan lantaran Anda hanya memikirkan wujud pisiknya, pastilah orang itu akan marah atas sikap Anda.

Jadi sekarang pe-er Anda adalah menghafal makna dan mendalami lafaz-lafaz shalat yang Anda baca. Baik surat Al-fatihah, ayat lainnya maupun bacaan ruku’ sujud, i’tidal, duduk antara dua sujud, qunut dan tahiyat. Konsentrasilah pada apa yang Anda baca. Disitulah titik kekhusyuan shalat Anda.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

 



Masjid Agung 9 0kt 2011-10-08

Ust. Muslih,S.Ag

Al-quran diturunkan oleh Allah SWT dalam kata-kata yang bermakna kepada Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat jibril. Al-Quran diperuntukkan sebagai pedoman manusia untuk dibaca yang diawali dari surah al fatihah dan diakhiri dengan surah annas.

1.    Disebut Al-Quran apabila diturunkan melalui malaikat jibril kepada nabi Muhammad SAW.

2.    Disebut Hadist qudsi apabila Al-quran diturunkan langsung kepada nabi Muhammad SAW.

3.    Alif ditafsirkan dengan ALLah, Lam ditafsirkan dengan malaikat jibril, mim ditafsirkan dengan Muhammad SAW.

4.    Proses turunnya Al-quran (wahyu ALLAH) malaikat jibril diibaratkan seperti petugas pos untuk mengantar wahyu kepada Muhammad.

5.    Al-Quran tersimpan di dua tempat, yaitu a. Lauh maffud (asli), dan b. baitul izza (copy)

6.    Dari lauh maffud diturunkan secara bertahap

7.    Dari baitul izza diturunkan sekaligus

Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 3

5 Keistimewaan Umat Muslim

  5 Keistimewaan Umat Muslim oleh Muh. Hasyim Pada hakikatnya Allah swt menguji keimanan itu sendiri kepada setiap orang muslim agar mereka ...